-->

Cara Mudah Share Lokasi Lewat WA (WhatsApp)

Salah satu fitur yang sangat membantu pengguna aplikasi WA (WhatsApp) adalah dengan adanya layanan Share Lokasi atau sering disingkat dengan Share Loc (Share Location). Dengan adanya fitur tersebut, sahabat bisa saling membagikan lokasi atau keberadaan dimana saat itu sahabat sedang berada. Tentu saja layanan ini sangat cocok bagi sahabat yang ingin janjian atau ketemuan.

Bagi sahabat pembaca yang belum tahu cara berbagi lokasi melalui WA, berikut akan saya berikan tutorial langkah-langkah cara mudah share lokasi lewat aplikasi WA.
  • Buka aplikasi WhatsApp, selanjutnya silakan sahabat buka percakapan dengan orang yang ingin sahabat beritahu lokasi sahabat pada saat itu.
  • Selanjutnya silakan sahabat pilih gambar Paper Clip (seperti gambar di bawah ini).
  • Ada beberapa pilihan seperti Documents, Camera, Gallery, Audio, Location, dan Contact. Untuk share lokasi, silakan sahabat pilih menu [Location].
  • Langkah selanjutnya adalah silakan sahabat pilih [Share live location]. Oh iya, apabila GPS di smartphone yang sahabat gunakan belum aktif, silakan diaktifkan terlebih dahulu ya!
  • Pada halaman Send Location, ada 3 pilihan share live location yaitu 15 Menit, 1 Jam, dan 8 Jam. Silakan sahabat pilih waktu yang akan sahabat bagikan terkait keberadaan lokasi sahabat. Untuk memberi keterangan, silakan sahabat ketikkan keterangan (tidak wajib), kemudian silakan sahabat pilih tombol Kirim (lihat gambar di bawah).
  • Sahabat akan dibawa ke halaman percakapan, selanjutnya sahabat akan temukan bahwa lokasi yang sudah sahabat bagikan sudah terkirim.
  • Untuk mengetahui status pesan yang sahabat kirimkan sudah sampai atau belum, dan apakah sudah dibaca atau belum, sahabat bisa membaca tulisan saya tentang [Kode Laporan Pengiriman WhatsApp Yang Wajib DIketahui].

Perlu sahabat ketahui bahwa selama sahabat share lokasi lewat WA, maka pastikan bahwa GPS (Global Positioning System) di perangkat sahabat selalu aktif dan internet di HP sahabat juga dalam posisi aktif (baik menggunakan wifi atau data). Hal tersebut bertujuan agar posisi sahabat selalu terpantau oleh teman yang sahabat share lokasi sesuai dengan waktu yang sudah sahabat pilih.

Layanan share live location pada Aplikasi WhatsApp mirip dengan ketika sahabat pesan makanan atau ketika sahabat pesan Rider Ojol (Ojek Online). Dengan layanan tersebut, sahabat bisa terpantau dan diketahui posisinya meski sahabat sedang berjalan atau pindah tempat dari titik satu ke titik lainnya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Mudah Share Lokasi Lewat WA (WhatsApp)