Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel

Bagi sahabat yang pernah mengalami sinyal yang tidak stabil (kadang ada dan kadang hilang), tentu saja hal tersebut sangat mengganggu aktivitas sahabat dalam berkomunikasi baik itu ketika menggunakan layanan telepon, SMS, dan juga internet. Seperti yang sudah saya pernah bahas sebelumnya bahwa ada beberapa kelas jaringan seluler yang bisa sahabat manfaatkan untuk bisa melakukan komunikasi, yaitu G, 2G, 3G, 4G, dan 5G. Untuk jaringan 5G sudah pernah dilakukan uji coba oleh Telkomsel (saat pesta olahraga Asean Games 2018 di Jakarta), dan kedepannya pasti akan segera disebarluaskan keseluruh pelosok Indonesia.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara agar sinyal telkomsel sahabat menjadi kuat dan stabil. Cara yang akan saya bagikan ini bersifat umum, artinya adalah bahwa cara ini bukan hanya bisa digunakan oleh para pengguna telkomsel saja, melainkan bisa digunakan untuk memperkuat sinyal operator seluler lainnya seperti Indosat im3 ooredoo, XL, Axis, Tri, dan lain sebagainya. Ada 2 cara yang bisa sahabat gunakan untuk memperkuat sinyal hp sahabat, yaitu (1) dengan merubah settingan di dalam HP dan (2) dengan menambah perangkat keras di HP.

Penyebab sinyal lemah & Solusinya
Ada beberapa hal yang menyebabkan sinyal sering putus atau kurang lancar di HP sahabat. Sehingga dengan mengetahui penyebabnya, diharapkan solusi yang saya berikan melalui tulisan ini bisa mengatasi permasalahan yang sahabat alami. Jangkauan sinyal (Transmiter) yang dipancarkan oleh penyedia jasa layanan telekomunikasi terlalu jauh, sehingga menyebabkan sinyal yang diterima mudah hilang karena noise (gangguan). Solusinya adalah dengan cara menambahkan antenna penguat yang bisa sahabat pasang di luar rumah dan ada juga stiker penguat sinyal yang bisa sahabat tempelkan di HP sahabat.

Ruangan yang sahabat pakai terlalu rapat dan kedap sinyal juga bisa menyebabkan sinyal menjadi sering hilang. Bila ruangan tersebut adalah gedung (bukan milik anda) maka yang perlu sahabat lakukan untuk mendapatkan sinyal terbaik adalah dengan keluar sejenak dari ruang tersebut ke ruangan yang lebih terbuka. Sedangkan apabila ruangan yang terlalu rapat dan kedap sinyal yang sahabat tempati adalah rumah anda pribadi, maka saya lebih menyarankan untuk memasang antena penguat sinyal yang bisa sahabat pasang di luar rumah. Selain hal tersebut, dengan stiker penguat sinyal, mungkin bisa sedikit membantu sahabat yang memiliki permasalahan tersebut.

Pengaturan/ Setting jaringan di HP juga bisa menyebabkan sinyal menjadi tidak stabil. Secara default pengaturan jaringan di HP adalah 4G/3G/2G (bahasa dan penulisan yang digunakan masing-masing merk HP berbeda-beda). Intinya adalah bahwa HP akan otomatis merubah sinyalnya bila mendapatkan sinyal terbaik. Sebagai contoh, semisal sahabat pindah dari tempat satu yang sebelumnya mendapatkan sinyal 4G, kemudian pindah ketempat lain, selanjutnya hanya mendapatkan sinyal 2G. Hal tersebut menunjukkan bahwa sinyal sudah berganti otomatis dari yang sebelumnya adalah 4G kemudian berubah menjadi 2G.

Pengaturan jaringan HP (mobile) dengan model otomatis bisa berpotensi sinyal akan berganti-ganti sendiri yang menyebabkan pada waktu pergantian tempat tersebut, sinyal akan menjadi putus (meski hanya sebentar). Solusi untuk HP yang sinyalnya tidak stabil karena permasalahannya adalah karena model pemilihan jaringannya otomatis adalah dengan menggunakan pengaturan manual. Sebagai contoh 4G only, 3G only, 2G only. Settingan tersebut disesuaikan dengan kekuatan sinyal di daerah yang anda tempati, sehingga sinyal akan cenderung stabil dan tidak berubah-ubah.

Untuk memperkuat sinyal dengan merubah settingan di dalam HP bisa digunakan 2 cara yaitu dengan langsung melakukan pengaturan Jaringan / Setting Network yang berada di pengaturan HP sahabat dan menggunakan Aplikasi yang tersedia di Playstore. Untuk pengaturan di HP, silakan sahabat masuk ke Setting (Pengaturan) – Mobile Network (Jaringan) – Network Mode (model jaringan) – pilih jaringan yang paling sesuai dengan tempat sahabat.

Untuk mengatur jaringan dengan menggunakan aplikasi android, sahabat bisa memanfaatkan aplikasi 4G switcher. Untuk cara penggunaannya sahabat bisa baca tulisan saya sebelumnya [Cara Mudah Mengunci Sinyal]. Sebagai alternative lain, sahabat juga bisa menggunakan aplikasi lainnya yaitu Signal Guard Pro yang bisa sahabat download di playstore. Semoga membantu dan bermanfaat …

Cara Memperkuat Sinyal Telkomsel