-->

Menghitung Biaya Transfer Pulsa Telkomsel

Setiap operator biasanya memiliki layanan transfer pulsa, begitu juga dengan salah satu perusahaan besar telekomunikasi seluler di Indonesia yaitu Telkomsel. Pengertian transfer pulsa adalah salah satu layanan yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna jasa telekomunikasi seluler yang ingin memindahkan pulsa reguler yang dimilikinya ke nomor lainnya.
Layanan ini biasanya sering dimanfaatkan oleh pelanggan yang memiliki jumlah pulsa yang cukup banyak. Apabila sahabat adalah pengguna kartu Telkomsel, kemudian saat ini sahabat ingin melakukan transfer pulsa kesesama nomor Telkomsel lainnya, maka salah satu hal yang perlu sahabat perhatikan adalah biaya transfernya.

Berdasarkan pengalaman saya, besarnya biaya transfer pulsa kesesama nomor Telkomsel ditentukan oleh jumlah nominal pulsa yang akan sahabat kirim. Apabila sahabat melakukan transfer pulsa dengan nominal Rp 19.000 atau lebih kecil dari nominal tersebut (minimal Rp 5.000), maka biaya transfer pulsa yang harus sahabat keluarkan adalah Rp 1.850

Bagi sahabat yang ingin melakukan transfer pulsa dengan nominal lebih dari Rp 19.000 (maksimal Rp 1.000.000), maka biaya transfer yang harus sahabat keluarkan adalah Rp 2.000. Jadi kalau sahabat perhatikan, sebenarnya biaya transfer pulsa yang harus sahabat keluarkan (dilihat dari persentase) tidak akan terlalu besar apabila nominal pulsa yang sahabat kirimkan jumlahnya juga besar.

Sebagai contoh, sahabat transfer pulsa Telkomsel ke nomor keluarga atau kerabat dengan nominal Rp 10.000. Karena nominal pulsa yang sahabat kirimkan kurang dari Rp 19.000, maka biaya transfernya adalah Rp 1.850 atau sama dengan 18,5% dari nominal pulsa yang sahabat kirimkan yaitu Rp 10.000. Tentu saja hal tersebut akan berbeda apabila sahabat transfer dengan nominal yang besar.

Semisal sahabat transfer pulsa ke nomor Telkomsel teman dengan nominal Rp 200.000, maka biaya administrasi transfer yang harus sahabat keluarkan adalah Rp 2.000 (karena nominal pulsa yang ditransferkan lebih dari Rp 19.000). Biaya transfer Rp 2.000 tersebut sama dengan 1% dari nominal yang sahabat transferkan yaitu Rp 200.000.

Untuk melakukan transfer pulsa kesesama nomor Telkomsel, sahabat bisa melakukannya menggunakan dua cara di bawah ini:
  1. Mengakses kode dial *858# kemudian memilih menu “Transfer Pulsa” atau langsung akses kode dial *858*Nomor Tujuan*Nominal#
  2. Menggunakan menu “Kirim Hadiah” pada aplikasi MyTelkomsel.

Kalau menurut hemat saya, apabila sahabat ingin melakukan transfer pulsa ke sesama nomor Telkomsel, lebih baik nominalnya yang besar sekalian (agar biaya transfernya tidak terlalu terasa). Apabila sahabat memiliki pulsa yang banyak, sahabat juga bisa menukarkan pulsa Telkomsel yang sahabat miliki menjadi uang.

Untuk menukarkan pulsa Telkomsel menjadi uang, maka sahabat bisa membaca tulisan saya sebelumnya tentang [Cara Menukar Pulsa Dengan Uang]. Selain transfer pulsa, sahabat juga bisa kirim paket combo, internet, nelpon, dan SMS kesesama nomor Telkomsel menggunakan aplikasi MyTelkomsel.

Bagi sahabat yang belum memiliki aplikasi MyTelkomsel, maka sahabat bisa mendownloadnya secara gratis di Google Play Store (bagi sahabat pengguna Android) dan di App Store (bagi sahabat pengguna iOS). Untuk informasi dan tips lainnya mengenai operator Telkomsel, sahabat bisa membaca tulisan-tulisan saya lainnya di label [Telkomsel]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Menghitung Biaya Transfer Pulsa Telkomsel
  1. Tanggal 20 Nov 2020 aku sudah menyetujui untuk menjadi pelanggan pascabayar, jika aku ingin membatalkan nya apakah harus menunggu 3 hari? Sedangkan kejadiannya hari jumaat. Apakah saya menghubungi CS hari senin atau rabu ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saran saya, sebaiknya lakukan secepat mungkin Kak. Meski hari ini hari libur kerja, coba Kakak hubungi CS Telkomsel melalui 188 untuk membatalkan proses migrasinya.

      Kalau pas dapat CS yang baik, bisa saja langsung dibantu prosesnya Kak 😁

      Hapus