-->

Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Rusak

Salah satu permasalahan yang sering mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas adalah rambut kering dan rusak. Kondisi rambut yang demikian akan menyebabkan rambut menjadi rapuh, mudah patah, rontok, dan warnanya akan menjadi lebih kusam. Apabila sahabat menghadapi permasalahan tersebut, maka perawatan rambut kering dan rusak wajib sahabat ketahui.
cara mudah merawat rambut kering dan rusak
Berkaitan dengan hal tersebut, maka pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tips cara mudah mengatasi rambut kering dan rusak. Untuk bisa mengatasi rambut yang kering dan rusak, maka sahabat harus mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab dari masalah tersebut. Berikut akan saya sampaikan beberapa penyebab rambut menjadi kering dan rusak.
  • Lingkungan sekitar sangat berpengaruh terhadap kondisi rambut yang sahabat miliki. Ketika sahabat beraktifitas di tempat yang terpapar sinar matahari langsung, banyak polusi, dan kotoran lainnya, maka hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap rambut. Selain itu, Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki karakteristik suhu udara tinggi, tentu saja keadaan tersebut membuat resiko rambut penduduknya menjadi lebih cepat kering.
  • Penggunaan alat styling rambut yang terlalu sering juga bisa mengakibatkan rambut yang sahabat miliki menjadi kering dan rusak. Ketika sahabat menggunakan alat perapi rambut seperti catokan, pengeriting, dan Hairdryer (pengering rambut) dengan frekuensi yang tidak wajar, maka hal tersebut akan membuat kandungan lemak yang berada di dalam rambut menjadi kering, sehingga menyebabkan kelembaban rambut susah dikontrol.
  • Penggunaan pewarna rambut yang terlalu sering juga bisa menyebabkan rambut sahabat menjadi kering dan rusak. Hal tersebut bisa terjadi karena kebanyakan bahan yang terdapat dalam pewarna rambut memiliki kandungan bahan kimia yang cukup keras, sehingga bahan tersebut akan menyerap minyak alami rambut yang menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak.
  • Kurangnya asupan air putih juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Secara teori manusia dianjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas atau setara dengan 2 liter. Dengan minum air putih yang cukup, maka tubuh (termasuk rambut) sel-selnya akan terhidrasi, sehingga hal tersebut membuat kelembaban rambut akan terjaga.
  • Kurangnya nutrisi pada rambut akan menyebabkan masalah pada rambut (termasuk rambut menjadi kering dan rusak). Perlu sahabat ketahui bahwa nutrisi makanan bukan hanya berpengaruh terhadap tubuh, akan tetapi hal tersebut juga akan berpengaruh terhadap kesehatan rambut. Hal tersebut biasanya dialami oleh sahabat yang saat ini sedang menjalani program diet dengan cara mengurangi porsi makanan dan nutrisi.
  • Salah cara ketika melakukan keramas juga akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak. Aabila sahabat terlalu sering melakukan keramas, maka bisa mengakibatkan rambut kehilangan kelembapan alaminya. Selain itu, penggunaan sampo yang tidak cocok dengan jenis rambut juga bisa mengakibatkan rambut menjadi kering dan rusak. Oleh karena itu, sahabat harus bisa memilih sampo yang cocok dengan kondisi rambut yang sahabat miliki.
  • Sering melakukan aktivitas berenang juga bisa mengakibatkan rambut menjadi kering dan rusak. Hal tersebut terjadi apabila air dalam kolam renang yang sahabat gunakan tersebut mengandung kaporit yang berfungsi sebagai penjernih air. Bahan tersebut menyebabkan rambut menjadi kusut dan menimbulkan bau cukup menyengat yang baru akan hilang setelah beberapa hari.

Setelah membaca beberapa hal yang berkaitan dengan penyebab rambut menjadi kering dan rusak, saya harapkan sahabat sudah memiliki bayangan tentang cara mengatasi rambut yang kering dan rusak. Sebagai referensi, berikut akan saya sampaikan cara mudah untuk mengatasi rambut kering dan rusak.
  • Gunakan pelindung rambut ketika sahabat membutuhkannya. Ketika sahabat berada di tempat yang panas atau terpapar sinar matahari langsung maka sahabat bisa menggunakan penutup kepala seperti topi atau juga payung. Pada waktu sahabat melakukan aktivitas berenang, maka gunakanlah topi renang agar rambut tidak terlalu banyak terkena air yang mengandung kaporit.
  • Gunakan secara wajar peralatan styling rambut. Gunakanlah peralatan-peralatan pelurus, pengeriting, hairdryer, dan pewarna rambut ketika sahabat memerlukan saja. Jangan terlalu memaksakan untuk menggunakan peralatan tersebut sesering mungkin. Dengan penggunaan peralatan styling rambut secara wajar, maka resiko kerusakan rambut karena peralatan tersebut bisa diminimalisir.
  • Menjaga kesehatan tubuh dengan melakukan pola hidup sehat seperti minum air putih yang cukup dan makan makanan yang sehat dan bernutrisi, secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kesehatan rambut. Apabila dinilai rambut masih membutuhkan nutrisi, maka sahabat bisa menggunakan serum rambut untuk memenuhi nutrisi tersebut.
  • Menggunakan sampo yang tepat dan cocok untuk rambut sahabat adalah hal yang harus sahabat lakukan. Kalau perlu, maka sahabat bisa menggunakan kondisioner untuk tetap menjaga kelembapan rambut yang sahabat miliki. Kalau dirasa sangat perlu, sahabat juga bisa menggunakan masker rambut setiap satu minggu sekali. Dengan begitu maka permasalahan rambut yang kering dan rusak bisa teratasi.

Seperti bagian tubuh manusia lainnya, rambut juga memiliki peran yang penting dalam menunjang aktifitas kegiatan sehari-hari. Ya, dengan memiliki rambut yang sehat, maka sahabat akan merasa nyaman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Sebaliknya, apabila sahabat memiliki rambut yang kurang sehat, maka secara langsung atau tidak langsung aktivitas sahabat akan menjadi terganggu.

Oleh karena itu, menjaga dan merawat rambut adalah sama halnya dengan menjaga kesehatan tubuh. Apabila saat ini sahabat masih cuek dengan masalah kecil yang kadang tidak pernah sahabat sadari (termasuk masalah rambut kering), maka mulai sekarang silakan sahabat sempatkan untuk memperhatikan permasalahan-permasalahan kecil tersebut. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Mudah Mengatasi Rambut Kering dan Rusak