Cara Aman Cas (Isi Daya) Laptop & HP Meski Ditinggal Tidur

Salah satu kebiasaan dari sebagian orang adalah meninggalkan perangkat elektronik seperti smartphone dan juga laptop ketika proses pengisian daya (meskipun sudah terisi penuh). Perlu sahabat ketahui bahwa kebiasaan tersebut tidak baik dan bisa berakibat buruk pada perangkat elektronik, seperti gadget yang sahabat miliki (khususnya komponen baterai).

Baterai adalah salah satu komponen yang sangat penting dari sebuah gadget seperti komputer jinjing (laptop) dan juga smartphone (HP). Semakin besar kapasitas suatau baterai (mAh) dari sebuah perangkat elektronik, maka ketahanan perangkat dalam melakukan suatu pekerjaan akan semakin lama. Sebaliknya, apabila kapasitas suatu baterai semakin kecil, maka ketahanan perangkat dalam melakukan tugas atau pekerjaan juga akan semakin singkat.

Pengisian daya yang terlalu lama setelah melebihi kapasitas 100% akan menyebabkan fungsi dari baterai tersebut menjadi menurun. Bila hal tersebut terjadi berkali-kali maka tanpa sahabat sadari, lama-kelamaan daya tahan baterai dari gadget yang sahabat miliki akan berkurang drastis atau sering disebut dengan istilah Ngedrop.

Untuk mengatasi agar pengisian baterai tidak over (berlebihan) bahkan sewaktu ditinggal tidur atau melakukan aktivitas lainnya, maka ada cara yang sangat sederhana yang bisa sahabat lakukan. Caranya adalah dengan menggunakan stop kontak yang ada timernya. Ada 2 model jenis stop kontak yang ada timernya yaitu model digital dan juga analog. Meski berbeda modelnya, akan tetapi fungsinya adalah sama.
Jadi cara kerja dari stop kontak yang ada timernya adalah dengan cara Cas perangkat elektronik (laptop atau smartphone) dihubungkan dengan stop kontak yang ada timernya. Selanjutnya stop kontak tersebut dihubungkan ke sumber tegangan listrik, kemudian atur (akan berfungsi berapa jam atau menit) timer waktunya.

Setelah diatur, tentu saja sahabat tidak perlu khawatir lagi ketika meninggalkan perangkat elektronik (seperti laptop dan smartphone) dalam keadaan di cas. Bahkan ketika sahabat tinggal untuk istirahat malam (tidur) pun saya jamin perangkat elektronik yang sahabat cas akan tetap aman karena otomatis aliran listrik akan terputus sesuai dengan timer yang sudah diatur.

Untuk mendapatkan stop kontak yang sudah terpasang timernya, sahabat bisa mendapatkannya di situs jual beli online di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, Lazada, dan lain sebagainya dengan harga yang cukup terjangkau. Semoga membantu dan bermanfaat ...

Cara Aman Cas (Isi Daya) Laptop & HP Meski Ditinggal Tidur