Akibat Jika Tagihan Kartu Halo Tidak Dibayar

Telkomsel memiliki 2 jenis kartu yang ditawarkan kepada pelanggannya yaitu kartu pascabayar dan kartu prabayar. Kartu Halo adalah produk dari kartu pasca bayar yang ditawarkan oleh telkomsel, sedangkan produk dari kartu prabayar yang ditawarkan oleh telkomsel adalah kartu As, Simpati, dan Loop. Perbedaan yang paling kelihatan dari kartu Prabayar dan kartu Pascabayar adalah cara pembayarannya.

Kalau kartu prabayar, sahabat harus isi pulsa terlebih dahulu untuk bisa menggunakan layanan telepon, SMS, dan Internet. Maka, bila sahabat menggunakan kartu Halo, maka pembayarannya dilakukan setelah sahabat menggunakannya. Jadi setiap sebulan sekali akan ada tagihan dari telkomsel (tergantung dari penggunaan kartu pasca bayar) yang sahabat gunakan. Yang sering banyak ditanyakan adalah Bagaimana kalau tagihan kartu halo tidak dibayar?
Bila pengguna kartu prabayar kartunya akan hangus setelah masa tenggang berakhir, maka kartu halo juga bisa hangus (dinonaktifkan) bila tagihannya tidak dibayar. Tentu saja ada toleransi waktu yang diberikan oleh telkomsel untuk membayar tagihan tersebut. Bila waktu toleransi (kurang lebih 2 minggu) yang diberikan oleh telkomsel tidak dihiraukan pelanggan, dalam artian tetap tidak membayar tagihan, maka kartu Halo tidak bisa digunakan untuk melakukan panggilan, sms, dan internet, akan tetapi tetap bisa menerima telepon dan sms (mirip seperti masa tenggang dalam kartu prabayar).

Kartu halo akan dinonaktifkan bila dalam masa tenggang (kurang lebih satu bulan) pengguna kartu tetap tidak membayar tagihan, sehingga kartu tidak bisa digunakan lagi untuk melakukan panggilan ataupun menerima panggilan, dan layanan lainnya seperti SMS dan layanan internet. Jadi bila pelanggan kartu halo tidak membayar tagihan dalam beberapa waktu yang sudah saya sebutkan di atas, maka kartunya akan dinonaktifkan.

Selain kartunya dinonaktifkan, maka pelanggan tersebut akan ditetapkan oleh telkomsel sebagai orang yang memiliki tunggakan hutang kepada telkomsel. Artinya adalah bila suatu saat pelanggan tersebut akan membuat kartu Halo lagi, maka akan disuruh untuk membayar tagihannya terlebih dahulu (kalau tidak salah tagihan 3 bulan terakhir). Bila pelanggan tersebut tidak melunasi tagihannya, maka bisa dipastikan pelanggan tersebut tidak bisa membuat kartu Halo lagi.

Saran saya kepada para pengguna kartu halo adalah jangan sampai sengaja untuk tidak membayar tagihan kartu halo sampai kartu tersebut dinonaktifkan. Bagaimanapun juga yang namanya tagihan (hutang) harus dibayar, sehingga tidak merugikan salah satu pihak. Bila sahabat berniat untuk menutup kartu halo, sahabat bisa membaca tulisan saya sebelumnya [Cara berhenti berlangganan kartu halo]. Semoga membantu dan bermanfaat …

Akibat Jika Tagihan Kartu Halo Tidak Dibayar
  1. Mbak ini tagihannya cuma lewat telponkan gak nyampek dateng kerumah?? Kaya depkolektor. Soalnya saya baru make kartu halo selama satu bulan. Lalu saya kaget padahal yang sebulan blum saya bayar kok udah di kasih lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berdasarkan pengalaman dan sepengetahuan saya, hanya lewat pesan SMS atau panggilan telpon saja Kak. Belum pernah melihat kejadian yang nagih petugas telkomsel Kak hehehe...

      Hapus
    2. Takut ditagih dtng krumah ya..

      Hapus
    3. Saya menyarankan lebih baik menutup kartu Halo dibandingkan dengan memiliki Hutang (tagihan) Kak 😂

      Hapus
  2. Ka kalo misalnya ga dibayar2 tagihannya. Ada kena charge ga sih dr nmr yg pascabayar tiap bulanny?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya charge = biaya tambahan (denda)? Tidak ada denda Kak kalau telat bayar tagihan kartu Halo. Hanya saja kalau tagihannya tidak dibayar berbulan-bulan, kartunya akan dinonaktifkan sampai tagihannya dibayar. Kalau tetap tidak dibayar, namanya Kak Novput akan masuk blacklist telkomsel. Artinya ketika suatu saat akan membuat kartu Halo lagi, maka akan disuruh melunasi tagihan kartu Halo yang belum di bayar sebelumnya Kak ☺

      Hapus
  3. Cara membayar tagihan kartu halo gimana?? Bisa tidak bayar lewat BRI link

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah Kak. Bisa lewat kantor Pos, Lewat ATM, LinkAja, OVO, DANA, dan masih banyak lagi (untuk lengkapnya silakan tulisan saya lainnya di blog ini). Kemungkinan bisa bayar kartu Halo dengan BRI Link Kak. Bahkan biasanya penjual pulsa pun bisa melakukannya Kak.

      Hapus