Catatan Saya

Pengalaman Menonaktifkan SMS Banking BNI Menggunakan Aplikasi BNI Mobile Banking

Evy Nurvitasari Evy Nurvitasari
0 Komentar
Beranda
Catatan Saya
Pengalaman Menonaktifkan SMS Banking BNI Menggunakan Aplikasi BNI Mobile Banking
Kalau ditotal mungkin pulsa saya sudah berkurang ratusan ribu hingga jutaan rupiah sejak saya mendapatkan notifikasi SMS Banking dari BNI. Meski berkurangnya hanya sekitar Rp 700/SMS, akan tetapi kalau masuk berkali-kali tentu saja hal tersebut bisa membuat pulsa saya sedikit demi sedikit tersedot untuk hal yang sebenarnya tidak terlalu saya perlukan.

Sebagai nasabah Bank BNI tentunya tidak ketinggalan saya memanfaatkan fitur layanan Mobile Banking. Selain mudah untuk melakukan transaksi (cek saldo, melihat transaksi masuk & keluar, dan layanan lainnya), tentunya dengan menggunakan aplikasi tersebut saya tidak dikenakan biaya administrasi untuk transaksi, kecuali paket data internet untuk mengakses aplikasi tersebut.

Karena hal tersebut (Aplikasi BNI Mobile), maka sekitar seminggu yang lalu saya putuskan untuk menonaktifkan layanan SMS banking BNI yang sudah saya gunakan sejak 8 tahun yang lalu. Ketika saya mencari beberapa referensi untuk menonaktifkan layanan SMS Banking BNI melalui Google, ternyata informasi yang saya dapatkan hanya ada dua cara untuk menonaktifkan layanan tersebut.

Yang pertama adalah dengan datang langsung ke kantor BNI untuk meminta bantuan Customer Service untuk menghentikan layanan SMS Banking BNI, sedangkan yang kedua adalah dengan cara menghubungi nomor call center BNI di nomor 1-500-046. Karena saya lebih suka yang praktis, maka saya mencoba menghubungi Call Center BNI 1 500 046.

Karena nomor Call Center BNI merupakan nomor premium (bukan nomor rumah / kantor), dan tidak bisa dihubungi menggunakan kuota nelpon all operator, maka dengan terpaksa saya menghubunginya menggunakan pulsa reguler Telkomsel di nomor saya. Setelah saya cek pemakaian pulsa Telkomsel, ternyata saya menghabiskan Rp 21.792 pulsa untuk menghubungi Call Center BNI.

Dalam percakapan saya dengan CS BNI melalui panggilan telepon tersebut, saya mendapatkan informasi bahwa untuk menghentikan layanan SMS banking BNI bisa dilakukan melalui aplikasi BNI Mobile. Ketika saya lakukan, ternyata memang benar bahwa bisa menonaktifkan SMS Banking BNI tanpa harus ke kantor BNI ataupun menghubungi call center BNI.

Cara Menonaktifkan SMS Banking BNI Pakai BNI Mobile

Setidaknya dengan bermodalkan Rp 21.792 untuk menghubungi CS BNI melalui Call center, saya mendapatkan keuntungan yaitu bisa berbagi dengan sahabat pembaca blog ini yang ingin menonaktifkan notifikasi SMS Banking BNI dengan praktis. Berikut adalah tutorial cara menghentikan SMS Banking BNI menggunakan aplikasi BNI Mobile:
  • Buka aplikasi BNI Mobile, kemudian silakan sahabat masuk ke menu [Pengaturan]. Saat ini lokasinya berada di pojok bawah kanan. Meski demikian bisa saja posisinya berubah-ubah kalau ada update aplikasi.
  • Pada halaman Pengaturan, silakan sahabat pilih menu [Aktivasi SMS Notifikasi].
  • Pada halaman SMS Notifikasi, pada Jenis layanan silakan sahabat pilih [Unregistrasi]. Kemudian pada Nomor Rekening, silakan sahabat pilih nomor rekening yang akan dinonaktifkan SMS Bankingnya. Selanjutnya akan muncul data lainnya. Silakan pilih tombol [Lanjut].
  • Sahabat akan di bawa ke halaman Validasi. Silakan sahabat baca lagi data yang sudah ditampilkan. Semisal sudah sesuai, silakan sahabat masukkan Password Transaksi kemudian pilih tombol [Lanjut].
  • Akan ditampilkan Status Transaksi Berhasil.
  • Sahabat sudah tidak akan lagi mendapatkan notifikasi SMS Banking BNI yang “menyedot” pulsa reguler.

Seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa dengan menggunakan aplikasi BNI Mobile, maka sahabat akan lebih mudah dalam melihat dan melakukan transaksi. Apabila di smartphone yang sahabat gunakan belum terpasang aplikasi BNI Mobile, maka sahabat bisa download aplikasi tersebut secara gratis di Google Play Store dan App Store. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar