Apakah Murah? Paket Internet GIG Unlimited Rp 8Ribuan/Hari by Indosat Ooredoo

Ketika saya membuka Aplikasi myIM3 di HP yang saya gunakan, saya menemukan halaman promo dengan penawaran “Harga Spesial Pengguna IM3, Berlangganan Internet Rumah Secepat Kilat Mulai Rp 8 Ribuan/Hari Tanpa Batasan Kuota”. Sekilas kelihatan murah, akan tetapi ketika sahabat hitung selama 30 hari maka akan sahabat temukan harga sekitar Rp 240.000/Bulan.
Untuk lebih tepatnya harga promo yang ditawarkan oleh GIG by Indosat Ooredoo adalah internet rumah unlimited dengan kecepatan 10Mbps yang harganya mulai Rp 225.000 (belum termasuk PPN & bea materai). Kalau dihitung biayanya ditambah PPN 10% + Materai Rp 6.000 maka biaya totalnya adalah Rp 225.000 + Rp 22.500 + Rp 6.000 = Rp 253.500.

Jadi sebenarnya paket yang ditawarkan oleh Indosat dalam paket internet unlimited 10Mbps GIG by Indosat Ooredoo adalah paket bulanan. Sehingga kalau sahabat ingin menggunakan layanan promo tersebut, maka sahabat harus berlangganan paket bulanan atau dengan kata lain bahwa sahabat harus mengeluarkan biaya minimal mulai Rp 253.500 (berdasarkan perhitungan saya).

Setelah saya telusuri ke alamat web resmi dari GIG by Indosat Ooredoo, saya menemukan bahwa paket internet unlimited 10Mbps Rp 8 Ribuan per hari yang ditawarkan tersebut hanya promo khusus untuk pelanggan kartu Indosat IM3 Ooredoo. Kalau saya lihat di halaman websitenya tidak dijelaskan secara gamblang mengenai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Informasi yang ditampilkan dalam promo paket unlimited 10Mbps GIG by Indosat Ooredoo adalah kecepatan internet hingga 10Mbps, selanjutnya koneksi kecepatan internet tanpa batasan kuota atau bisa dikatakan tanpa FUP (Fair Usage Policy). Selain itu, harga yang ditampilkan adalah “Mulai Dari Rp 225.000”. Untuk informasi lain dan lebih lengkap, saya belum menemukannya.
Sama-sama menguntungkan adalah apabila penyedia jasa dan konsumen sama-sama diuntungkan dalam setiap transaksi. Oleh karena hal tersebut, apabila sahabat tertarik untuk membeli paket internet unlimited GIG by Indosat Ooredoo 10Mbps Rp 8000an/Hari, maka sahabat perlu pertanyakan hal-hal berikut ini:
  • Apakah harga Rp 225.000 yang ditawarkan dalam promo tersebut akan berlaku selamanya atau hanya sesaat saja?
  • Apakah ada biaya lainnya selain Rp 225.000 (belum termasuk PPN & Materai)? Kalau ada, berapa?
  • Promo apa yang diunggulkan dalam program tersebut? Selanjutnya, apa yang akan terjadi apabila promonya sudah berakhir?
  • Harga yang ditampilkan adalah “Mulai dari 225.000”, apakah ini berarti bahwa harganya bisa berubah-ubah atau harga antara daerah satu dengan daerah lainnya berbeda?

Sebagai seorang konsumen, tentu saja sahabat berhak untuk mendapatkan informasi dan layanan yang memuaskan tanpa adanya hal-hal yang disamarkan dalam syarat dan ketentuan yang berlaku. Maksudnya adalah selain kelebihan, sahabat juga berhak diberikan informasi di awal mengenai kekurangan dari paket yang ditawarkan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Apakah Murah? Paket Internet GIG Unlimited Rp 8Ribuan/Hari by Indosat Ooredoo