Pengertian dan Fungsi Paket Ilmupedia Telkomsel

Kalau sebelumnya saya sudah membahas tentang Paket Cakap Telkomsel yang kuotanya bisa dipakai untuk mengakses internet dan aplikasi Cakap, maka pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Paket IlmuPedia Telkomsel yang dikenalkan oleh telkomsel dalam waktu yang bersamaan dengan paket Cakap. Berbeda dengan paket Cakap yang harganya adalah Rp 30.000, maka paket IlmuPedia harganya lebih murah yaitu Rp 25.000.
Sesuai dengan namanya bahwa paket Ilmupedia ditawarkan oleh telkomsel untuk mendukung pendidikan di Indonesia. Paket ini memberikan 2 jenis kuota yang bisa sahabat gunakan untuk mengakses internet, aplikasi Ruang Guru dan Cakap. Total kuota yang diberikan oleh telkomsel dalam paket Ilmupedia adalah 3GB. Rinciannya adalah kuota 1GB bisa digunakan untuk mengakses semuanya, sedangkan kuota yang 2GB hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Cakap dan Ruangguru.

Masa aktif dari paket Ilmupedia adalah 30 Hari. Oh iya, perlu sahabat ketahui bahwa kuota Ilmupedia 2GB yang diklaim bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Cakap dan Ruangguru, ternyata tidak semua menu pada kedua aplikasi tersebut bisa diakses menggunakan kuota Ilmupedia. Berikut adalah rincian menu yang bisa diakses di aplikasi Cakap dan Ruangguru menggunakan kuota aplikasi 2GB:
  • Pada Aplikasi Ruangguru, sahabat bisa mengakses menu ruang belajar (termasuk video pembelajaran), dan semua artikel dalam ruang belajar.
  • Pada Aplikasi Cakap, sahabat bisa mengakses semua fitur seperti Cakap private, Cakap live, Cakap group, dan Cakap chat. Info: Cakap Blog tidak bisa diakses menggunakan kuota Ilmupedia.
Jadi, apabila sahabat mengakses  selain menu yang saya sebutkan diatas, maka pulsa internet utama yang sahabat miliki akan berkurang. Paket Ilmupedia bisa dibeli oleh semua pelanggan prabayar telkomsel (Kartu Simpati, As, dan Loop) dengan harga yang sama diseluruh Indonesia (tanpa zonasi). Untuk membeli paket tersebut, sahabat bisa melakukannya langsung dengan mengakses kode dial UMB *363*844#

Dari penjelasan yang sudah saya sampaikan di atas, maka bisa diketahui bahwa pengertian Paket Ilmupedia adalah paket internet yang sebagian besar kuotanya (2GB) bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Cakap dan Ruangguru, sedangkan kuota 1GB lainnya bisa digunakan untuk akses internet apa saja. Fungsi dari Paket Ilmupedia adalah untuk memberikan akses kepada pengguna aplikasi Cakap & Ruangguru dengan harga kuota internet yang cukup murah. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengertian dan Fungsi Paket Ilmupedia Telkomsel