-->

Mengenal Layanan Asisten Virtual Telkomsel

Apa itu Asisten Virtual Telkomsel? Pengertian dari Virtual Assistant Telkomsel adalah layanan dalam bentuk chat yang diberikan kepada pelanggan Telkomsel untuk mempermudah dalam melakukan pembelian pulsa, mengecek sisa kuota intermet, menukar Telkomsel POIN, mengetahui lokasi GraPARI, dan informasi lainnya yang berkaitan dengan Telkomsel.
Layanan Virtual Assistant Telkomsel bisa digunakan oleh seluruh pelanggan telkomsel, baik itu pelanggan Prabayar Telkomsel (Kartu Simpati, As, dan Loop), serta pelanggan Pascabayar Telkomsel (Kartu Halo), kecuali pelanggan kartu Halo Corporate dan nomor tambahan. Mengenai nomor tambahan, telkomsel tidak menginformasikannya secara rinci.

Cara Menghubungi

Untuk terhubung dengan Virtual Assistant Telkomsel, sahabat bisa melakukan dengan beberapa cara. Karena layanan yang diberikan dalam bentuk chat, maka sahabat bisa menghubunginya ke beberapa akun chat berikut ini:

Cara Menggunakan

Sebelum terhubung dengan Asisten Virtual Telkomsel, sahabat harus memiliki akun dan aplikasi chat yang saya sebutkan di atas. Saya yakin kalau sahabat adalah pengguna smartphone baik itu Android atau iOS pasti minimal sudah memiliki aplikasi WhatsApp (WA). Berikut adalah cara menggunakan Asisten Virtual Telkomsel:
  • Untuk memulai percakapan dengan Virtual Assistant Telkomsel, silakan sahabat kirim pesan “HAI”, “HALO”, atau pilih menu ‘Quick Response’ yang telah tersedia.
  • Ketika pertama kali sahabat menghubungi Virtual Assistant Telkomsel, biasanya sahabat akan disuruh untuk memasukkan nomor Telkomsel yang sahabat gunakan.
  • Selanjutnya akan ada kode OTP berupa SMS yang dikirim ke nomor yang sudah sahabat masukkan tadi. Kode tersebut harus sahabat kirimkan kembali ke Asisten Virtual Telkomsel untuk memastikan bahwa sahabat adalah pemilik dari nomor tersebut.
  • Selanjutnya akan ada jawaban otomatis dari Telkomsel yang berisi bantuan agar sahabat bisa menggunakan layanan Virtual tersebut.
  • Sahabat tinggal mengikuti panduan yang diberikan oleh Virtual asisten tersebut.
  • Apabila sahabat ingin mengganti topik di tengah-tengah percakapan maka sahabat bisa mengetik “Cancel” atau “Batal”.
  • Karena yang menjawab robot, kadang jawabannya tidak sesuai, meski demikian tenang saja akan selalu ada bantuan berupa panduan dari Asisten Virtual Telkomsel yang akan memudahkan sahabat berkomunikasi dengan layanan chat telkomsel tersebut.

Catatan

Ada beberapa aturan terkait sistem keamanan yang dilakukan oleh telkomsel. Telkomsel akan melakukan pemblokiran interaksi antara pengguna dan Asisten Virtual, apabila:
  • Sahabat salah memasukkan nomor Telkomsel sebanyak 3 kali, maka interaksi dengan Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 5 Menit.
  • Sahabat salah memasukkan kode OTP yang dikirim melalui SMS 3 kali, maka interaksi pelanggan melalui Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir 5 Menit.
  • Sahabat mengajukan permintaan kode verifikasi (OTP) 3 kali, maka interaksi dengan Virtual Assistant Telkomsel akan terblokir 5 Menit.
  • Sahabat salah memasukkan kode OTP sebanyak 9 kali, maka interaksi dengan Virtual Assistant Telkomsel juga akan diblokir selama 24 Jam.

Kalau menurut saya dengan adanya Virtual Assistant Telkomsel tersebut sebenarnya lebih memudahkan pelanggan untuk lebih dekat dengan Telkomsel. Meski demikian, layanan chat langsung berkomunikasi dengan CS Telkomsel menggunakan layanan ini dibutuhkan kesabaran yang ekstra.

Saya sudah pernah mencoba beberapa kali untuk berkomunikasi langsung dengan CS melalui Virtual Assistant, akan tetapi saya tunggu hingga 30 menit tidak pernah ada tanggapan. Kalau hanya sekedar menggunakan layanan tersebut untuk melakukan pembelian pulsa, cek sisa kuota internet, menukar telkomsel POIN, dan informasi lainnya yang jawabannya disediakan oleh bot, saya kira lancar-lancar saja.

Saran saya adalah apabila sahabat ingin berkomunikasi dengan CS Telkomsel secara langsung, maka cara yang paling mudah ya langsung telpon ke nomor 188. Meskipun dibebankan tarif Rp 300 pada setiap panggilannya, akan tetapi sahabat akan mendapatkan jawaban yang cepat dari CS Telkomsel. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Layanan Asisten Virtual Telkomsel