Cara Menghemat Kuota Internet Hingga 90% Menggunakan Aplikasi Kecilin

Bagi sahabat yang ingin menghemat kuota data internet di HP Android, sahabat bisa memanfaatkan aplikasi penghemat kuota buatan anak bangsa (Indonesia). Aplikasi Kecilin adalah aplikasi yang berfungsi untuk menghemat pemakaian internet hingga 90% pada beberapa aplikasi favorit di HP Android. Secara sederhana, cara kerja dari aplikasi Kecilin adalah mengkompresi video, gambar, text (tulisan), dan dokumen sebelum diterima oleh penggunanya.

Seperti yang saya sampaikan di atas bahwa saat ini hanya ada beberapa aplikasi favorit yang bisa dihemat dengan menggunakan aplikasi Kecilin. Meski begitu, pengembang dari aplikasi tersebut mengatakan bahwa akan ada penambahan fitur serta aplikasi baru setiap minggunya. Sementara, berikut adalah 4 Aplikasi yang bisa sahabat hemat penggunaan kuota internetnya menggunakan aplikasi Kecilin:
  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube

Kalau sahabat perhatikan 4 aplikasi yang saya sebutkan di atas, maka bisa diketahui bahwa keempatnya memiliki beberapa kesamaan yaitu di dalam konten aplikasi tersebut terdapat Video, gambar, dan teks. Jadi memang dimungkinkan bahwa data dari keempat aplikasi tersebut bisa dikompres. Dalam keterangannya, Kecilin mengklaim bahwa mereka bisa mengkompresi video hingga 75%, gambar hingga 80%, dan text hingga 90%.

Apabila sahabat ingin menggunakan aplikasi Kecilin, saat ini aplikasi tersebut hanya tersedia bagi pengguna smartphone Andrid saja. Sahabat bisa download secara gratis aplikasi Kecilin di Google Play Store. Bagi sahabat pengguna iPhone (iOS), pada saat saya menulis artikel ini, aplikasi Kecilin belum tersedia di App Store.  Cara menggunakan aplikasi Kecilin sangat mudah karena aplikasi tersebut bisa langsung digunakan tanpa registrasi terlebih dahulu.

Berikut adalah tutorial cara menggunakan aplikasi Kecilin untuk menghemat kuota data yang sahabat gunakan hingga 90%:
  • Buka aplikasi Kecilin, kemudian sahabat akan disuguhkan dengan beberapa tampilan yang mengenalkan aplikasi Kecilin seperti keunggulan, informasi, ketentuan layanan, dan kebijakan privasi. Silakan sahabat pilih tombol [Agree] atau [Setuju].
  • Selanjutnya sahabat akan dibawa ke halaman utama aplikasi Kecilin. Pada halaman tersebut akan ditampilkan perkiraan uang dan data internet yang sudah sahabat hemat. Dalam halaman tersebut juga ditampilkan aplikasi populer yang bisa sahabat hemat.
  • Pilih salah satu aplikasi yang ingin sahabat buka (sebagai contoh sahabat ingin membuka aplikasi Youtube), maka silakan sahabat pilih Logo Youtube.
  • Sahabat akan di bawa ke halaman yang menampilkan bahwa sahabat sedang diarahkan ke halaman server yang membutuhkan waktu beberapa saat (silakan sahabat tunggu).
  • Sahabat aakan dibawa masuk ke halaman Youtube. Selanjutnya silakan sahabat cari video yang akan sahabat putar.
  • Setelah selesai, silakan sahabat kembali ke halaman utama, disitu akan ditampilkan perkiraan uang dan data internet yang sudah sahabat hemat.

Kalau dilihat, tampilan dari aplikasi yang dibuka menggunakan aplikasi Kecilin, tampilan dari aplikasi itu terlihat lebih sederhana dan saya tidak menemukan iklan di halaman tersebut. Mungkin itu adalah salah satu faktor yang membuat aplikasi Kecilin bisa menghemat uang dan kuota data internet (diluar kompresi video, gambar, dan text). Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Menghemat Kuota Internet Hingga 90% Menggunakan Aplikasi Kecilin