-->

Kuota OMG Tidak Bisa Digunakan? Berikut Penjelasan Telkomsel

Kemarin ada salah satu pembaca blog ini yang bertanya “Kenapa kuota OMG Telkomsel tidak bisa digunakan?”. Pertanyaan tersebut disampaikan di kolom komentar tulisan saya sebelumnya yang berjudul Kelebihan dan Kekurangan Paket / Kuota OMG Telkomsel. Awalnya saya mengira sistem telkomsel hanya error sementara, sehingga sahabat pembaca tersebut saya suruh bersabar beberapa Jam untuk menunggu sistem telkomselnya kembali normal.

Untuk memastikan apakah kuota OMG bisa digunakan atau tidak, saya ikut memantau kuota internet OMG yang saya miliki. Awalnya saya gunakan untuk mengakses aplikasi FB (Facebook) dan Youtube selama beberapa menit, kemudian saya cek kuota OMG di aplikasi MyTelkomsel, dan ternyata belum berkurang kuotanya. Kemudian selang beberapa jam saya cek lagi, ternyata kuota OMG tetap tidak berkurang.
Karena sudah 24 Jam, dan kuota OMG Telkomsel saya tidak berkurang, akhirnya tadi sore saya menelpon CS (Customer Service) Telkomsel di nomor 188. Sebelumnya saya sudah mencoba menghubungi CS tersebut dengan mengirimkan pesan menggunakan aplikasi Telegram dan Facebook Messenger, akan tetapi karena tidak ada respon, akhirnya saya hubungi CS dengan biaya Rp 300 per panggilan.

Tanpa mengantri lama, akhirnya panggilan saya ke 188 diangkat oleh salah satu CS telkomsel yang bernama Pak Sigit (kalau tidak salah). Seperti biasa saya ditanya tentang identitas saya, kemudian di cocokkan dengan biodata yang saya masukkan ketika melakukan registrasi kartu prabayar (telkomsel) yang saya gunakan. Setelah sesuai, kemudian CS tersebut memberi kesempatan kepada saya untuk menyampaikan keluhan saya.

Selanjutnya saya sampaikan keluhan saya bahwa kuota OMG yang saya gunakan tidak berkurang setelah saya mengakses aplikasi FB dan Youtube menggunakan aplikasi resmi yang terpasang di smartphone saya. Selanjutnya CS tersebut bertanya lagi kepada saya perihal kuota yang saya miliki, pembelian paket combo terakhir, dan kapan saya mulai mengalami kejadian kuota OMG yang saya miliki tidak bisa digunakan.

Setelah saya jawab sesuai dengan yang pertanyaan yang ditanyakan, kemudian CS tersebut meminta saya menunggu sebentar untuk menyampaikan permasalahan yang saya alami kepada divisi lain yang memiliki hak untuk mengurusnya. Mungkin karena CS tersebut dimintai keterangan oleh petugas dari divisi lain, akhirnya CS tersebut bertanya lagi kepada saya tentang beberapa hal tentang kuota OMG yang saya miliki.

Saya jawab lagi pertanyaan dari CS Telkomsel tersebut, kemudian saya disuruh menunggu lagi untuk disampaikan lagi ke bagian lainnya. Setelah itu, saya dihubungi CS tersebut dan diberi penjelasan untuk menunggu maksimal 3 x 24 jam untuk informasi selanjutnya. Saya juga dipesan agar nomor HP saya selalu aktif karena saya akan dihubungi lagi oleh CS tersebut via telepon atau via SMS. Sebelum pembicaraan saya tutup, CS tersebut mengucapkan terima kasih atas informasi keluhan yang saya sampaikan.

Saya juga menyampaikan kepada CS Telkomsel bahwa yang mengalami kejadian kuota OMG tidak bisa digunakan (tidak berkurang) bukan hanya saya, akan tetapi ada juga pengguna telkomsel lain yang mengalami nasib yang sama seperti saya. Saya juga menceritakan bahwa saya tahunya permasalah tersebut dari salah satu pembaca yang berkomentar di Blog saya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Kuota OMG Tidak Bisa Digunakan? Berikut Penjelasan Telkomsel
  1. Ga jelas kuota omg ga bisa di gunakan omg oh memang goblok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kenapa kok masih banyak yang mengeluh mengenai OMG? Padahal iklannya gencar banget 😁

      Hapus
    2. Oo ternyata memang kuota palsu.

      Hapus
    3. Bukan kuota palsu Kak, tapi kadang urutan penggunaannya membingungkan πŸ˜…

      Hapus
  2. Balasan
    1. Pakai kartu by.U telkomsel saja Kak 😊

      Hapus
  3. Knapa paket omg gk bisa di gunakan belakangan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa gimana Kak? Atau mungkin terpakai kuota yang lain dulu? Kadang kuotanya telkomsel membingungkan πŸ˜‚

      Hapus
    2. Udah 2kali ngisi kuota sampe ngabisin pulsa OMG utuh ,sebelnya dstu

      Hapus
    3. Entah itu strategi telkomsel atau memang salahnya sistem. Hanya telkomsel yang tahu Kak πŸ˜‚

      Hapus
    4. Kuota omg masih 300 mb.. tp gabisa dipake

      Hapus
    5. Sepertinya lagi banyak yang mengalaminya Kak. Langsung hubungi CS Telkomsel Kak 😁

      Hapus
  4. Ke asyikan browsing
    Eeehh pulsanya habis...
    Kuota OMG utuh...
    Ooh.. Makin...Galau....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dipakai buat main FB, Instagram, dan streaming Youtube saja Kak πŸ˜…

      Hapus
  5. Pnya sya jga gk bsa d pke pdhl ad 4GB gk d pke jga mubazir buang" kuota...ya brhrp sih cpt" d prbaiki aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba paka by.U produk baru Telkomsel Kak. Kuotanya tidak dibagi-bagi, harganya sama di seluruh Indonesia, dan tidak mengenal Zona paket 😊

      Hapus
  6. Balasan
    1. Sepertinya kasus kuota OMG hampir mirip semua Kak :)

      Hapus
  7. iya nih kuota aku cuma bisa buat wa doang buka internet game dll gak bisa padahal kuota internet lokal nya masih ada 5,7GB lagi.
    emang aneh ni OMG babi jadi nyesel beli paket mahal mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba pakai produk baru telkomsel by.U Kak. Kuota internetnya tidak dibagi-bagi dan bisa digunakan dimana saja.

      Hapus
    2. Penjelasannya aja mba knpa kuota omg ngak bisa digunakan jangan tawarkan yg lain.

      Hapus
    3. Error by system Kak. Jadi intinya ada kesalahan teknis πŸ˜…

      Hapus
  8. Punya saya yg habis pulsa telponnya... Tulisannya , anda memakai tarif no paket. Jelas paket omg dan localnya kepakek dikit. Pulsa abis bingung lage

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai by.U produknya telkomsel Kak. Kuotanya tidak dibagi-bagi πŸ˜‚

      Hapus
  9. Dapet promo sms dari Telkomsel, kuota OMG 4GB harga Rp.1,000 Langsung gercep bales YES. Selama 3 Hari berturut2, dapet sms tersebut, Dan saya YES kan. Hari pertama sampai hari kedua semua SosMed bisa diakses, setelah hari ketiga, cuman bisa mengakses IG saja, Dan pulsa saya Tanpa disadari yang tadinya masih ada Rp. 20,000 tiba2 tinggal Rp. 0 Baru kali ini kecewa dengan Telkomsel...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Besuk lagi kalau punya pulsa OMG harus dibarengi dengan kuota internet reguler Kak. Kita harus jaga-jaga biar pulsa tidak tersedot habis Kak. Intinya adalah Waspada. Semoga bisa diambil hikmahnya Kak 😊

      Hapus
  10. dan sekarang lagi mengalami, 4 gb terpakai begitu aja, omg nya gak berkurang 😭,

    BalasHapus
  11. Kuota omg sya jga gak bsa d pkai..
    Udah gitu kuota flshnya udah habis lgi..
    Tolong yaa bak ingormasinya kalau udah ad dri pihak telkomsel...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau program kuota OMG belum berakhir, sepertinya belum ada perubahan Kak. Mengingat banyaknya orang yang mengalami permasalahan yang sama tentang paket OMG, tetapi sampai sekarang Telkomsel belum memperbaikinya juga. Kita doakan saja segera ada program baru Kak. Oh iya, Pakai by.U Telkomsel saja Kak. Tidak ribet penggunaannya :)

      Hapus
  12. πŸ€“πŸ˜πŸ€“πŸ˜€
    Pintar sekali cara mbak e "menggiring" untuk membuka blog yg lain, tapi isi jawaban dari yg dipermasalahkan ngambang, πŸ˜€

    OMG waktu awal itu punyaku juga mubadzir, tetapi setelah pengisian tggl 10/02/20 kemarin kesedot duluan, isi combo OMG 19Gb, telkomsel larinya kencang banget 15 hr habis,

    Skrng mau coba ambil yg Internet OMG 52Gb, apa benar kalu ambil yg ini tidak bisa untuk appli WA ..?
    Bagi bago infonya y..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Bisa saja Kak, Terima kasih 😊

      Kalau Kakak beli paket OMG 52GB kan kalau tidak salah yang 50GB kuota utama & yang 2GB adalah kuota OMG. Otomatis yg 50GB ini bisa digunakan untuk akses apa saja (termasuk WA) Kak.

      Jadi kuota OMG itu hanya pelengkap saja Kak. Iklannya saja yg heboh, tapi sebenarnya hanya pelengkap paket utama saja Kak πŸ˜€

      Untuk jawaban yang kurang memuaskan (ngambang), saya minta maaf ya Kak. Saya hanya berbagi sesuai dengan yang saya alami 😊

      Hapus
  13. By:U telkomsel itu apa ka? aku pengguna baru-_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi By.U adalah produk kartu prabayar Telkomsel. Sama seperti kartu As, Simpati dan Loop Kak. Pokoknya tarifnya lebih simpel & internetnya tidak dibagi-bagi Kak. Silakan baca di Label by.U untuk informasi lebih banyak Kak 😊

      Hapus
  14. kuota omg masih utuh sama kuota internet lokal masih utuh kenapa gak bisa di pakai....!!!?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak yang mengalaminya juga Kak. Saran saya, hubungi CS Telkomsel saja untuk masalah tersebut Kak.

      Hapus
  15. ini saya jg korban udah aktif paket omg nya yg kepotong pulsa mya hhheeee
    4gb nya utuh tak tersentuh kampret dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kepotong setelah pulsa utamanya habis Kak 😁

      Coba pakai kartu by.U Kak Timun. Sama-sama produknya telkomsel.

      Hapus
  16. Jadi gimana kak?? D jawab gimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. CS nya hanya PHP saja Kak. Setelah menunggu 3 hari, saya tidak dihubungi sama CS nya πŸ˜…

      Hapus
  17. Iya parah kuota di buang sia sia kuota nya aja 5 gb di bagi bagi yang bisa di gunakan cuma 1 gb kuota internet doank kuota lokal sm ga bisa di gunakan ampun ampun rugii..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuota lokalnya tidak bisa digunakan juga Kak? Coba ganti provider by.U Kak. Paketnya lebih murah dan tidak dibagi-bagi ;)

      Hapus
    2. Provider itu kuota telkomsel tah.

      Hapus
    3. Provider = Penyedia Jasa Layanan Kak. Jadi maksudnya adalah ganti kartu by.U Kak 😊

      Hapus
  18. Oh memang goblok
    sudah isi 2 kali masih belum masuk.
    Padahal nomor suda benar, dinkonter udah masuk. Dasar telkomsel penipu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe... Maksudnya gimana Kak Rio? Kalau masalah isi ulang, mungkin konternya Kak. Coba dilacak menggunakan SN (Serial Number) Kalau pulsa atau kuota tidak masuk Kak :)

      Hapus
  19. saya menemukan blog ini.. dan mungkin ada yg lain yg baru menemukannya juga.. dan nyari jawaban permasalahan si OMG helooo..hhhh,

    Dari pengalaman saya pake paket ini :
    waktu itu... HP yg sy oprek punya anak saya yg mau digunakan tugas sekolah. ternyata kuota utamanya habis, dan pulsa nol.
    dan paket yg ada hanya si OMG, saya mencoba membuka youtube via aplikasi bawaan dn ternyata hanya muter2 saja.

    Akhirnya sy inisiatif untuk coba buka youtube di browser chrome... dan ternyata BISA.

    saya menyimpulkan kuota OMG yg katanya bisa untuk sosmed, tidak bisa dibuka di aplikasi bawaan, tetapi hanya lewat browser, dgn catatan tidak punya KUOTA yg lain, dan pulsa NOL.
    BEGITU...SALAM..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas sharenya Kak. Skema untuk akses YouTube hampir sama dengan kuota ketengan YouTube, dimana kalau tidak memiliki kuota utama, maka kuota ketengan YouTube nya hanya bisa digunakan via browser saja πŸ˜…

      Hapus
  20. Bener nggak kak, kalau mau kuota omg nya aktif harus menghabiskan kuota lama dulu, baru bisa pake kuota yang baru di isi ulang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pernah menulis bahwa kuota telkomsel 'Bodoh' Kak. Salah satunya adalah kadang sistem tidak bisa membedakan kuota mana yang harus diprioritaskan terlebih dahulu penggunaannya. Kalau yang benar adalah harusnya kuota yang masa aktifnya akan segera berakhir terpakai terlebih dahulu, kemudian baru kuota yang masa aktifnya lama baru terpakai Kak. Masalahnya kadang terbalik Kak πŸ˜…

      Saran saya, kalau mau beli kuota lagi, tunggu sampai kuotanya sedikit (buat antisipasi) Kak 😊

      Hapus