Mengenal Penalti Kartu Halo Telkomsel

Apa itu penalty kartu halo? Istilah penalti bukan hanya digunakan di pertandingan sepak bola saja, tetapi istilah tersebut juga berlaku dalam penggunaan kartu halo telkomsel. Kalau dalam sepak bola, penalti diberikan karena adanya pelanggaran seperti handball dan pelanggaran yang terjadi di dalam kotak penalti, maka kalau dalam kartu halo, penalti diberikan kepada pelanggan yang ingin keluar (berhenti berlangganan) dari kesepakatan awal. Biasanya penalti diberikan kepada pelanggan kartu halo yang mengikuti sebuah promo yang ditawarkan oleh telkomsel.
penalti-promo-paket-kartu-halo
Contoh promo paket kartu halo telkomsel
Agar lebih mudah dalam memahami penalti dalam kartu halo, maka akan saya berikan contoh kasus penalti yang diberikan kepada pengguna kartu halo. Suatu hari saya melihat informasi ada promo kartu halo yang menawarkan paket yang sangat murah yaitu dengan biaya 100ribu perbulan akan mendapatkan kuota internet 2GB+20GB, kuota nelpon 100 Menit, dan kuota 100 SMS. Setelah saya tanyakan kepada salesnya ternyata penawaran tersebut adalah promo yang berlaku 6 bulan, dan setelah 6 bulan maka akan kembali ke tarif normalnya yaitu promo kuota 20GB nya akan hilang.

Selanjutnya setelah saya pikir-pikir tarif tersebut sangat murah, saya memutuskan untuk berlangganan kartu halo tersebut. Setelah memakai selama 4 bulan, kebetulan saya harus pergi kesuatu daerah terpencil selama kurang lebih satu tahun yang kebetulan tidak terdapat sinyal telkomsel, sehingga saya berencana untuk menutup kartu halo saya karena bila tidak saya tutup maka saya harus membayar tagihannya terus meski saya tidak menggunakannya.

Untuk menutup kartu halo, saya datang ke Grapari telkomsel. Disana saya menjelaskan alasan saya kenapa saya ingin menutup kartu halo tersebut. Selanjutnya sama petugas, saya disuruh membayar tagihan saya bulan ke-4 dan juga biaya penalti 2 bulan yaitu 2 x 100rb+PPN 10%. Dari kasus tersebut dapat diketahui bahwa saya terkena penalti 2 bulan karena saya sudah memakai kartu tersebut 4 bulan, sedangkan kontrak saya memakai kartu tersebut adalah 6 bulan (karena promo).

Apabila saya menutup kartu halo tersebut pada pemakaian bulan ke-6 atau yang lebih lama maka saya tidak akan terkena penalti. Jadi penalti kartu halo hanya berlaku bila sebelumnya ada perjanjian kontrak antara telkomsel dengan pelanggan kartu halo itu sendiri. Kalau sahabat membuat kartu halo yang paket biasa (bukan promo), maka pada bulan ke-2 pemakaian kartu tersebut, sahabat sudah bisa menutupnya tanpa terkena penalti. Semoga membantu dan bermanfaat…

Mengenal Penalti Kartu Halo Telkomsel
  1. halo kak.. kmren sy jg ditawarkan promo halo kick 60k dgn kontrak selama 12bln, sy baru menggunakannya sekitar pertengahan mei, tetapi smpai skrg saat sy ingin cek tagihan statusnya selalu "tagihan sudah terbayar", sy bingung ntr takutnya malah jadi tagihan yg numpuk.. di app mytsel jg selalu tertera "pemakaian sementara 60rb" itu mksdnya gmna ya? mohon bantuannya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau status tagihan sudah terbayar ya tidak apa-apa Kak. Nunggu tagihan berikutnya saja ya...

      Kemudian maksud dari pemakaian sementara 60rb adalah pemakaian diluar paket Halo Kick 60K Kak. Jadi tagihannya besuk adalah 60rb (bulanan paket Halo Kick) + pemakaian saat ini 60rb = 120rb + 12 rb (PPN 10%) Kak. Dengan catatan pemakaian sementara tidak bertambah ya Kak.

      Semoga membantu.

      Hapus
    2. oke deh kak.. takutnya kan sy udh pakai kurang lebih 2 bln, tpi pas mau cek tagihan slalu begitu sy jdi was2.. iya selama ini pemakaian sy gk bertambah kok. makasi atas responnya��

      Hapus
  2. Kalo misalnya nomer sudah lama ga kepake trus hilang dan udah keblokir..kira2 sisa tagihan terakhir bakalan di tagih ke alamat rumah ga yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya hanya di blacklist saja Kak. Jadi kalau suatu saat Kakak akan membuat kartu Halo lagi, maka akan disuruh melunasi tagihannya untuk bisa membuat kartu Halo baru.

      Hapus
  3. Kak, kemarin saya mulai pakai Kartu Halo Kick 60rb dengan limit 100rb. Baru saya baca ada ketentuan di bawah : "Setelah periode berlangganan 12 bulan selesai, sebelum habis masa periode, pelanggan akan mendapat notifikasi untuk memperpanjang layanan berjangka atau tidak, apabila pelanggan tidak menjawab maka layanan akan diaktifkan sesuai paket berjalan tapi tidak terikat periode aktivasi paket berlangganan."

    Nah, yang mau saya tanyakan adalah :
    1. Tagihan yang harus saya bayarkan berarti yang limit (100rb) tadi bukan kak? Biarpun pemakain tidak sampai 100rb.
    2. Jika saya mau berhenti sebelum masa 12 bulan selesai apakah akan kena pinalti kak? Dan yang dihitung pinalti apakah yang 60rb atau yang limit 100rb?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. Tagihan yang Kakak bayarkan adalah tagihan yang Kakak gunakan saja. Cek penggunaannya melalui aplikasi MyTelkomsel ya Kak. Limit 100rb itu maksudnya tagihan Kakak tidak akan melebihi nominal 100rb Kak. Jadi kalau Kakak hanya menggunakan paketan Halo Kick (tanpa membeli paket lainnya) atau tambahan lainnya, ya bayarnya hanya 60rb + 6rb (PPN 10%) saja.

      2. Bila ingin berhenti sebelum 12 bulan, yang dihitung pinalti adalah 60rb + 6rb (PPN 10%) Kak.

      Saran saya adalah supaya kakak gunakan kartu halonya sampai kontraknya selesai, karena masih dapat promo paket murah dari kartu Halo. Setelah 12 bulan, baru ditutup saja atau lanjut ga masalah Kak. 😊

      Hapus
    2. Terimakasih kak..
      Alhamdulillah sangat membantu saya..
      Ini situs yang bagus dan baik, langsung dibalas.
      Semoga kakak senantiasa diberikan kelancaran rezeki dan kesehatan oleh Allah SWT.
      Sukses untuk kakak dan situsnya.

      Hapus
    3. Aamiin.
      Sama-sama Kak...
      Semoga Kakak juga senantiasa diberikan kemudahan oleh Alloh dalam segala hal.

      Hapus