Kelebihan dan Kekurangan Paket dan Kuota OMG Telkomsel

Sebelumnya saya sudah membahas tentang pengertian dan fungsi paket dan kuota OMG (Oh My Gigabytes) Telkomsel. Kali ini saya akan membahas kelebihan dan kekurangan dari paket dan juga kuota OMG tersebut. Perlu sahabat ketahui bahwa kuota OMG yang dikeluarkan oleh telkomsel tersebut adalah pengganti dari paket hiburan MAXstream. Saya juga sebelumnya memiliki kuota MAXstream, setelah saya cek sudah berubah menjadi kuota OMG.
Bagi sahabat pengguna nomor Telkomsel seperti kartu Simpati, As, dan Loop tentunya sering melihat penawaran berupa paket OMG. Apakah sahabat mendapatkan kuota OMG setelah membeli paket internet atau paket combo telkomsel? Bila sahabat memiliki kuota OMG, maka kuota tersebut bisa sahabat gunakan untuk mengakses beberapa aplikasi medsos (media sosial) dan juga aplikasi yang menyediakan hiburan.

Sebagai informasi bahwa ada 10 aplikasi medsos dan hiburan yang bisa sahabat akses dengan menggunakan kuota OMG telkomsel. Berikut adalah kesepuluh aplikasi tersebut:
  1. Youtube
  2. Facebook
  3. Instagram
  4. MAXstream
  5. HOOQ
  6. VIU
  7. Iflix
  8. KlikFilm
  9. beIN SPORT
  10. Nickelodeon Play

Itu artinya bahwa apabila sahabat memiliki kuota internet utama (reguler) dan juga kuota OMG secara bersamaan, maka ketika sahabat mengakses kesepuluh aplikasi yang saya sebutkan di atas, maka kuota yang akan berkurang adalah kuota OMG. Jadi bagi sahabat yang sering mengakses Youtube, Facebook, dan Instagram, maka sahabat bisa membeli kuota OMG karena harganya lebih murah.

Paket OMG yang dikeluarkan oleh telkomsel dibagi menjadi 2 macam, yaitu Paket Combo OMG dan Paket Internet OMG. Dalam paket combo OMG, terdapat beberapa kuota yang terdiri dari kuota internet, nelpon, SMS, dan OMG. Sedangkan dalam paket internet OMG hanya terdiri dari dua kuota yaitu kuota internet dan OMG. Oleh karena itu, ada kelebihan dan kekurangan dari paket OMG telkomsel.

Kelebihan Paket OMG

  • Semua kuota yang terdapat di dalam paket OMG bisa digunakan full 24 jam (tanpa pembagian waktu)
  • Semua kuota yang terdapat di paket OMG bisa digunakan disemua jaringan (2G, 3G, dan 4G)
  • Paket combo OMG bisa memenuhi semua kebutuhan telekomunikasi yang sahabat perlukan seperti internet, nelpon, dan SMS.
  • Paket internet OMG bisa memenuhi kebutuhan sahabat yang khusus hanya membutuhkan kuota internet saja.

Kekurangan Paket OMG

  • Pada paket combo OMG, kuota nelpon dan SMS hanya bisa digunakan kesesama nomor telkomsel saja (OnNet)
  • Harga dari paket OMG telkomsel memang bervariasi, akan tetapi menurut saya harga terendah (50 Ribuan) kurang menjangkau semua kalangan.

Dalam paket OMG telkomsel, pasti di dalamnya terdapat kuota OMG. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya bahwa kuota OMG bisa digunakan untuk mengakses 10 aplikasi hiburan dan medsos. Berikut adalah kelebihan dan kekurangan dari kuota OMG.

Kelebihan Kuota OMG

  • Bisa digunakan full 24 Jam (tanpa pembagian waktu)
  • Bisa digunakan di semua jaringan telkomsel (2G, 3G, dan 4G)
  • Bisa digunakan untuk mengakses aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna internet seperti youtube, facebook, dan instagram.

Kekurangan Kuota OMG

  • Masih ada beberapa aplikasi populer di Indonesia yang belum bisa di akses dengan menggunakan kuota OMG seperti Twitter dan WhatsApp.
  • Kuota yang didapatkan tidak bersifat akumulatif, sehingga masa aktif dari kuota OMG tidak bisa diperpanjang dan akan hangus pada saat masa aktifnya sudah habis.

Sebagai pengganti dari kuota MAXstream yang hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi hiburan, kuota OMG memiliki fungsi lebih yaitu bisa mengakses 3 aplikasi yang sering digunakan pengguna internet di Indonesia seperti facebook, Youtube, dan Instagram. Dengan begitu, kuota OMG akan lebih termanfaatkan bila dibandingkan dengan kuota MAXstream. Semoga membantu dan bermanfaat.

Kelebihan dan Kekurangan Paket dan Kuota OMG Telkomsel
  1. Paket omg saya kenapa dak kepotong ya...padahal sudah saya tes pakai you tube dan fb justru paket internetnya saja yg di potong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gunakan untuk akses FB & Youtube yang terpotong kuota OMG kak. Kalaupun kuota internet utama saya ikut terpotong dikarenakan penggunaan aplikasi lain di HP saya. Mungkin informasi kuotanya di MyTelkomsel belum di refresh Kak. Coba cek kuotanya setelah beberapa jam pemakaian ya... saya yakin kalau akses aplikasi facebook, youtube, dan instagram, maka yang akan terpotong adalah kuota OMG Kak.

      Hapus
  2. Sebelum saya buka youtube dan fb saya cek dulu kuotanya...setelah itu baru saya buka youtube dan fb kurang lebih 30 menit..setelah selesai saya cek lagi kuotanya ternyata kuota omg dak berubah...justru kuota internetnya yg ke potong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang kejadiannya seperti itu, saya sarankan silakan langsung menghubungi CS telkomsel Kak. Saya sendiri memakai kuota OMG tidak ada masalah sampai saat ini. Oh iya, pastikan buka FB & Youtube pakai aplikasi, serta jangan mengaktifkan VPN ya Kak. Semoga membantu...

      Hapus
    2. buka youtube dan fb pakai aplikasi apa ya mbak..di play store banyak ada omg...tapi ambil yg mana mbak

      Hapus
    3. Pakai aplikasi resmi miliknya facebook & youtube Kak. Maksud saya, jangan buka lewat browser internet 😊

      Tapi bisa juga telkomsel sedang error / gangguan Kak. Gapapa Kak, nanti sore dicek lagi kuotanya. Kalau tetap utuh (tidak beekurang) langsung komplain ke CS telkomsel Kak. Saya juga sedang buka aplikasi youtube ini Kak. Kalau nanti kuotanya tidak berkurang, saya juga akan komplain 😊

      Hapus
    4. saya udah dari dulu pakai aplikasi kalau buka fb dan you tube mbak..okey trimakasi banyak atas sarannya mbak

      Hapus
    5. Sama-sama Kak. Oh iya, saya kemarin juga mengalami kuota OMG saya tidak bisa digunakan Kak. Saya juga sudah menghungi CS Telkomsel, dan untuk keterangan lengkapnya bisa dibaca di tulisan saya tentang Penjelasan Telkomsel Tentang Kuota OMG Tidak Bisa digunakan

      Hapus
    6. Punya Saya juga sama Saya beberapa Kali nonton drakor di viu,jadi paket OMG nya ga kepotong sama sekali, yang kepotong malah internet.

      Hapus
    7. Kalau saya sebelum ada kuota OMG kan memiliki kuota MAXstream. Setelah ada kuota OMG, kuota MaXstream saya berubah menjadi kuota OMG. Kemarin saya komplain karena yang berkurang kuota reguler saya (bukan kuota OMG) setelah akses Youtube dan Facebook. Setelah disuruh menunggu maksimal 3 x24 Jam, balasan dari Telkomsel menurut saya aneh. Masa kuota OMG yang saya miliki bisa digunakan setelah kuota Reguler habis 😂

      Silakan yang lain juga komplain ke cs 188 biar telkomsel sadar kalau banyak yang mengeluh 😊

      Hapus