-->

Fungsi dan Cara Menggunakan Kuota Ketengan Conference

Ap itu kuota ketengan conference? Jadi pengertian dari kuota ketengan conference adalah salah satu kuota internet telkomsel yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, WebEx, Umeetme, dan CloudX. Jadi kalau sahabat bertanya: Apakah kuota ketengan conference bisa digunakan untuk WA (WhatsApp), FB (Facebook), atau IG (Instagram)?, maka jawabannya adalah tidak bisa.

Fungsi dari kuota ketengan conference adalah untuk melakukan komunikasi dengan tim menggunakan aplikasi-aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas. Sebagi informasi bahwa kuota ketengan conference hanya bisa digunakan oleh member atau anggota yang mendapatkan undangan untuk rapat menggunakan aplikasi Microsoft Teams, WebEx, Umeetme, dan CloudX.

Jadi kalau sahabat tidak mendapatkan undangan untuk rapat maka kuotanya akan utuh (tidak terpakai). Untuk menggunakan kuota ketengan conference sangat mudah, yaitu ketika sahabat rapat virtual dengan menggunakan salah satu aplikasi yang sudah saya sebutkan di atas, maka otomatis kuota ketengan conference yang sahabat miliki akan berkurang.

Urutan penggunaan kuota ketika mengakses aplikasi Zoom, Google Meet, Microsoft Teams, WebEx, Umeetme, dan CloudX adalah 1) kuota ketengan conference, 2) kuota internet utama, kemudian 3) Pulsa reguler. Jadi apabila sahabat memiliki kuota ketengan conference dan kuota internet utama (reguler), maka ketika sahabat rapat virtual menggunakan 6 aplikasi di atas, maka yang pertama terpakai adalah kuota ketengan conference.

Berikut adalah ulasan secara singkat mengenai aplikasi yang bisa diakses menggunakan kuota ketengan conference telkomsel:
  • Microsoft Teams adalah aplikasi yang bisa digunakan sebagai ruang kerja virtual berbasis obrolan. Jadi sahabat bisa menggunakannya untuk menyatukan orang (rekan kerja), saling berkomunikasi, berbagi konten dan alat yang dibutuhkan agar dapat berkolaborasi dengan mudah guna meraih banyak hal.
  • WebEx adalah aplikasi yang bisa sahabat gunakan untuk berkolaborasi lewat gambar, suara, dan video dari manapun selama terhubung dengan jaringan internet. Aplikasi WebEx dikembangkan oleh Cisco yang merupakan salah satu perusahaan ternama di Dunia yang bergerak dibidang jaringan dan telekomunikasi.
  • Umeetme adalah sebuah layanan video conference berbasis jaringan internet. Dengan umeetme, maka sahabat bisa melakukan banyak hal seperti pembelajaran jarak jauh (Distance learning), komunikasi dengan orang diberbagai belahan dunia, dan juga komunikasi antar anggota perusahaan.
  • CloudX adalah aplikasi yang dikeluarkan oleh telkomsel yang bisa digunakan untuk rapat dan juga pembelajaran secara virtual. Untuk lebih jelasnya sahabat bisa membaca tulisan saya sebelumnya tentang [Pengertian dan Fungsi Aplikasi CloudX Telkomsel].
  • Zoom adalah aplikasi meeting online yang cukup banyak digunakan dilingkungan pendidikan dan sebagainya.
  • Google Meet adalah aplikasi gratis untuk melakukan rapat online dan seminar secara online yang dikeluarkan oleh Google.

Setelah sahabat sudah mengetahui pengertian, fungsi, dan juga cara menggunakan kuota ketengan conference, maka saya yakin sahabat sudah bisa menentukan apakah akan membeli kuota tersebut atau tidak membelinya. Tentu saja untuk membeli atau tidaknya tergantung dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Semoga membantu dan bermanfaat.

Fungsi dan Cara Menggunakan Kuota Ketengan Conference
  1. Un paedah kebanyakan ga kepake mubajir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makanya saya juga tidak beli Kak 😁
      Kita sebagai pengguna kartu Telkomsel harus cerdas sebelum membeli paket tertentu Kak 😊

      Hapus
    2. Nyesel gue,,kemakan pulsa gara2 kuota un faedah conference ini

      Hapus
    3. Diambil hikmahnya saja Kak 😊

      Hapus
  2. Sama saya juga awalnya ga tau umtuk apa

    BalasHapus
  3. Kira² pakai aplikasi google meet bisa tidak?

    BalasHapus
  4. Balasan
    1. Bisa Kak. Cek menggunakan myTelkomsel ya...

      Hapus
  5. bisa buat tethering kan? penggunaan ms team juga di laptop?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya Bisa Kak. Kan alamat IP yang diakses sama 😊

      Hapus
    2. ohh bisa, baik terimakasih..

      Hapus
  6. untuk apk zoom blm bisa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Belum Kak. Pakai kuota ketengan utama saja 😊

      Hapus
    2. Update info: Sudah bisa untuk Zoom dan Google Meet Kak ;)

      Hapus
  7. Kuota chat aja itu fungsinya buat apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kuota chat Telkomsel bisa digunakan untuk chat menggunakan aplikasi WA & Line Kak.

      Hapus
    2. Maaf Kak, Ralat. Kalau kuota chat telkomsel bisa digunakan untuk mengakses aplikasi chat menggunakan WA dan Line, sedangkan untuk kuota ChatAja! Hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi ChatAja Kak 😊

      Hapus
    3. kalau hotspot tapi masih memakai ms teams bisa pake paket conference gak?

      Hapus
    4. Harusnya tetap bisa kepakai Kak. Karena alamat IP yang diakses sama 😊

      Hapus
  8. min, kuota konference nya berlaku ketika hotspot di komputer gak? tapi buat WebEx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harusnya bisa juga dipakai di komputer Kak, karena untuk mengakses aplikasi WebEx alamat yang dituju sama Kak ;)

      Hapus
  9. Kok punya saya gabisa ya? Kondisi paket yg aktif cuma conference tapi buat masuk meeting di cloudx lamanya minta ampun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pastikan Kak Paksi bukan Host ya? Karena paket ini hanya khusus untuk yang diundang saja :) Kemudian kalau masalahnya belum bisa masuk meeting, coba hubungi Host nya Kak.

      Hapus
    2. nyesel bngt
      pktnya g bisa d pke

      Hapus
    3. Ups... Perhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum membelinya ya Kak 😊

      Hapus
  10. Jika menggunakan laptop apakah kouta keterangan konferensi bisa dipakai utk webex, karena kuotanya ada di hp Android?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Logikanya adalah tethering Hotspot dari HP ke laptop Kak. Prinsipnya sama hehehe... Kuota internetnya di HP Android, akan tetapi tetap bisa digunakan di Laptop Kak 😊

      Hapus
  11. Apakah kuota ketengan confrence bisa d gunakan utk Nge ZOOM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini tidak bisa Kak 😊

      Hapus
    2. Update info: Sudah bisa untuk Zoom dan Google Meet Kak ;)

      Hapus
  12. Saya pakai kartu hallo. Perasaan saya tidak beli paket ketengan confrence kok tau2 ada info paket tsb telah aktif selama 7 hari sebanyak 20 GB. Heran saya. Kenapa begitu ya? Mungkin ada yg tau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang Telkomsel kasih kuota tanpa pemberitahuan Kak. Saya saja kemarin tanpa ada pemberitahuan tiba² dapat kuota internet 2GB dengan masa aktif 3Hari. Padahal saya tidak melakukan apa-apa 😅

      Coba cek di myTelkomsel (pembelian paket terakhir Kak).

      Hapus
  13. Itu maksudnya local sama nggak apa

    BalasHapus
  14. Sya pengguna xl kmrn sya pdhl gak beli paketan tiba'ada paketan 36gb yg 6gb kuota utama yg 30gb ny confrence syg bgt gk kepake

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pulsanya tidak berkurang ya gapapa Kak 😊

      Hapus
  15. Sama aja bohong, itu aplikasi yg sangat jarang dipakai. Sedangkan yg sering kan google meet atau zoom.
    Paket unfaedah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Microsoft Teams & WebEx juga banyak digunakan Kak. Kalau mau yg support Google Meet & Zoom, pakai paket conference milik XL dan Axis Kak 😊

      Hapus
    2. Update info: Sudah bisa untuk Zoom dan Google Meet Kak ;)

      Hapus
    3. Kok sya pke buat zoom malah kuota utama yg kepake kuota conference nya ttp 30gb sya pke XL

      Hapus
    4. Coba hubungi CS XL Kak. Kalau ingin cek apakah kuota Xtra Conference XL berkurang atau tidak, silakan Kakak ceknya setelah selesai menggunakan aplikasi Zoom selang beberapa menit ya...

      Hapus
  16. Kak kenapa kalau kartu baru beli tidak bisa dimasukan kode tersembunyi
    qouta murah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau promo yang terdapat dalam kode tersembunyi, biasanya hanya diberikan kepada beberapa nomor tertentu saja. Jadi meski kartu tersebut baru atau lama, kalau nomornya tidak terpilih untuk mendapatkan promo melalui kode tersembunyi ya tidak akan bisa Kak ;)

      Hapus
  17. Bisa pake buat google classroom dan ruangguru tidak kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kuota conference tidak support untuk Google Classroom dan Ruangguru Kak. Akan tetapi kalau ingin mengakses Google Classroom dan aplikasi conference, Kakak bisa beli paket kuota belajar Telkomsel. Coba Kakak baca tulisan saya di [Mengenal Kuota Belajar Telkomsel]

      Hapus
  18. Balasan
    1. Iya Kak Ivan. Kebetulan saya mengetahuinya setelah melihat penawaran kuota belajar Telkomsel. Coba kakak baca tulisan saya tentang [Mengenal Kuota Belajar Telkomsel]

      Hapus
  19. Kalo sudah mempaketkan 10gb tapi pulsanya masih ada 10k tp saat digunakan habis tersedot, trs saat menggunakan ini apa bisa mempaketkan kuota ketengan tanpa menghilangkan kuota 1p gb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Kak...
      Jadi kuotanya akan berjalan secara bersama-sama dengan fungsi masing-masing Kak 😊

      Hapus
  20. Apakah bisa untuk aplikasi zoom kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak Meii, seperti yang sudah saya sampaikan pada komentar di atas ya :)

      Hapus
  21. Ini berlaku gk untuk hotspot? Jd misal di hp pake kuota ketengan trs di hotspot untuk buka zoom di ipad.. Yg kepake kuota reguler nya atau ketengannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk syarat dan ketentuannya memang tidak disebutkan secara spesifik apakah bisa digunakan untuk disebarkan melalui Hotspot atau tidak Kak.

      Kalau menurut saya harusnya juga bisa terpakai karena memang alamat IP yang diakses sama Kak.

      Sebagai perbandingan ketika saya punya ketengan YouTube disebarkan melalui Hotspot juga tetap terpakai.

      Kalau takut, coba saja beli paket yang paling murah untuk dicoba terlebih dahulu Kak.

      Hapus
  22. Kepake dikit min, gimana dong, yg habis tetap aja kuota utama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kuota utama terpakai untuk yang lain Kak 😊

      Kakak pakai komputer atau HP?

      Hapus