Cara Memilih dan Membeli Modem yang Baik



Di era zaman yang modern seperti sekarang ini, kebutuhan orang akan teknologi informasi semakin tinggi. Dengan adanya internet, maka segala informasi tentang dunia luar menjadi lebih mudah untuk ditemukan. Salah satu yang dapat digunakan untuk terhubung dengan internet adalah modem. Tentu saja untuk terhubung dengan internet, selain modem dibutuhkan pula komputer atau laptop dan pulsa berupa paket data untuk menunjangnya. Pada kesempatan kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara memilih modem yang cocok untuk sahabat. Sebelum membeli, berikut adalah beberapa tips yang dapat sahabat gunakan sebelum membeli modem.

Hal yang paling penting atau mendasari sebelum membeli modem adalah kekuatan sinyal tempat yang akan sering digunakan dalam memakai modem. Semisal modem rencananya akan digunakan di rumah, maka hal yang harus dilakukan adalah mengetahui sinyal operator yang paling bagus di rumah sahabat. Sinyal yang bagus bukan berarti sinyalnya full ataupun kualitas suaranya jernih. Sinyal yang baik buat modem adalah menjangkau minimal HSDPA untuk jaringan GSM dan menjangkau (mengcover) EVDO untuk jaringan CDMA. Semisal semua operator di tempat sahabat tidak mendukung HSDPA atau EVDO, maka cukup menggunakan EDGE untuk operator GSM dan CDMA1X untuk operator CDMA. cara mengetahui kualitas sinyal ditempat sahabat, sahabat bisa bertanya kepada tetangga sekitar yang menggunakan modem atau mungkin sahabat sudah menggunakan smartphone dan juga tetangga yang menggunakan perangkat smartphone yang sudah didukung dengan jaringan EVDO untuk smartphone CDMA ataupun HSDPA untuk smartphone GSM. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang kecepatan maksimal dari sinyal dari suatu jaringan, sahabat bisa membaca artikel jenis-jenis sinyal internet.

Semisal sahabat sudah menemukan sinyal terbaik ditempat sahabat, selanjutnya hal yang harus segera dilakukan adalah membeli modem sesuai dengan sinyal terbaik yang sudah sahabat pilih. Sebelum membeli, saya sarankan sahabat untuk survey harga terlebih dahulu melalui toko online atau toko penjual modem disekitar sahabat untuk komparasi atau perbandingan harga yang termurah. Oh iya, untuk spesifikasi modem adalah mendukung HSDPA atau HSPA untuk GSM, sedangkan spesifikasi modem untuk CDMA harus mendukung EVDO. Setelah mendapatkan harga terbaik, saatnya sahabat membeli modem yang sahabat inginkan. Semoga bermanfaat.
Cara Memilih dan Membeli Modem yang Baik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Evy Nurvitasari
Lihat Komentar
Tutup Komentar

0 comments:

Posting Komentar