Melihat Paket Surprise Deal Telkomsel Unlimited Yang Semakin ‘Pelit’

Hari ini ketika saya membuka aplikasi MyTelkomsel di HP yang saya gunakan, saya melihat ada penawaran paket surprise deal unlimited dari Telkomsel. Setelah saya buka penawaran tersebut, akhirnya saya melihat ada yang aneh (tidak biasa) dari paket #SurpriseDeal yang biasanya ditunggu-tunggu dan tidak bisa diprediksi kemunculannya.
Kalau biasanya masa aktif dari paket surprise deal adalah 30 hari, akan tetapi pada kesempatan kali ini, masa aktif yang ditawarkan dari paket tersebut hanya 22 Hari. Saya rasa dengan harga dan kuota yang sama dengan paket surprise deal unlimited yang ditawarkan sebelumnya, tidak fair kalau Telkomsel mengurangi masa aktif dari 30 Hari menjadi 22 Hari.

Sebagai informasi bahwa paket surprise deal adalah paket yang datangnya tiba-tiba dan mengejutkan (sesuai dengan namanya). Dalam paket tersebut juga ditambahkan layanan berlangganan Disney+ Hotstar selama 30 Hari. Berikut adalah harga, kuota, dan masa aktif yang ditawarkan oleh Telkomsel dalam paket Surprise deal hari ini:

Kuota

Harga

Masa Aktif

Unlimited FUP 40GB

Rp 100.000

22 Hari

Unlimited FUP 80GB

Rp 150.000

22 Hari

Unlimited Tanpa FUP

Rp 450.000

22 Hari


Maksud dari paket surprise deal unlimited FUP (40GB & 80GB) adalah setelah sahabat menghabiskan kuota sebesar 40GB atau 80GB (sesuai dengan paket yang sahabat beli), selanjutnya sahabat akan tetap bisa mengakses internet dengan kecepatan 64Kbps (Kilobits per second) atau 8KBps (Kilobytes per second).

Saya kira dengan kecepatan 64Kbps setelah penggunaan mencapai FUP (Fair Usage Policy), maka sebenarnya kecepatan tersebut tidak terlalu bisa diandalkan mengingat aplikasi-aplikasi yang berjalan di smartphone yang sahabat gunakan membutuhkan kecepatan yang mumpuni. Jadi ketika sahabat membeli paket ini, maka sahabat jangan berharap banyak dengan kecepatan 64Kbps.

Lain halnya dengan paket surprise deal unlimited tanpa FUP yang bisa sahabat gunakan sepuasnya tanpa penurunan kecepatan. Meski demikian, dengan harga Rp 450.000 + masa aktif 22 hari saya rasa harga tersebut bisa dibilang cukup mahal. Dalam hal ini, masa aktif yang bisa dibilang cukup nanggung tersebut adalah sebagai penyebab paket tersebut menjadi ‘mahal’.

Bisa dikatakan bahwa Telkomsel semakin ‘Pelit’ dalam penawaran paket surprise deal kali ini. Tentu saja yang mendasari hal tersebut adalah karena pemangkasan masa aktif dari yang sebelumnya 30 Hari menjadi 22 Hari. Kalau menurut saya, seharusnya dengan kuota yang besar, maka masa aktif juga harus semakin panjang (bukan malah dipersingkat).

Perlu sahabat ketahui bahwa kuota dan harga yang ditawarkan oleh Telkomsel dalam paket surprise deal berbeda-beda. Untuk mengetahuinya, maka sahabat harus mengeceknya terlebih dahulu menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Apabila sahabat belum memilikinya, maka sahabat bisa mendownloadnya secara gratis di Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

Paket surprise deal dari waktu ke waktu sering mengalami perubahan dalam hal harga, kuota, dan masa aktif yang ditawarkan. Oleh karena hal tersebut, maka tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya paket surprise deal yang dihadirkan oleh Telkomsel tersebut juga bisa berubah sesuai dengan kebijakan dari Telkomsel.

Selain paket surprise deal, masih banyak program dan promo lainnya yang dihadirkan oleh Telkomsel. Apabila sahabat ingin mendapatkan informasi promo dan program, serta tips terbaru mengenai operator seluler yang identik dengan warna merah tersebut, maka sahabat bisa membacanya di blog ini pada label [Telkomsel]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Melihat Paket Surprise Deal Telkomsel Unlimited Yang Semakin ‘Pelit’