Akibat Jika Tagihan Kartu Halo Tidak Dibayar

Telkomsel memiliki 2 jenis kartu yang ditawarkan kepada pelanggannya yaitu kartu pascabayar dan kartu prabayar. Kartu Halo adalah produk dari kartu pasca bayar yang ditawarkan oleh telkomsel, sedangkan produk dari kartu prabayar yang ditawarkan oleh telkomsel adalah kartu As, Simpati, dan Loop. Perbedaan yang paling kelihatan dari kartu Prabayar dan kartu Pascabayar adalah cara pembayarannya.

Kalau kartu prabayar, sahabat harus isi pulsa terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan telepon, SMS, dan Internet. Maka, bila sahabat menggunakan kartu Halo, maka pembayarannya dilakukan setelah sahabat menggunakannya. Jadi setiap sebulan sekali akan ada tagihan dari telkomsel (tergantung dari penggunaan kartu pasca bayar) yang sahabat gunakan. Yang sering banyak ditanyakan adalah Bagaimana kalau tagihan kartu halo tidak dibayar?
Bila pengguna kartu prabayar kartunya akan hangus setelah masa tenggang berakhir, maka kartu halo juga bisa hangus (dinonaktifkan) bila tagihannya tidak dibayar. Tentu saja ada toleransi waktu yang diberikan oleh telkomsel untuk membayar tagihan tersebut. Bila waktu toleransi (kurang lebih 2 minggu) yang diberikan oleh telkomsel tidak dihiraukan pelanggan, dalam artian tetap tidak membayar tagihan, maka kartu Halo tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan, sms, dan internet, akan tetapi tetap bisa menerima telepon dan sms (mirip seperti masa tenggang dalam kartu prabayar).

Kartu halo akan dinonaktifkan bila dalam masa tenggang (kurang lebih satu bulan) pengguna kartu tetap tidak membayar tagihan, sehingga kartu tidak bisa digunakan lagi untuk melakukan panggilan ataupun menerima panggilan, dan layanan lainnya seperti SMS dan layanan internet. Jadi bila pelanggan kartu halo tidak membayar tagihan dalam beberapa waktu yang sudah saya sebutkan di atas, maka kartunya akan dinonaktifkan.

Selain kartunya dinonaktifkan, maka pelanggan tersebut akan ditetapkan oleh telkomsel sebagai orang yang memiliki tunggakan hutang kepada telkomsel. Artinya adalah bila suatu saat pelanggan tersebut akan membuat kartu Halo lagi, maka akan disuruh untuk membayar tagihannya terlebih dahulu (kalau tidak salah tagihan 3 bulan terakhir). Bila pelanggan tersebut tidak melunasi tagihannya, maka bisa dipastikan pelanggan tersebut tidak bisa membuat kartu Halo lagi.

Saran saya kepada para pengguna kartu halo adalah jangan sampai sengaja untuk tidak membayar tagihan kartu halo sampai kartu tersebut dinonaktifkan. Bagaimanapun juga yang namanya tagihan (hutang) harus dibayar, sehingga tidak merugikan salah satu pihak. Bila sahabat berniat untuk menutup kartu halo, sahabat bisa membaca tulisan saya sebelumnya [Cara berhenti berlangganan kartu halo]. Semoga membantu dan bermanfaat …

Akibat Jika Tagihan Kartu Halo Tidak Dibayar
  1. Mbak ini tagihannya cuma lewat telponkan gak nyampek dateng kerumah?? Kaya depkolektor. Soalnya saya baru make kartu halo selama satu bulan. Lalu saya kaget padahal yang sebulan blum saya bayar kok udah di kasih lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman dan sepengetahuan saya, hanya lewat pesan SMS atau panggilan telpon saja Kak. Belum pernah melihat kejadian yang nagih petugas telkomsel Kak hehehe...

      Hapus
    2. Takut ditagih dtng krumah ya..

      Hapus
    3. Saya menyarankan lebih baik menutup kartu Halo dibandingkan dengan memiliki Hutang (tagihan) Kak πŸ˜‚

      Hapus
    4. kak... apakah nanti ada penagihan datang ke rumah... jika tagihan kartu halo tidak di bayar berbulan bulan.. ?

      Hapus
    5. Sepengetahuan saya,hingga saat ini belum ada yang ditagih atau dicari ke rumah Kak 😊

      Hapus
  2. Ka kalo misalnya ga dibayar2 tagihannya. Ada kena charge ga sih dr nmr yg pascabayar tiap bulanny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya charge = biaya tambahan (denda)? Tidak ada denda Kak kalau telat bayar tagihan kartu Halo. Hanya saja kalau tagihannya tidak dibayar berbulan-bulan, kartunya akan dinonaktifkan sampai tagihannya dibayar. Kalau tetap tidak dibayar, namanya Kak Novput akan masuk blacklist telkomsel. Artinya ketika suatu saat akan membuat kartu Halo lagi, maka akan disuruh melunasi tagihan kartu Halo yang belum di bayar sebelumnya Kak ☺

      Hapus
  3. Cara membayar tagihan kartu halo gimana?? Bisa tidak bayar lewat BRI link

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah Kak. Bisa lewat kantor Pos, Lewat ATM, LinkAja, OVO, DANA, dan masih banyak lagi (untuk lengkapnya silakan tulisan saya lainnya di blog ini). Kemungkinan bisa bayar kartu Halo dengan BRI Link Kak. Bahkan biasanya penjual pulsa pun bisa melakukannya Kak.

      Hapus
  4. Kak ini maksudnya di blacklist saat akan mendaftar kartu halo lagi apa kalau mendaftar beli kartu prabayar (belum/bukan kartu halo) di konter² pulsa juga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman yang saya krtahui, hanya ketika akan membuat kartu Halo lagi Kak.

      Hapus
  5. Bila tidak dibayar,apakah kena bi checking buat planggan

    BalasHapus
  6. Saya baru bayarkan tagihan kartu halo ibu saya pakai DANA, tapi masih blm bisa langsung digunakan karena sebelumnya over limit penggunaan. Apakah saya harus lapor dlu untuk diaktifkan kembali penggunaan kartu halo nya atau otomatis sistem akan cek sendiri, tinggal ditunggu waktu saja sampai bisa dipakai lagi?? Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kuota dalam paket masih tersedia, ya bisa langsung digunakan setelah pembayaran melalui DANA sudah berhasil Kak. Cek di MyTelkomsel tentang status pembayaran tagihan & kuota yang dimiliki Kak.

      Hapus
  7. Kak bagaimana caranya mengurangi batas penggunaan kartu halo...
    Misalnya biasanya perbulan 130rb jadi 100rb gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung hubungi CS Telkomsel melalui 188 untuk menurunkan limit penggunaan Kak 😊

      Hapus
  8. Tanya mbak,,ini kejadian ortu saya yang beralih ke kartu halo karna di hubungi oleh seles telkomsel dengan iming iming pengunaan yang lebih hemat,,singkat cerita tergiur ortu saya untuk beralih ke kartu halo tersebut,,bulan pertama pembayaran normal karna masih di limit 150rb kata ortu saya,,nah masuk ke bulan ke2 pemakaian memang lebih banyak karna lagi ada keperluan limit 150 itu pun terpakai habis ortu saya menghubungi pihak telkomsel dan di naikan limit nya ke 200 atau 250 gitu,,nah di bulan ke2 itu pembayaran masih sesuai tagihan,,masuk ke bulan ke3 ortu saya bayar sesuai tagihan lagi tapi ga lama ada tagihan lagi 250rban yang padahal baru beberapa hari di bayar dan belum pemakaian sama sekali karna lagi sering pake xl,,ke grapari lah ortu saya mau tutup kartu halo tersebut,,eh sampai grapari malah kalo mau tutup nomer di suruh melunasi tagihan 600rb dijelasin sih ke ortu saya tapi karna agak gaptek jadi kurang paham untuk apa apa nya,,yang saya tanyakan itu kan kita ga pakai dan terahir yang kita pakai itu sudah di bayar tapi kenapa pas mau nutup ada tagihan yang waw gitu,,kalo saya diamkan saja gimana??kalo saya bayarkan saya dirugikan dong kan ortu saya ga pake tau tau tagihan aja,,,mungkin mbak/ibu lebih paham bisa memberikan solusi,,maaf kepanjangan terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya, biaya 600rb itu adalah biaya Penalty Kak. Jadi biaya penalty adalah biaya yang harus dibayarkan oleh pelanggan karena menutup kartu Halonya sebelum masa kontraknya berakhir Kak. Semisal kontraknya 6 bulan dengan biaya bulanan (abonemen) 100rb/bulan. Kebetulan setelah memakai kartunya 2 bulan, pengguna kartu Halo tersebut ingin menutupnya, maka akan dikenakan biaya penalty 4 bulan Kak. Jadi ketika ingin menutupnya akan kena biaya penalty 4 x 100rb + PPN 10% = 440 Ribu. Jadi saran saya, pakai kartu Halonya sampai masa kontraknya habis dulu, baru kartunya ditutup Kak.

      Hapus
    2. mbak...tanya...klo misal deposit 3 bulan itu termasuk kontrak gak (deposit 330/gold)....saya mau non aktifkan juga kartu halo ini...klo di di my billing ter tulis minus (-256.032) apakah itu tagihan berjalan,,atau deposit yg terpotong

      Hapus
    3. Kalau kontrak, biasanya sudah disebutkan di awal ketika menyetujui pembuatan kartu Halo Kak.

      Jadi uang deposit 330rb (3 bulan) itu dengan asumsi bahwa setiap bulannya, Kakak hanya menghabiskan paket 100rb + PPN 10% tanpa pemakaian tambahan.

      Kalau pemakaiannya lebih, maka tentu saja tidak sampai 3 bulan, depositnya sudah habis.

      Jujur saja saya kurang tahu kalau masalah deposit Kak. Saya belum pernah mengalami deposit soalnya😁 Kalau di halaman utama mytelkomsel -256.032, menurut saya depositnya masih sisa 256.032 Kak. Untuk lebih jelasnya, Kakak bisa hubungi CS Kartu Halo kalau masalah billing yg minus Kak.

      Hapus
  9. Saya mau tanya mba, saya baru pake kartu hallo kick 60 rb berlangganan,baru pake 1 bulan,terus saya mau berhenti berlangganan, apa ttp kena pinalti?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung waktu Kakak membuat kartu Halo ada paket promonya tidak Kak? Biasanya kalau ada promonya, berarti ada kontraknya. Minimal kontrak biasanya 3 Bulan - 12 Bulan. Kalau masih dalam masa kontrak, berarti harus bayar biaya penalty Kak :)

      Hapus
    2. Ada paket promo nya mba, tapi klo ga di bayar selama lebih dari 1 bulan ga kan ada denda ya?

      Hapus
    3. Tidak ada denda Kak, paling nomornya hanya akan dinonaktifkan layanan telp, sms, dan datanya (seperti masa tenggang kalau dalam nomor prabayar) 😁

      Hapus
  10. Sya heran wktu daftar byar 110rb otomtis pket halo udh aktf tp bln berikutny udh byar lg brart kn sma aj boong udh gtu wktu diawal bilangny paket 100rb tp kdng tagihan 200rb lbh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tagihan itu tergantung dari penggunaan Kak. Kalau pengalaman saya, kalau hanya daftar pertama kali tidak bayar Kak 😊

      Hapus
  11. Saya mau tanya kartu halo saya hilang tapi kemaren ko ada yang nagih ya kerumah katanya harus bayar 2 bulan terakhir sebesar 600 rbu lebih kalo tdk dibayar gmn yaa..??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru kali ini saya dengar ada yang didatangi kerumahnya karena tagiahn kartu halo hehehe...

      Kalau tidak dibayar, nomornya akan dinonaktifkan, dan akan kena Blacklist Kak. Maksudnya adalah, apabila suatu saat nanti ingin membuat kartu Halo lagi dengan identitas yang sama, maka tidak akan diperbolehkan lagi oleh Telkomsel, kecuali kalau kakak mau membayar semua tagihan yang belum dibayarkan. Kalau saran saya, mending datang ke GraPARI kemudian minta kartu baru, atau menutup kartu tersebut dengan membayar tagihan terakhir.

      Hapus
  12. Jika saya kena blacklist kartu hallo krn kagihan blm dibayar dan no di tsk aktipkan apalah bisa pake kartu selain hallo ,simpati lainya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya saya kesulitan memahami pertanyaannya 😊, tapi saya akan coba jawab Kak. Jadi semisal kena blacklist kartu Halo, nomor prabayar lainnya seperti Nomor Kartu As, Simpati, dan Loop masih bisa digunakan Kak 😊

      Hapus
  13. Jika kartu halo saya sudah ada sms diblok total itu bagaimana kak sebulan tagihan nya belum dibayar kalo nggk langsung ditutup apakah tagihanya setiap bulan akan tetap berjalan atau sudah sebulan itu saja. Mohon penjelasan nya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak langsung ditutup, total tagihan bisa sampai 3 bulan Kak. Jadi kalau ingin menutup, segera datang ke GraPARI dan lunasi tagihan terakhirnya Kak.

      Hapus
  14. Minta saran kak, saya baru pindah mutasi dari simpati ke halo terus setelah baca comentar pada ngeri, di sini saya mau tanya sama solusinya kak kalo saya pake buat bulan pertama aja terus kedepanya ga pakai lagi apakah tagihannya terus bertambah tiap bulannya sampe kontaknya selesai 6 bulan, terus apakah no saya bisa di mutasi lagi ke simpati(prabaya) terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor yang sudah berubah menjadi kartu pascabayar tidak bisa dirubah lagi menjadi kartu prabayar Kak. Kalau kontraknya 6 bulan, semisal ingin menutupnya maka harus membayar semua tagihan sampai dengan 6 bulan meski baru menggunakan 1 bulan Kak.

      Hapus
  15. Satu lagi kak tdi saya kata csnya masuk promo 6 blm tpi pas di cek di myTelkomsel pemakaian saya ga ada promo sama tanda tanda saya promo 6 blm ga ada, apakah saya masuk promo atau ga laki ga saya mau berhenti aja,makasi minta sarannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Info dari CS yang lebih Valid Kak. Biasanya waktu migrasi kartu Halo diinformasikan sebelumnya oleh sales Telkomsel bahwa ada masa kontrak selama sekian bulan 😊

      Hapus
  16. Terus kak saya liat di mytelomsel batas limitnya 200rb
    apakah bisa di turunkan lagi seminim mungkin kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung paketnya sekarang (yang terikat dengan kontrak) biaya bulanannya berapa Kak? Untuk menurunkan limit penggunaan kartu Halo bisa langsung menghubungi CS nya Kak. Sebenarnya asalkan bisa ngatur penggunaan kartu Halo, tanpa limitpun juga ga masalah Kak 😊

      Hapus
    2. Makasih kak bagi bagi infonya, terus 1 pertanyaan terakhir limit yg paling minimun berapa? Sama maksud tanpa limit nanti bayarnya sesui pemakaiana apa gimana kak?

      Hapus
    3. Sepengetahuan saya, limit paling kecil penggunaan karru Halo Telkomsel adala 100.000 Kak.

      Kalau maksudnya tanpa limit itu ya tidak dibatasi penggunaan pulsanya Kak.

      Semisal kartu halo yang digunakan tidak ada limitnya. Trus penggunaan Kartu Halo juga menghabiskan 80Rb saja, maka bayarnya ya tetap saja 80rb πŸ˜€

      Hapus
    4. Ok makasih ka, berarti semisal saya ga pake limit terus ga ke pake sama sekali atau kepake 30 ribuan, saya bayar 30 ribu kak? Atau ga pake limit ada minimal bayarnya, soalna saya pake 2 kartu sekarang kak yg kartu halo ga kepake 100 persen, cuma kartu halo saya buat Nerima telpon dari orang, maaf banyak nanya kak

      Hapus
    5. Kalau Kartu Halo ada abonemennya Kak. Jadi meski kartu dipakai atau tidak dipakai, dikasih limit atau tidak dikasih limit, maka akan tetap ada biaya bulanannya.

      Semisal Kakak memakai kartu Halo Kick 60rb, maka biaya bulanannya minimal 60rb + 6rb (PPN 10%). Kalau ada pemakaian 30rb, maka biaya tagihannya adalah Rp 60rb + 30rb + 9rb (PPN) = 99rb Kak.

      Jadi intinya, kartu Halo selalu ada biaya bulanan meski dipakai ataupun tidak pernah dipakai Kak.

      Hapus
  17. Izin tanya,kartu halo saya sudah dinonaktifkan karena belum bayar tagihan, apakah masih bisa diaktifkan lagi jika dibayar dan bayarnya harus ke grapari yaa makasih pemakaian udah dari bulan agustus bisa dimutasi ke kartu prabayar lagi gak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bayarnya tidak harus ke GraPARI Kak. Yang penting dibayar semua tagihannya, otomatis kartunya akan aktif kembali Kak. Kalau ingin merubah kartu pascabayar (Halo) menjadi kartu prabayar tidak bisa Kak.

      Hapus
    2. Oh gak usah, bayar di atm atw alfamart juga bisa langsung otomatis aktif lagi yaa Duh sayang bgt padahal kartunyyaadah lama saya pake klu tutup berlangganan,Maaf kakak evy berlangganan kartu halo brp lama, skarang masih ?

      Hapus
    3. Kartu halo saya posiai udah nonaktif, apakah paket masih dikirim ?

      Hapus
    4. Kuota gak bisa dipake jadi pembayaran doble dong yahh? Maaf kakak akunya banyaknanya

      Hapus
    5. Dulu saya memakai 1 tahun lebih Kak, kemudian saya menutupnya setelah masa promo (12 bulan) + pemakaian normal. Tapi dulu saya langsung membuat kartu Halo (bukan migrasi) dari kartu prabayar ke kartu pascabayar. Jadi sekarang saya tidak menggunakannya Kak. Sepengetahuan saya setelah 3 bulan tidak bayar tagihan, maka kartu akan dinonaktifkan dan di blacklist Kak.

      Hapus
  18. Ka mau nanyak. Saya terakhir pakai kartu hallo saya pertengahan bln 12. Nah setelah itu saya ganti nomor baru, karna nomor hallo saya hilang. Saya pikir sama seperti no biasanya, gk dpakai maka akan diblokir itu nomor. Eh bulan depan nya, ada petugas kartu halo dtg kerumah, kasih amblop tagihan saya dari bln 12 dan bln 1. Padahal itu nomor sdh gk aktif lagi dari bln 12 dan gk dipakai juga .. menurut kaka apakah tagihan akan terus dan bertambah datang kerumah dgn amblop ya ka???? Walau nomor sdh hilang, dan gk pernah ada pemakaian lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenarnya ketika ada petugas kartu Halo mendatangi rumah untuk menagih penggunaan kartu Halo sangat jarang terjadi Kak πŸ˜€

      Jadi kartu Halo itu meski dipakai atau tidak dipakai, maka tagihan akan jalan terus Kak. Nanti pada tagihan ke-3 akan diblokir nomornya dan identitas dari pemilik kartu Halo akan di Blacklist.

      Makanya saya selalu menyarankan kalau tidak ingin menggunakan kartu Halo lagi, maka lebih baik menutupnya saja. Saran saya, kalau memang ada petugas yang mencari ke rumah, silakan ditutup saja kartunya Kak.

      Untuk menutupnya, datang ke grapari dengan membawa KTP dan juga membawa uang guna pembayaran tagihan kartu Halo yang belum dibayarkan Kak 😊

      Hapus
  19. kak. 3 hari lalu saya dapat telpon CS menawarkan migrasi kartu halo, saya malah mengiyakan saja karena tergiur promo2 menarik. saya ditawarkan kontrak 3 bulan dengan biaya perbulan 110k dapat 10GB dan bonus 10GB, total 20GB.

    hari ini dapat sms kartu halo saya sudah aktif. ketika saya cek di aplikasi memang benar saya dapat 10GB entertainment, 8GB internet promo dan 2GB internet. tapi dibawahnya ada tulisan "expired in 4 days". apakah kuota ini hanya berlaku selama 4 hari? dan lagi, baru aktif hari ini pemakaian saya tercatat sudah Rp 16.129. mohon pencerahannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang ada tulisannya Expired in 4 days, berarti kuota tersebut memang akan segera habis masanya setelah 4 hari lagi Kak. Tenang saja Kak, meski dapatnya hanya 4 Hari, tagihan pertamanya tidak full 30 Hari (110 Ribu), akan tetapi hanya sedikit saja (karena hanya 4 hari masa berlaku kuotanya).

      Untuk pemakaiannya yang mencapai Rp 16.129, kemungkinan pemakaian selain internet Kak. Apakah Kak Shifa tidak mendapatkan kuota nelpon dan SMS? Apakah hari ini Kakak melakukan panggilan nelpon dan SMS?

      Hapus
    2. berarti masa kontrak yang 3 bulan itu terhitung dari hari ini atau setelah 4 hari kedepan kak? pengen cepet berhenti pascabayar aja rasanya, pengen ganti ke by.u hehe

      dapat kak 100 min nelpon dan 200 sms sesama telkomsel, tapi karna baru aktif tadi siang belum saya pakai selain internet untuk nyari2 info tentang pascabayar ini

      Hapus
    3. Jadi setelah 4 Hari, sudah terhitung 1 Bulan Kak. Jadi 2 Bulan lagi, Kak Shifa sudah bisa menonaktifkan kartu halonya di GraPARI (tanpa kena penalty). Untuk pemakaian yang 16.129 itu, udah biarkan saja kak, yang jelas nanti bayar tagihan pertama, prediksi saya tidak sampai 50 Ribu, atau mungkin malah hanya sekitar 20-30 Ribu saja. Yang penting gunakan saja kuota yang ada dengan bijak kak, Insya Alloh tagihannya aman terus dan bisa terkendali :)

      Hapus
    4. baik. terimakasih kak evy atas infonya, saya sudah baca hampir semua artikel kakak tentang telkomsel, terutama pascabayar ini. sangat membantu, sukses terus ya kak :)

      Hapus
    5. Aamiin.

      Alhamdulillah...
      Sama-sama Kak Shifa, semoga Kakak juga selalu senantiasa diberi kemudahan. Oh iya Kak, kalau sinyal yang paling bagus adalah telkomsel, maka by.U adalah kartu prabayar telkomsel yang saat ini saya rekomendasikan kak ;)

      Hapus
  20. mau tanya saya kn lupa bayar tagihan,trakhir tgian tgl kmren 30/01/20. Nah hri ini saya sudah bayar tgianya tpi knpa internetnya tetep gx bisa y,,apa saya hrus ke grapari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba HP nya direstart dulu Kak. Kalau internetnya tetap tidak bisa digunakan, maka hubungi vs Telkomsel melalui 188 saja Kak. Jadi tidak perlu datang ke GraPARI 😊

      Hapus
  21. Ka saya bayar tagihan bln desember 10 january d alfamart. Da sekarang ada tagihan bln january jd double karena pembayaran bulan sebelum.ny enggk masuk k telkomsel liat d e-bill ny.
    Saya telfon telkomsel katanya harus ke alfa yg sebelum.ny bayar. Dan waktu itu struk gak muncul dan sms pembayaran sudah masuk tapi tdk sampai ke telkomsel. 2 hari lagi kartu saya akan d blokir sedangkan pembayaran d alfamart sama indomaret gak bisa lagi ada gangguan.
    Ibarat.ny saya harus ttp bayar 2 bulan.
    Kalw mau tutup syarat.ny apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau tutup kartu Halo, datang ke GraPARI dengan membawa KTP dan membayar tagihan yang belum di bayar Kak. Hanya itu saja syaratnya.

      Hapus