Sederhana! Cara Saya Agar Dompet Digital Aman

Di era yang modern dan lebih banyak mengarah ke hal-hal yang serba digital ini, banyak perubahan perilaku yang dilakukan oleh masyarakat di seluruh Dunia termasuk Indonesia. Salah satu hal yang sedang trend adalah munculnya banyak perusahaan yang menawarkan jasa Dompet Digital. Gopay, OVO, Dana, dan LinkAja adalah beberapa aplikasi dari perusahaan yang menawarkan tempat penyimpanan uang sekaligus sebagai alat pembayaran dalam melakukan jual beli.
Tentu saja Dompet digital tersebut belum bisa menggantikan keseluruhan penggunaan uang tunai yang selama ini menjadi kebiasaan masyarakat. Meski demikian, semakin kesini penggunaan dompet digital untuk melakukan pembayaran non tunai semakin berkembang dan banyak digunakan. Hal ini terbukti dengan banyaknya kerjasama yang dilakukan oleh pengembang aplikasi dompet digital dengan berbagai merchant dan perusahaan untuk menggunakan alternatif pembayaran non tunai.

Meski demikian, penggunaan dompet digital selain memberikan keuntungan untuk mempermudah dan juga mempercepat proses pembayaran, penggunaan teknologi tersebut juga memiliki kelemahan beberapa kelemahan. Salah satu hal yang menarik untuk diperhatikan adalah masalah keamanan. Kalau dalam dunia nyata ada pencurian dompet secara langsung oleh pencopet, maka di era modern seperti ini juga ada pencurian yang sengaja dilakukan oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Karena aplikasi dompet digital terpasang di smartphone yang sahabat gunakan, maka cara yang bisa sahabat gunakan untuk melindungi uang yang tersimpan di dompet digital adalah dengan menjaga keamanan dan memproteksinya agar tidak mudah dimasuki oleh orang yang tidak seharusnya bisa masuk ke HP sahabat.

Berikut adalah cara untuk menjaga dompet digital (Gopay, OVO, DANA, dan LinkAja) agar selalu aman:
  • Gunakan Pin dan juga Password yang rumit (jangan terlalu sederhana) pada akun dompet digital yang sahabat miliki.
  • Gunakan keamanan Password untuk membuka setiap aplikasi dompet digital yang sahabat miliki.
  • Jangan memasang aplikasi sembarangan. Sebelum memasangnya, silakan sahabat lihat permintaan izin akses aplikasi tersebut ke smartphone yang sahabat gunakan.
  • Pastikan sahabat hanya memasang aplikasi yang sumbernya dari pihak yang terpercaya seperti Google Playstore bagi sahabat pengguna Android, dan juga AppStore bagi sahabat pengguna iOS.
  • Jangan pernah memberikan kode verifikasi SMS yang masuk ke HP terhadap orang yang sengaja memintanya.
  • Jangan mengisi saldo banyak-banyak pada dompet digital yang sahabat gunakan.

Sejauh ini masih banyak pengguna HP yang masih kurang memperhatikan keamanan smartphone yang digunakannya. Perlu sahabat ketahui bahwa keamanan dompet digital yang sahabat miliki tergantung dari keamanan smartphone yang sahabat gunakan. Perlu sahabat ketahui juga bahwa tanpa memegang HP yang sahabat gunakan, orang bisa masuk ke sistem HP yang sahabat gunakan. Oleh karena itu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, lakukan tips yang sudah saya sampaikan di atas. Semoga membantu dan bermanfaat.

Sederhana! Cara Saya Agar Dompet Digital Aman