Arti Mbps Pada Kecepatan Internet

Banyak operator atau penyedia jasa layanan internet yang selalu mempromosikan produknya dengan iming-iming kecepatan hingga 10Mbps, 20Mbps, 100Mbps, atau lebih. Yang menjadi pertanyaan adalah Apa maksud atau arti Mbps pada layanan internet? Mbps adalah singkatan dari Megabits per second. Kalau diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah Megabit per detik.

Semisal ada pertanyaan “Apa arti dari kecepatan internet 5 Mbps?” maka jawabannya adalah dalam setiap detiknya, transfer data yang bisa dilakukan adalah 5 Megabit. Sebagai informasi bahwa satuan ukuran file (gambar, suara, video, dan lain-lain) yang biasanya sahabat akses melalui internet dinyatakan dalam byte, dimana 1byte sama dengan 8 bit.

Sebagai gambaran apabila sahabat menggunakan layanan internet dengan kecepatan 10Mbps (Megabits per second), maka kecepatan tersebut sama dengan 1,25MBps (Megabytes per second). Perhatikan bahwa huruf “b” pada Mbps dan MBps memiliki arti yang berbeda. Huruf b kecil “b” adalah singkatan dari bit, sedangkan huruf B besar “B” adalah singkatan dari Byte.
Apabila sahabat memiliki akses internet dengan kecepatan 20Mbps, kemudian sahabat ingin download file sebesar 100MB (Megabyte), maka waktu yang sahabat perlukan untuk menyelesaikan proses download tersebut adalah 100MB dibagi dengan kecepatan transfer data 2,5MBps = 40 detik. Sebagai Catatan bahwa 20Mbps sama dengan 2,5MBps.

Secara sederhana bisa dikatakan bahwa semakin besar Mbps nya maka akan semakin cepat juga kecepatan internet yang akan sahabat dapatkan. Sebagai contoh, kecepatan internet 10Mbps dengan 20Mbps kencang mana? Tanpa pikir panjang, kecepatan internet 20Mbps pasti lebih kencang dibandingkan dengan kecepatan internet 10Mbps.

Meski demikian, sebelum sahabat memilih suatu paket internet, maka sahabat perlu memperhatikan lebih detail mengenai penawarannya. Selain harga, yang perlu sahabat perhatikan adalah batas kecepatan maksimum dan minimum, serta apakah terdapat FUP (Fair usage policy) atau tidak. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah hal yang perlu sahabat perhatikan sebelum memilih paket internet:
  • Harga menurut saya adalah faktor yang pertama kali perlu sahabat perhatikan karena berkaitan dengan budget uang yang harus sahabat keluarkan. Lihatlah apakah tarif atau harga yang ditawarkan berlaku selamanya atau hanya beberapa bulan saja.
  • Kecepatan internet sangat berpengaruh pada kenyamanan dalam mengakses layanan internet. Pastikan bahwa garansi kecepatan maksimum dan kecepatan minimum diberikan oleh provider, sehingga jangan sampai kecepatannya bisa turun drastis di tengah pemakaian.
  • Ada beberapa provider yang memberikan penawaran paket dengan kecepatan tinggi, akan tetapi ada FUP nya. Apabila pemakaian dengan kuota yang ditentukan sudah tercapai, biasanya kecepatan akan diturunkan dan hal tersebut akan sangat merugikan pengguna.

Oleh karena itu, sebelum sahabat memutuskan untuk membeli atau berlangganan paket internet, ada baiknya bahwa selain sahabat mengerti arti Mbps pada kecepatan internet, sahabat juga memahami tentang syarat dan ketentuan yang berlaku seperti batas kecepatan minimal, maksimal, dan tentu saja FUP. Semoga membantu dan bermanfaat.

Arti Mbps Pada Kecepatan Internet