Beranda
Telkomsel
Mengenal Internet Lokal Telkomsel
Banyaknya jenis kuota internet yang ditawarkan oleh Telkomsel membeuat tidak sedikit pelanggannya bertanya-tanya mengenai fungsi dari masing-masing kuota tersebut. Kalau biasanya ketika sahabat membeli atau mengaktifkan paket internet, sahabat mendapatkan kuota internet utama (reguler), bagaimana kalau sahabat mendapatkan kuota internet lokal Telkomsel?

Pengertian

Internet Lokal Telkomsel adalah salah satu kuota internet yang bisa digunakan oleh pelanggannya untuk mengakses internet di area tertentu. Adapun maksud dari internet lokal adalah jaringan internet yang disediakan hanya bisa digunakan pada lingkup area yang sudah ditentukan oleh operator penyedia jasa layanan telekomunikasi.

Apabila sahabat mendapatkan internet lokal Telkomsel, maka yang berhak memberikan kebijakan jangkauan atau cakupan penggunaan kuota internet tersebut hanya Telkomsel. Begitu juga apabila kuota internet lokal yang sahabat dapatkan berasal dari operator Tri (3), maka yang berhak menentukan cakupan areanya adalah operator Tri tersebut.

Fungsi

Internet Lokal Telkomsel memiliki fungsi yang sama dengan kuota internet utama atau reguler. Keduanya bisa sahabat gunakan untuk mengakses konten internet yang terhubung dengan internet. Jadi dengan menggunakan kuota internet lokal telkosmel, maka sahabat bisa mengakses beragam informasi melalui aplikasi yang terpasang di smartphone atau perangkat yang sahabat gunakan.
Jadi apabila ada yang bertanya “Apakah Instagram, WhatsApp, Facebook, dan YouTube bisa dibuka menggunakan internet lokal Telkomsel?”, maka jawabannya adalah Bisa! Ya, dengan internet lokal Telkomsel, maka sahabat bisa mengakses semua aplikasi yang disebutkan di atas. Bagaimana untuk aplikasi lainnya? tentu saja sahabat juga bisa mengaksesnya menggunakan kuota internet lokal.

Cara Menggunakan

Berbeda dengan kuota internet utama yang bisa digunakan di seluruh wilayah atau area di Indonesia yang tercover jaringan Telkomsel, maka internet lokal Telkomsel hanya bisa sahabat gunakan di daerah atau wilayah khusus yang sudah ditentukan oleh Telkomsel. Dalam hal ini, Telkomsel memetakan area lokal tertentu yang bisa sahabat gunakan untuk mengakses internet.

Sebagai contoh, sahabat mengaktifkan paket internet Telkomsel yang terdapat kuota internet lokalnya di daerah Yogyakarta, maka kemungkinan besar kuota internet lokal yang sahabat dapatkan tersebut hanya bisa digunakan di daerah sekitar Yogyakarta saja. Ketika sahabat bepergian ke Kalimantan, maka besar kemungkinan kuota internet lokal tersebut tidak bisa digunakan.

Telkomsel Internet Lokal Vs Internet utama

Apabila disuruh memilih atau membandingkan antara Telkomsel internet lokal vs Internet utama, maka tentu saja saya akan memilih kuota internet utama. Alasannya sangat sederhana bahwa seperti yang sudah saya sampaikan di atas bahwa meski memiliki fungsi yang sama, akan tetapi secara penggunaan, kuota internet utama jelas lebih unggul dalam hal cakupan area dibandingkan internet lokal.

Sebagai contoh sahabat saat ini mengaktifkan paket internet Telkomsel di Bandung kemudian mendapatkan dua kuota internet yaitu kuota internet (utama) dan kuota internet lokal. Ketika berada di Bandung, kuota internet lokal bisa terpakai, akan tetapi ketika sahabat berada di Sulawesi maka hanya kuota internet utama yang bisa digunakan.

Catatan

Meski kuota internet lokal identik dengan suatu wilayah atau hanya dalam lingkup kota saja, akan tetapi ada juga kuota lokal Telkomsel yang bisa sahabat gunakan di beberapa pulau yaitu Jawa, Bali, dan Lombok. Kuota lokal yang cukup luas jangkauannya tersebut bisa sahabat temukan pada Paket SeruMAX Telkomsel. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

Tidak ada komentar