Cara Membuat dan Mengelola Group di WA ( Whatsapp )

Kalau kemarin saya sudah membahas tentang tutorial whatsapp, kali ini saya akan berbagi dengan sahabat info dan tips cara membuat dan mengorganisir group whatsapp di smartphone berbasis sistim operasi android. Langsung saja, berikut adalah langkah-langkah dalam membuat grup whatsapp.
Cara Membuat Grup Whatsapp.
1) Buka aplikasi whatsapp kemudian sentuh tombol [option] yang biasanya terletak disebelah kanan atau kiri tombol home pada smartphone android. Kemudian sentuh New Group seperti gambar dibawah ini.
2) Kemudian akan muncul gambar yang masih kosong dan nama grup yang masih kosong. Untuk merubahnya sentuh gambar, kemudian ambil gambar dalam smartphone sahabat untuk merubah logo atau gambar. Untuk mengganti nama grup sentuh nama grup yang masih kosong kemudian ketik grup yang akan dibuat  untuk merubah nama grup, Untuk lebih jelasnya tampilannya adalah seperti gambar berikut ini.
3) Sahabat bisa memberi nama grup dan gambar sesuai kesukaan sahabat. Semisal saya membuat group whatsapp dengan nama www.infodantips.com dan saya juga sisipkan gambar, maka tampilannya adalah seperti gambar di bawah ini. Kemudian Sentuh [Next] untuk melanjutkan kelangkah berikutnya.
4) Akan muncul halaman untuk menambahkan anggota dalam grup. kemudian sentuh tanda plus [+] kemudian beri tanda centang untuk memasukkan kontak kedalam grup seperti gambar dibawah ini.
5) Sentuh tulisan [Done] yang berada di pojok atas kanan, maka akan muncul tampilan proses group whatsapp sedang dibuat seperti gambar dibawah ini.
6) Setelah selesai, maka tampilan awal dari grup yang sudah dibuat adalah seperti dibawah ini.

Mengatur Grup Whatsapp
Sentuh nama grup yang sudah sahabat buat tadi (posisinya berada di atas). Kemudian akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
1) Participants artinya adalah anggota dalam grup yang sudah dimasukkan. Jumlah anggota maksimal dalam grup whatsapp adalah 100.
2) Keterangan Group admin yang artinya adalah nama yang ada keterangan group admin memiliki hak untuk menghapus dan menambahkan anggota.
3) add participant digunakan untuk menambahkan anggota baru kedalam grup. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh admin.
4) exit grup digunakan untuk keluar dari grup.

Untuk pengaturan anggota grup, silahkan sentuh lama nama anggota grup yang akan kita atur. Semisal nama anggota grup yang akan saya atur adalah Evy, maka setelah saya sentuh lama nama evy, maka akanmuncul gambar seperti di bawah ini:
1) Message Evy artinya digunakan untuk mengirim pesan kepada evy
2) Call Evy artinya digunakan untuk menghubungi evy /telpon evy.
3) View Evy artinya untuk melihat profil evy
4) Remove Evy from Group artinya digunakan untuk menghapus Evy dari anggota
5) Add Evy to Group Admins artinya digunakan untuk menjadikan Evy menjadi admin grup. artinya evy memiliki hak untuk menghapus dan menambahkan anggota baru.
Sekian dulu postingan dari saya mengenai grup whatsapp atau sering dikenal dengan grup WA. Semisal ada hal-hal yang kurang lengkap atau membingungkan dan perlu ditanyakan, silahkan memberikan coment dibawah ini, atau menghubungi saya di contact yang sudah saya sediakan. Semoga bermanfaat.

Cara Membuat dan Mengelola Group di WA ( Whatsapp ) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari

15 comments:

  1. Hatur nuhun infona....
    Bisa ga menambah anggota lebih dari 100 member ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini maksimal 100 anggota gan... semoga kedepannya bisa...

      Hapus
  2. Bagaimana caranya agar selain admin grup tidak dapat merubah subjek atau icon grup?

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. @kadek, setau saya icon group dan subjek whatsapp bisa dirubah oleh seluruh anggota grup (jawaban ini saya ambil berdasarkan FAQ yang dijelaskan di situs resmi whatsapp). Jadi kesimpulannya admin group tidak dapat mengunci atau me "lock" icon dan subjek group whatsapp. Hak admin yang tidak dimiliki oleh anggota grup whatsapp adalah menghapus anggota, menambah anggota dan menjadikan anggota yang dipilih menjadi admin. Semoga membantu @kadek... Maaf saya tidak setiap saat bisa membalas komentar dengan cepat :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. sama-sama @kadek... terimakasih juga atas kunjungannya :)

      Hapus
  5. sbg admin bisakah menghapus kiriman gbr yg tidak baik dari anggota, sehingga gbr tersebut tdk bisa dilihat lagi oleh anggota?
    terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saat ini belum bisa gan... di Whatsapp penggunanya tidak diberikan hak untuk menghapus postingan orang lain disemua device, kecuali hanya menghapus di devicenya srndiri. Terimakadih juga atas kunjungannya...

      Hapus
  6. bisa ga admin mengganti nama peserta grup ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama peserta group di whatsapp ataupun kontak pribadi whatsapp kita kan menyesuaikan dengan nama pada nomor yg kita simpan di gadget kita gan. Jadi kalau ingin ganti nama ya rename aja di kontak sahabat (phone book)... kalau yg ingin sahabat tanyakan maksudnya nama yg mereka buat sendiri, ya sahabat ga bisa merubahnya karena itu privacy masing-masing pengguna Whatsapp. Semoga membantu...

      Hapus
  7. terima kasih kakak, tips nya manfaat banget, buat akuh yang lagi bikin group Whatssapp..sukses ya kakak dan semua pengunjung blog ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin... trimakasih & makasih kunjungannya juga :)

      Hapus
  8. bagai mana cara admin bisa hapus pesan yg tidak layak pada grup

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menghapus pesan anggota grup di whatsapp, saat ini tidak bisa dilakukan mas... yang bisa dilakukan selaku admin adalah memberi teguran sama anggota atau mengeluarkannya dari grup. Semoga membantu...

      Hapus