Catatan Saya

Mengecewakan! Review Belanja Baterai Cas Isi Ulang AAA Micro USB Rechargeable RakkiPanda LazzMall

Evy Nurvitasari
1 Komentar
Beranda
Catatan Saya
Mengecewakan! Review Belanja Baterai Cas Isi Ulang AAA Micro USB Rechargeable RakkiPanda LazzMall
Salah satu kebutuhan yang harus saya sediakan agar Handphone (mainan) anak saya bisa berfungsi sebagaimana mestinya adalah dengan selalu menyediakan baterai. Kebetulan mainan tersebut membutuhkan 2 buah baterai AAA untuk mengoperasikannya. Karena hal tersebut, maka saya memutuskan untuk membeli baterai AAA yang bisa di-isi ulang / cas.

Setelah browsing dan melihat-lihat produk dan toko yang menjual baterai isi ulang tipe AAA, akhirnya saya memilih untuk belanja produk tersebut di toko resmi penjualan baterai RakkiPanda di Lazada. Alasan saya membeli baterai cas isi ulang AAA USB rechargeable RakkiPanda di LazzMall RakkiPanda.id adalah sebagai berikut:
  • Toko penjualan resmi (LazzMall) biasanya menjamin kualitas dan garansi produk yang lebih baik dibandingkan dari toko yang bukan masuk kelompok LazzMall.
  • RakkiPanda adalah salah satu merk baterai yang sudah lama menjual produknya di Indonesia dan hingga saat ini masih bertahan.
  • Review (bintang) dari pembeli yang cukup tinggi yaitu 4.8 mencerminkan bahwa produk tersebut bagus menurut pembeli.
  • Harga yang diberikan oleh RakkiPanda.id bisa terbilang cukup murah. Selain itu ada diskon dari Lazada berupa ongkos kirim Rp 0.

Proses Pengiriman

Bisa saya katakan bahwa saya sangat puas dengan layanan pengiriman barang yang dilakukan oleh RakkiPanda dan Lazada. Setelah pesanan saya buat dan bayar, selanjutnya tidak sampai 24 Jam baterai cas isi ulang AAA yang saya pesan sudah diproses oleh penjual dan mulai diantar (proses) oleh jasa pengiriman. Seelah 3 hari, barang tersebut sudah sampai di tangan saya.

Packing Barang

Untuk packing produk baterai isi ulang AAA RakkiPanda bisa dibilang cukup bagus mengingat baterai dibungkus dengan bubble wrap yang cukup aman. Sehingga saya yakin bahwa baterai yang dikirimkan oleh RakkiPanda melalui kurir akan tetap aman. Dan benar saja bahwa barang yang saya terima dalam kondisi yang baik secara fisik.

Kualitas Barang

Setelah baterai isi ulang AAA RakkiPanda saya buka, selanjutnya saya coba baterai tersebut di mainan HP anak saya. Kebetulan ada 4 baterai yang saya pesan, sehingga saya coba 2 kali di mainan anak saya tersebut. Hasilnya diluar dugaan saya karena kondisi daya baterai dalam keadaan kosong dan tentunya tidak bisa langsung digunakan.
review-baterai-rakkipanda
Selanjutnya saya charge baterai AAA RakkiPanda tersebut menggunakan adaptor 10 Watt. Dalam informasi yang diberikan oleh RakkiPanda, butuh sekitar 5,5 Jam agar baterai terisi daya penuh. Adapun indikator dari baterai RakkiPanda sudah terisi penuh adalah lampu LED yang awalnya berwarna merah berubah menjadi warna biru.

Ketika keempat baterai tersebut saya cas, ternyata ada satu baterai yang lampu indikator LED nya dari awal berwarna biru (menandakan sudah penuh), sedangkan tiga baterai lainnya berwarna merah. Anehnya, meski sudah saya cas selama lebih dari 7 Jam, lampu indikator dari ketiga baterai yang awalnya berwarna merah tidak berubah (tetap merah).

Setelah saya coba, ternyata 3 baterai yang LED indikatornya tidak berubah menjadi biru (terisi penuh) bisa digunakan dan berfungsi sebagaimana mestinya. Sedangkan satu baterai yang LED indikatornya dari awal berwarna biru tidak berfungsi sama sekali. Karena tidak puas, saya menghubungi CS RakkiPanda melalui fitur chat penjual di Lazada.

Pelayanan CS RakkiPanda.id

Ketika saya hubungi CS RakkiPanda dan saya utarakan keluhan saya, dengan ramah CS tersebut melayani saya selaku konsumen. Setelah proses tanya jawab selesai, akhirnya CS tersebut menawarkan untuk penggantian unit baru. Karena barang belum saya konfirmasi terima di aplikasi Lazada, saya berencana ingin retur barang melalui aplikasi tersebut.

Perlu diketahui bahwa retur barang melalui aplikasi Lazada adalah gratis (tanpa biaya tambahan). Meski demikian, CS tersebut menyarankan saya agar baterai cas isi ulang AAA RakkiPanda yang saya terima dikirimkan tanpa melalui sistem, melainkan dikirimkan langsung ke tokonya. Alasannya adalah untuk penggantian unit baru harus dikirim langsung (tidak melalui sistem Lazada).

Karena saya percaya, selanjutnya saya kirim barang beserta unit lainnya yang dikirimkan ke alamat RakkiPanda yang alamatnya sudah dikirimkan ke saya ketika proses chat. Biaya yang saya keluarkan untuk pengiriman dari Bandung ke Jakarta waktu itu kalau tidak salah adalah Rp 12.000. Bagi saya tidak ada masalah tambah biaya asalkan barang yang saya dapatkan bagus.

Setelah barang sampai, saya menanyakan kepada CS kapan barang penggantinya dikirim. CS RakkiPanda menginformasikan bahwa baterai cas isi ulang AAA RakkiPanda akan diproses besuk. Hari berikutnya saya tanyakan, Apakah barang penggantinya sudah dikirimkan? CS menjawab bahwa barang belum dikirimkan karena karyawan libur.

Karena ketika saya tanya tentang proses penggantian unit baru CS RakkiPanda selalu mengulur waktu dan bersikap pasif, akhirnya saya diamkan selama beberapa hari. Karena tidak ada info, akhirnya saya menanyakan lagi tentang proses penggantian barang pesanan saya. Akhirnya CS tersebut bilang akan mengirimkan saat itu juga, meski demikian CS tersebut memberikan syarat kepada saya.

Karena saya belum mengkonfirmasi barang pesanan, saya disuruh untuk mengkonfirmasi barang pesanan saya di aplikasi Lazada. Perlu diketahui bahwa setelah saya mengkonfirmasi barang, maka saya tidak bisa lagi mengajukan retur. Sehingga dengan mengkonfirmasi barang, maka saya tidak bisa komplain lagi.

Karena saya percaya bahwa barang pengganti baterai cas isi ulang AAA RakkiPanda yang dikirim pasti sudah diuji terlebih dahulu sebelum dikirim, maka saya bersedia untuk melakukan konfirmasi di aplikasi Lazada. Selang beberapa jam, benar saja bahwa dari RakkiPanda sudah mengirimkan resi pengiriman barang ke alamat saya.

Kualitas Barang Pengganti

Awalnya saya mengira bahwa barang retur yang diberikan oleh RakkiPanda pasti sudah diuji coba dan dipastikan kualitasnya. Ternyata setelah barang tersebut saya terima dan saya coba, saya baru tersadar bahwa saya sudah ‘dikerjain’ oleh RakkiPanda. Barang yang saya terima kondisinya sama dengan barang yang saya terima diawal.

Satu baterai isi ulang RakkiPanda AAA indikatornya selalu biru dan tidak berubah meski dicas, sedangkan tiga baterai lainnya kondisinya berfungsi akan tetapi LED indikator warna tetap merah dan tidak berubah menjadi biru meski sudah dicas lebih dari 5 Jam. Saya berpikir “Sepertinya barang yang dikirim oleh RakkiPanda adalah barang sama yang saya ajukan untuk diganti”.

Akhir Kata

Dari peristiwa yang sudah saya alami tersebut, saya berpesan kepada pembaca blog ini agar lebih waspada ketika belanja baterai di LazzMall RakkiPanda.id. Meski memiliki review yang bagus, hal tersebut ternyata tidak menjamin kualitas barang dari produk yang dijual. Selain itu, pelayanan dari RakkiPanda juga bisa saya katakan TIDAK AMANAH.

Berkaca dari pengalaman saya, apabila sahabat terlanjur belanja di RakkiPanda melalui Lazada, kemudian CS meminta retur barang dilakukan secara langsung tanpa melalui sistem pengembalian barang di aplikasi Lazada, maka sahabat jangan mau menurutinya. Hal tersebut akan merugikan sahabat sendiri.

Tentu saja saya sangat kecewa dengan kualitas baterai isi ulang AAA RakkiPanda yang dijual di LazzMall. Meski saya kecewa dengan pelayanan dari RakkiPanda.id, akan tetapi saya yakin bahwa tidak semua Toko baterai yang berjualan di Lazada kualitas barang dan pelayanannya buruk seperti halnya baterai isi ulang AAA RakkiPanda yang saya beli. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

1 komentar

  1. Aida
    Aida
    17 Mei, 2024
    Rakipanda busuk. Jangan beli.

    Cuma kelebihan baterai rakipanda tersedia untuk berbagai merk model hp.