-->

Mengenal Kuota Data Rollover Indosat IM3 Ooredoo

Apa itu kuota Data Rollover Indosat IM3 Ooredoo? Jadi pengertian dari Data Rollover adalah sisa kuota utama yang sebelumnya dimiliki digabung dengan kuota utama yang baru dibeli. Itu artinya bahwa kuota utama dari paket lama yang sahabat miliki tidak akan hangus, karena selain ditambahkan dengan kuota utama dari paket yang baru, masa aktif dari paket yang lama juga akan mengikuti masa aktif dari paket yang baru.

Fungsi

Dari definisi pengertian Data Rollover yang sudah saya sampaikan di atas, maka bisa dipahami bahwa fungsi Data Rollover adalah untuk menggabung kuota yang sebelumnya dimiliki dengan kuota yang baru dibeli. Selain itu dengan Data Rollover, masa aktif dari kuota yang sahabat miliki juga akan menjadi lebih lama hingga 1 Tahun.

Cara Mendapatkan

Tidak semua kuota yang sahabat miliki bisa diakumulasi atau digabung, akan tetapi hanya kuota utama saja yang bisa digabung menggunakan Data Rollover. Selain itu, saat ini hanya ada 2 paket yang kuota utamanya bisa digabung dengan Data Rollover yaitu Paket Freedom U dan Paket Freedom Combo.

Jadi, cara mendapatkan fasilitas Data Rollover Indosat IM3 Ooredoo adalah dengan memperpanjang paket Freedom U atau Freedom Combo setelah masa aktifnya berakhir atau membeli paket baru sebelum masa aktif dari paket tersebut habis. Tentu saja dengan catatan bahwa ketika melakukan perpanjangan atau membeli paket baru, kuota utama yang sahabat miliki masih tersedia.

Wajib Tahu

Agar sahabat tidak salah paham dan kecewa ketika nantinya mengharapkan kuota Data Rollover, maka ada beberapa hal yang harus dan wajib sahabat ketahui tentang Data Rollover:
  • Selain bisa digunakan di kartu prabayar (freedom combo dan freedom U), Data Rollover juga bisa sahabat gunakan pada kartu pascabayar Indosat IM3 Ooredoo jika melakukan pembelian paket freedom U. Sedangkan bagi pelanggan Freedom Postpaid, saat ini sahabat belum bisa mendapatkan layanan Data Rollover.
  • Kuota Data Rollover bisa sahabat gunakan diseluruh wilayah Indonesia yang tercover jaringan Indosat IM3 Ooredoo. Sahabat juga akan diuntungkan karena Data Rollover bisa digunakan full 24 Jam (tanpa batasan waktu) dan bisa digunakan di semua jaringan, baik itu 2G, 3G, dan 4G. Perlu sahabat ketahui bahwa Data Rollover tidak bisa digunakan di luar negeri.
  • Data Rollover memiliki masa aktif 12 bulan sejak pengakumulasian kuota data pertama kalinya. Sahabat bisa menggabungkan sisa kuota dalam Data Rollover dengan batas maksimum akumulasi 100GB. Ketentuan tersebut berlaku bila selama 12 bulan berturut-turut sahabat menggunakan Data Rollover.
  • Apabila Data Rollover yang sahabat miliki habis, maka penggunaan internet selanjutnya akan menggunakan kuota lainnya. Kalau sahabat tidak memiliki kuota lainnya, tentu saja pulsa reguler yang sahabat miliki akan terpakai. Oleh karena itu, saya selalu menyarankan kepada sahabat pembaca agar selalu dijaga kuota utama yang dimiliki.
  • Ketika sahabat gagal melakukan perpanjangan paket yang sama karena pulsa tidak mencukupi, maka Data Rollover yang sahabat miliki juga akan ikut hangus. Apabila sahabat melakukan pembelian paket dari Freedom U ke Freedom Combo dengan harga yang sama atau lebih mahal, maka kuota utama akan digabung, akan tetapi ketika perpanjangan, data Rollover akan hangus.
  • Sisa Data Rollover yang sahabat miliki bisa sahabat cek menggunakan 3 cara, yaitu dengan menggunakan (1) Aplikasi myIM3, (2) Kode dial UMB *123#, dan (3) SMS dengan mengetik USAGE kemudian mengirimnya ke 363.
  • Kuota Data Rollover menurut saya cukup membantu ketika kuota yang sahabat miliki bisa diakumulasikan atau digabung. Sayangnya yang bisa diakumulasi hanya kuota utama saja, sedangkan kuota lainnya akan tetap hangus ketika masa aktif paketnya sudah habis. Selain itu, cukup banyak aturan yang membuat penggunaan Data Rollover tersebut menjadi agak ribet.

Setidaknya dengan Data Rollover, kuota utama yang sahabat gunakan tidak hangus dan bisa terus terpakai hingga 1 tahun. Saya berharap, Indosat IM3 Ooredoo mengeluarkan paket yang kuotanya bisa digunakan selamanya tanpa aturan yang ribet. Sebelumnya provider 3 (Tri) sudah mengeluarkan Paket AlwaysON (AON) dan XL Axiata sudah mengeluarkan Paket XTRA ON yang keduanya memiliki kuota dengan masa aktif selamanya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Kuota Data Rollover Indosat IM3 Ooredoo