Beranda
Android
Internet
Cara Mudah Mengunci Sinyal 4G dengan cepat
Bila sahabat adalah pengguna smartphone yang sudah mendukung jaringan 4G tentu saja ingin selalu mendapatkan sinyal super cepat tersebut. HP yang beredar sekarang ini seperti Samsung, Oppo, Asus, Xiaomi, Vivo, Motorola, dan lain sebagainyarata-rata sudah mendukung sinyal 4G. Bukan hanya HP dengan harga 1 Juta ke atas, bahkan harga dengan harga 600 ribuan saja sudah mendukung sinyal 4G.

Untuk mengunci atau lock 4G di HP caranya cukup mudah yaitu dengan menggunakan aplikasi 4G Switcher. Aplikasi ini bisa sahabat dapatkan dengan gratis dengan mendownloadnya di Google Playstore melalui smartphone sahabat. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Download aplikasi 4G switcher di playstore, selanjutnya tunggu sampai aplikasi tersebut terpasang di HP sahabat.
  2. Buka aplikasi 4G switcher, kemudian buka "Set Prefererred Network Type:"
  3. Pada "Set Preferred Network Type:" pilih LTE only
  4. Sekarang HP sahabat sudah mengunci sinyal 4G. Dengan begitu, selama hp sahabat menjangkau sinyal 4G maka hanya sinyal 4G yang akan terpasang di smartphone sahabat. Semisal di daerah sahabat hanya terdapat sinyal 2G atau juga 3G maka HP sahabat tidak akan mendapatkan sinyal internet. Sehingga bila tidak mendapatkan sinyal 4G maka sahabat bisa mengubahnya ke settingan lainnya.

Ada beberapa HP yang sudah menyediakan fitur 4G ony (Lock 4G), akan tetapi pada umumnya hp yang sekarang beredar di pasaran tidak menyediakan fitur 4G only. Sebagai contoh HP Xiaomi Mi Max saya hanya menyediakan 3 pilihan saja yaitu Prefer LTE, Prefer 3G, dan 2G only (saves battery).
  • Prefer LTE artinya adalah bila ada sinyal 4G yang kuat maka akan diutamakan hp sahabat mendapatkan sinyal 4G, tetapi kalau sinyal 4G nya dirasa lemah maka akan berpindah ke jaringan lainnya seperti 3G dan juga 2G.
  • Prefer 3G artinya adalah hp sahabat akan diutamakan mendapatkan sinyal 3G. Meski ditempat saudara mendapatkan sinyal 4G, tetap saja dengan pengaturan seperti itu maka sahabat tidak akan mendapatkan sinyal 4G. Jadi dengan pengaturan 3G prefer maka hp sahabat hanya akan mendapatkan sinyal 3G ataupun 2G saja.
  • 2G only (saves battery) artinya hp sahabat hanya akan mendapatkan sinyal 2G meski di tempat sahabat mendapatkan sinyal 3G dan juga 4G. Dengan settingan tersebut maka battery sahabat akan lebih awet dan tahan lama karena konsumsi daya sinyal 2G memang paling rendah dibandingkan dengan 3G dan 4G. Semoga membantu dan bermanfaat...

Penulis blog

Tidak ada komentar