-->

Mengenal Kuota Ketengan Unlimited Telkomsel

Penyedia jasa operator seluler Telkomsel kembali menambahkan varian baru untuk kuota ketengan yang sebelumnya sudah memiliki beberapa pilihan kuota. Bagi sahabat pengguna kartu Telkomsel prabayar seperti kartu Simpati, As, dan Loop, sekarang sahabat bisa menikmati akses internet unlimited beberapa aplikasi populer seperti Youtube, Facebook, Instagram, dan TikTok.

Menariknya, internet unlimited yang ditawarkan oleh Telkomsel tersebut benar-benar unlimited atau sering disebut dengan istilah True unlimited (tanpa FUP). Itu artinya bahwa sahabat bisa internetan sepuasnya tanpa adanya pengurangan atau penurunan kecepatan meskipun sahabat mengakses internet seharian tanpa istirahat.

Pengertian

Kuota ketengan unlimited adalah kuota internet khusus yang bisa digunakan untuk mengakses aplikasi  sepuasnya (sesuai dengan jenis kuota yang dipilih). Seperti yang sudah saya sampaikan di awal bahwa saat ini (ketika saya menulis artikel), aplikasi yang bisa diakses unlimited menggunakan kuota ketengan adalah Aplikasi Facebook (FB), Instagram (IG), Youtube, dan TikTok.

Fungsi

Kuota ketengan unlimited fungsinya sama seperti kuota ketengan Telkomsel lainnya yaitu untuk mengakses internet (sesuai dengan kuota yang dibeli). Bedanya adalah kuotanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi yang dipilih sepuasnya. Sehingga sahabat bisa lebih nyaman mengakses internet tanpa memikirkan kuota.

Pilihan

Pada saat saya menulis artikel ini, terdapat beberapa pilihan yang bisa sahabat beli, yaitu 2 kuota ketengan unlimited Facebook, 2 kuota ketengan unlimited TikTok, 2 kuota ketengan unlimited Instagram, dan 2 kuota ketengan unlimited Youtube. Untuk lebih jelasnya berikut adalah pilihan, Masa aktif, dan harga dari kuota unlimited ketengan Telkomsel di Papua. Info: untuk daerah lain, biasanya harganya lebih murah.

Ketengan Unlimited
Harga
Youtube 1 Hari
Rp 8.000
Youtube 3 Hari
Rp 16.000
Facebook 1 Hari
Rp 8.000
Facebook 3 Hari
Rp 16.000
Instagram 1 Hari
Rp 8.000
Instagram 3 Hari
Rp 16.000
TikTok 1 Hari
Rp 8.000
TikTok 3 Hari
Rp 16.000

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan dari kuota ketengan unlimited adalah kuotanya bisa diakses sepuasnya tanpa penurunan kecepatan hingga masa aktifnya habis. Yang menjadi kekurangan dari kuota ketengan unlimited adalah tidak semua jenis kuota ketengan tersedia pilihan kuota unlimited, melainkan hanya beberapa jenis kuota ketengan saja yang terdapat pilihan unlimited.

Cara Menggunakan

Untuk menggunakan kuota ketengan unlimited caranya mudah dan sederhana. Jadi ketika sahabat mengakses aplikasi khusus (sesuai dengan jenis kuota ketengan) yang sahabat beli, maka otomatis kuota ketengan yang sahabat miliki akan terpakai. Karena bersifat unlimited tanpa FUP, maka sahabat bisa menggunakan kuota ketengan unlimited sampai masa aktif kuota tersebut habis.

Cara Membeli

Ketika saya mencoba menggunakan kode dial UMB *363*847# untuk membeli kuota ketengan, ternyata belum muncul pilihan kuota ketengan unlimited Youtube, Facebook, Instagram, dan TikTok. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan kedepan kuota ketengan unlimited akan segera tersedia di kode dial tersebut.

Untuk membeli kuota ketengan unlimited, saat ini hanya bisa dilakukan menggunakan aplikasi MyTelkomsel. Bagi sahabat yang belum memiliki aplikasi MyTelkomsel, maka sahabat bisa mengunduhnya gratis di Google Play Store (bagi sahabat pengguna Android), dan bagi sahabat pengguna iPhone, maka bisa mendownloadnya di App Store.

Apabila aplikasi MyTelkomsel sudah terpasang di smartphone yang sahabat gunakan, maka berikut adalah langkah tutorial untuk membeli kuota ketengan unlimited:
  • Buka aplikasi MyTelkomsel, kemudian silakan sahabat pilih menu [Belanja]
  • Pada halaman “Pilih Paket Kuota”, silakan sahabat pilih [Internet], kemudian silakan sahabat cari kuota ketengan yang ingin sahabat beli. Sebagai contoh, di bawah ini adalah pilihan kuota ketengan youtube unlimited. Untuk membelinya, silakan sahabat pilih paket yang sahabat inginkan.
  • Selanjutnya akan muncul halaman “Rincian Paket” dari kuota yang dibeli. Kebetulan tadi yang saya pilih adalah kuota ketengan Youtube Unlimited dengan masa aktif 1 Hari. Untuk melakukan pembelian, silakan sahabat pilih tombol [Beli]
  • Akan muncul halaman metode pembayaran. Pastikan bahwa pulsa yang sahabat miliki mencukupi untuk pembelian paket kuota yang sahabat pilih. Selanjutnya silakan sahabat selesaikan pembelian, kemudian sahabat akan mendapatkan notifikasi di Aplikasi MyTelkomsel dan pesan SMS yang menginformasikan bahwa kuota ketengan unlimited sudah berhasil sahabat beli.

Kalau sebelumnya Telkomsel sudah mengeluarkan Paket Internet UnlimitedMAX, kemudian sekarang kembali mengeluarkan kuota ketengan unlimited tanpa FUP, maka hal tersebut saya pandang sebagai langkah positif untuk menghilangkan stigma bahwa Telkomsel merupakan operator seluler yang tarifnya paling mahal.

Bahkan kalau saya bandingkan dengan paket topping Youtube 100GB kartu by.U yang sebelumnya saya anggap paling murah, maka secara perhitungan, sekarang kuota ketengan unlimited Youtube Telkomsel bisa dibilang lebih murah. Sama-sama memiliki masa aktif 1 Hari, harga yang ditawarkan oleh by.U untuk 100GB Youtube adalah Rp 10.000, sedangkan kuota ketengan unlimited Youtube hanya Rp 8.000 (di Papua). Di luar Papua, saya yakin harganya lebih murah.

Sebagai pelanggan Telkomsel, saya mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan oleh telkomsel dengan mengeluarkan paket dan kuota internet dengan harga yang murah. Saya juga berharap bahwa selanjutnya tarif nelpon Telkomsel juga bisa dibuat lebih murah, khususnya di daerah yang belum terjangkau sinyal internet 3G atau 4G Telkomsel. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Kuota Ketengan Unlimited Telkomsel