Beranda
Kartu Halo
Mengenal Penalti Kartu Halo Telkomsel
Apa itu penalty kartu halo? Istilah penalti bukan hanya digunakan di pertandingan sepak bola saja, tetapi istilah tersebut juga berlaku dalam penggunaan kartu halo telkomsel. Kalau dalam sepak bola, penalti diberikan karena adanya pelanggaran seperti handball dan pelanggaran yang terjadi di dalam kotak penalti, maka kalau dalam kartu halo, penalti diberikan kepada pelanggan yang ingin keluar (berhenti berlangganan) dari kesepakatan awal. Biasanya penalti diberikan kepada pelanggan kartu halo yang mengikuti sebuah promo yang ditawarkan oleh telkomsel.
penalti-promo-paket-kartu-halo
Contoh promo paket kartu halo telkomsel
Agar lebih mudah dalam memahami penalti dalam kartu halo, maka akan saya berikan contoh kasus penalti yang diberikan kepada pengguna kartu halo. Suatu hari saya melihat informasi ada promo kartu halo yang menawarkan paket yang sangat murah yaitu dengan biaya 100ribu perbulan akan mendapatkan kuota internet 2GB+20GB, kuota nelpon 100 Menit, dan kuota 100 SMS. Setelah saya tanyakan kepada salesnya ternyata penawaran tersebut adalah promo yang berlaku 6 bulan, dan setelah 6 bulan maka akan kembali ke tarif normalnya yaitu promo kuota 20GB nya akan hilang.

Selanjutnya setelah saya pikir-pikir tarif tersebut sangat murah, saya memutuskan untuk berlangganan kartu halo tersebut. Setelah memakai selama 4 bulan, kebetulan saya harus pergi kesuatu daerah terpencil selama kurang lebih satu tahun yang kebetulan tidak terdapat sinyal telkomsel, sehingga saya berencana untuk menutup kartu halo saya karena bila tidak saya tutup maka saya harus membayar tagihannya terus meski saya tidak menggunakannya.

Untuk menutup kartu halo, saya datang ke Grapari telkomsel. Disana saya menjelaskan alasan saya kenapa saya ingin menutup kartu halo tersebut. Selanjutnya sama petugas, saya disuruh membayar tagihan saya bulan ke-4 dan juga biaya penalti 2 bulan yaitu 2 x 100rb+PPN 10%. Dari kasus tersebut dapat diketahui bahwa saya terkena penalti 2 bulan karena saya sudah memakai kartu tersebut 4 bulan, sedangkan kontrak saya memakai kartu tersebut adalah 6 bulan (karena promo).

Apabila saya menutup kartu halo tersebut pada pemakaian bulan ke-6 atau yang lebih lama maka saya tidak akan terkena penalti. Jadi penalti kartu halo hanya berlaku bila sebelumnya ada perjanjian kontrak antara telkomsel dengan pelanggan kartu halo itu sendiri. Kalau sahabat membuat kartu halo yang paket biasa (bukan promo), maka pada bulan ke-2 pemakaian kartu tersebut, sahabat sudah bisa menutupnya tanpa terkena penalti. Semoga membantu dan bermanfaat…

Penulis blog

33 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    16 Juni, 2020
    Ka aku mau tanya dong, aku pake kartu halo udah dari taun kemaren. Cuma mau berhenti berlangganan karna membengkak aja gitu tiap bayarnya. Kalo mau berhenti gitu harus bayar pinalti apa cuma pas sama yg di tagihan aja? Aku perbulan bisa sampe 200k lebih:(
    1. Anonim
      Anonim
      18 Juli, 2020
      Sama nih aku juga sama tagihan sekitar 200k lebih sekarang, mau berhenti berlangganan tapi takut ada penalti :( sayang juga nomernya -_-
    2. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      18 Juli, 2020
      Tenang saja Kak, nanti ketika datang ke GraPARI untuk menutup kartunya, maka CS akan menginformasikan apakah ada biaya pinalti atau tidak. Kalau semisal ada penalti, tidak jadi ditutup terlebih dahulu tidak apa-apa. Jadi langsung ke GraPARI saja tidak masalah Kak 😊
  2. Askaaa
    Askaaa
    31 Maret, 2020
    Terimakasih banyak kak infonya sangat bermanfaat untuk saya yg bernasib sama dengan teman-teman di atas. 🙏🙏🙏
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      31 Maret, 2020
      Sama-sama Kak Aska :)
  3. AshWha
    AshWha
    18 Januari, 2020
    Kak, kemarin saya mulai pakai Kartu Halo Kick 60rb dengan limit 100rb. Baru saya baca ada ketentuan di bawah : "Setelah periode berlangganan 12 bulan selesai, sebelum habis masa periode, pelanggan akan mendapat notifikasi untuk memperpanjang layanan berjangka atau tidak, apabila pelanggan tidak menjawab maka layanan akan diaktifkan sesuai paket berjalan tapi tidak terikat periode aktivasi paket berlangganan."

    Nah, yang mau saya tanyakan adalah :
    1. Tagihan yang harus saya bayarkan berarti yang limit (100rb) tadi bukan kak? Biarpun pemakain tidak sampai 100rb.
    2. Jika saya mau berhenti sebelum masa 12 bulan selesai apakah akan kena pinalti kak? Dan yang dihitung pinalti apakah yang 60rb atau yang limit 100rb?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      18 Januari, 2020
      1. Tagihan yang Kakak bayarkan adalah tagihan yang Kakak gunakan saja. Cek penggunaannya melalui aplikasi MyTelkomsel ya Kak. Limit 100rb itu maksudnya tagihan Kakak tidak akan melebihi nominal 100rb Kak. Jadi kalau Kakak hanya menggunakan paketan Halo Kick (tanpa membeli paket lainnya) atau tambahan lainnya, ya bayarnya hanya 60rb + 6rb (PPN 10%) saja.

      2. Bila ingin berhenti sebelum 12 bulan, yang dihitung pinalti adalah 60rb + 6rb (PPN 10%) Kak.

      Saran saya adalah supaya kakak gunakan kartu halonya sampai kontraknya selesai, karena masih dapat promo paket murah dari kartu Halo. Setelah 12 bulan, baru ditutup saja atau lanjut ga masalah Kak. 😊
    2. AshWha
      AshWha
      18 Januari, 2020
      Terimakasih kak..
      Alhamdulillah sangat membantu saya..
      Ini situs yang bagus dan baik, langsung dibalas.
      Semoga kakak senantiasa diberikan kelancaran rezeki dan kesehatan oleh Allah SWT.
      Sukses untuk kakak dan situsnya.
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      18 Januari, 2020
      Aamiin.
      Sama-sama Kak...
      Semoga Kakak juga senantiasa diberikan kemudahan oleh Alloh dalam segala hal.
    4. Manusia
      Manusia
      26 Agustus, 2020
      Bu evy mau nanya klo misalnya udh dipakai selama 1 bulan itu gmn??? Soalnya saya kouta promonya 12 bulan. Jadi kira kira hrus bayar penalti berapa ya bu?? Mohon dijawab ya bu
    5. Manusia
      Manusia
      26 Agustus, 2020
      Trus saya juga ada pulsa 60.000 tp itu termasuk belum ppn bu,,, jadi msktunya gmn ya bu?
    6. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      26 Agustus, 2020
      Hai Kak,
      Kalau promonya 12 bulan, berarti kontraknya 12 bulan Kak. Jadi kalau semisal baru 1 bulan pemakaian, kartunya ingin Kakak tutup, maka akan kena penalty 11 bulan Kak. Sebaliknya, kalau Kakak tidak menutupnya, maka ya tidak kena penalty 😊

      Maksudnya tagihan 60rb (belum termasuk PPN 10%), maka kalau tagihannya Rp 60.000 maka yang harus dibayarkan adalah Rp 60.000 + 10% (Rp 6.000) = Rp 66.000.
    7. Manusia
      Manusia
      01 September, 2020
      Makasih bu evy sebelumnya,,, saya mau nny klo cek tagihan kartu halo bagaimana??? Saya udh cek tagihan kartu halo tp tertera 'anda tidak memiliki tagihan'sebelumnya saya belum bayar apapun tagihan telkomsel. Soalnya saya bayarnya cash. Saya udh tnya veronika jawabannya 'maaf jwban anada tidak bisa terjawab coba saat beberapa lagi'gtu bu? Gmn ya bu? Saya tkut tagihan saya banyak
    8. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      01 September, 2020
      Tenang saja Kak, selama belum muncul tagihan di aplikasi myTelkomsel, berarti belum ada tagihan di nomor Kakak.

      Kalau saran saya, Kakak bisa cek tagihan kartu Halo dengan mudah melalui aplikasi DANA yang bisa Kakak download gratis di Google Play Store atau di App Store.

      Setelah registrasi di aplikasi DANA, maka Kakak sudah bisa melihat tagihan kartu Halo di menu Mobile Postpaid atau Tagihan Pascabayar. Kalau ada tagihan, maka nominalnya akan muncul, kalau belum ada tagihan ya tidak akan muncul Kak.

      Kalau ada tagihan akan diinformasikan jumlah nominalnya, jadi kalau Kakak bayar Cash, maka bisa datang ke kantor pos, GraPARI, Pegadaian, dan lain sebagainya untuk bayar tagihannya Kak.

      Kalau menurut saya, lebih enak punya saldo di akun DANA Kak, jadi Kakak tidak perlu repot-repot datang untuk bayar Cash :)
    9. Manusia
      Manusia
      01 September, 2020
      Makasih bu evy,, jujur syaa bingung klo batas pemakaian limit bcs rp1 itu apa ya bu
    10. Manusia
      Manusia
      01 September, 2020
      Oh iya bu evy kan saya kartu promo halo 12 bulan akan tetapi masa kartu saya berlaku smpe akhir tahun ini. Saya bru menggunkan kartu halo selama sebulan itu kira kira gmn ya bu?
    11. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      01 September, 2020
      Kalau Kartu Halo (pasca bayar) maka akan aktif selamanya asalkan dibayar tagihannya tiap bulan Kak. Jadi modelnya Kartu Halo itu adalah, Kakak pakai terlebih dahulu, kemudian baru bayar di akhir.

      Cara kerjanya sama seperti Listrik Pascabayar, setiap akhir bulan bayar tagihan listrik (dihitung pemakaian dalam satu bulan). Jadi uang yang harus dibayarkan tergantung dari pemakaiannya selama 1 bulan.

      Kalau limit bcs rp1 seperti yang Kakak tanyakan di atas, saya juga belum tahu jawabannya Kak 😀

      Tapi tenang saja, selama penggunaannya terkontrol, maka tagihannya juga aman Kak 😊
    12. Manusia
      Manusia
      02 September, 2020
      Makasih bu evy
    13. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      02 September, 2020
      Sama-sama Kak :)
    14. Manusia
      Manusia
      04 September, 2020
      batas pemakaian domestik Anda Rp1 dan roaming Rp1 setiap bulannya. Maksud nya apa ya bu evy?
    15. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 September, 2020
      Biasanya saya melihat limit atau batasan pemakaian kartu Halo adalah Rp 100.000. Kalau benar batasan limitnya Rp 1, maka itu artinya adalah bahwa tagihan maksimal yang akan Kakak bayarkan hanya abonemen (paket dasar saja). Semisal paket dasarnya adalah Rp 60.000, maka maksimal yang akan Kakak bayarkan adalah Rp 60.000 + PPN 10% (Rp 6.000) = 66rb.

      Konsekuensinya adalah apabila kuota dari paket yang digunakan habis, maka Kakak harus nunggu lagi periode bulan berikutnya untuk mendapatkan kuota baru. Perlu diketahui bahwa setiap bulan, Kakak akan mendapatkan paket internet yang jumlahnya sama.
    16. Manusia
      Manusia
      04 September, 2020
      Tapi bu evy, saya slalu dpet paket pada tanggal 1 paket yang masuk berupa paket internet dan paket telp dan paket sms selain dpt paket selalu ada penambahan pulsa bu dan pulsa nya itu seperti yang diatas blum yermasuk ppn
    17. Manusia
      Manusia
      04 September, 2020
      Paket internet yang bertambah
    18. Manusia
      Manusia
      04 September, 2020
      Paket internet bertambah setiap bulan dan pulsa blum termasuk ppn trus bertambah itu gmn ya bu?
    19. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 September, 2020
      Maksud saya yang diperbarui setiap bulannya adalah paketannya. Kalau paketannya berisi kuota internet + nelpon + sms, ya berarti setiap bulan mendapatkan paket tersebut.

      Kalau pulsa (belum termasuk PPN) itu dinamakan pemakaian (bukan pulsa yang dimiliki). Jadi tagihan yang harus dibayarkan adalah abonemen + pemakaian + PPN 10% Kak.
    20. Manusia
      Manusia
      04 September, 2020
      Makasih bu evy maaf repotin
    21. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      04 September, 2020
      Sama-sama Kak, senang bisa membantu 😊
  4. Unknown
    Unknown
    25 Oktober, 2019
    Kalo misalnya nomer sudah lama ga kepake trus hilang dan udah keblokir..kira2 sisa tagihan terakhir bakalan di tagih ke alamat rumah ga yah??
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      25 Oktober, 2019
      Biasanya hanya di blacklist saja Kak. Jadi kalau suatu saat Kakak akan membuat kartu Halo lagi, maka akan disuruh melunasi tagihannya untuk bisa membuat kartu Halo baru.
  5. Anonim
    Anonim
    06 Juli, 2019
    halo kak.. kmren sy jg ditawarkan promo halo kick 60k dgn kontrak selama 12bln, sy baru menggunakannya sekitar pertengahan mei, tetapi smpai skrg saat sy ingin cek tagihan statusnya selalu "tagihan sudah terbayar", sy bingung ntr takutnya malah jadi tagihan yg numpuk.. di app mytsel jg selalu tertera "pemakaian sementara 60rb" itu mksdnya gmna ya? mohon bantuannya yaa
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      06 Juli, 2019
      Kalau status tagihan sudah terbayar ya tidak apa-apa Kak. Nunggu tagihan berikutnya saja ya...

      Kemudian maksud dari pemakaian sementara 60rb adalah pemakaian diluar paket Halo Kick 60K Kak. Jadi tagihannya besuk adalah 60rb (bulanan paket Halo Kick) + pemakaian saat ini 60rb = 120rb + 12 rb (PPN 10%) Kak. Dengan catatan pemakaian sementara tidak bertambah ya Kak.

      Semoga membantu.
    2. Anonim
      Anonim
      06 Juli, 2019
      oke deh kak.. takutnya kan sy udh pakai kurang lebih 2 bln, tpi pas mau cek tagihan slalu begitu sy jdi was2.. iya selama ini pemakaian sy gk bertambah kok. makasi atas responnya��
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      06 Juli, 2019
      Sama-sama Kak ☺