Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Baca Dulu Sebelum Membeli Paket Combo Sakti Telkomsel 25GB

Berbeda dengan paket Paket Combo Sakti Telkomsel yang dikeluarkan pertama kalinya yaitu sekitar awal tahun 2020, kini paket combo sakti Telkomsel sudah mengalami banyak perubahan. Apabila paket combo sakti terdahulu hanya memberikan kuota internet reguler, kuota nelpon dan SMS OnNet, maka sekarang khusus kuota internetnya sudah dibagi jenisnya.

Karena adanya pembagian kuota dalam paket combo sakti Telkomsel, maka jumlah kuota yang diiklankan dalam paket combo sakti juga kelihatan cukup besar. Sebagai contoh dalam hal ini kuota pada Paket Combo Sakti Telkomsel 25GB kuota internetnya dibagi menjadi dua yaitu 15GB kuota internet utama (reguler), sedangkan yang 10GB adalah kuota Soschat, Games, Music, dan TikTok.

Benefit & Pembagian Kuota Paket Combo Sakti 25GB

Pada penawaran yang saya dapatkan, harga paket combo sakti 25GB Telkomsel adalah Rp 68.000 (aslinya Rp 70.000). Perlu diketahui bahwa harga untuk paket tersebut di setiap nomor Telkomsel bisa berbeda-beda tergantung dari daerah tempat sahabat berada dan juga kebijakan dari Telkomsel selaku penyedia jasa layanan. Berikut adalah benefit dari Paket Combo Sakti Telkomsel 25GB:
  • 15GB Kuota internet yang bisa sahabat gunakan untuk mengakses konten internet apa saja seperti WhatsApp, YouTube, Instagram, Twitter, Facebook, Spotify, dan aplikasi lainnya.
  • 10GB Kuota Multimedia (SosChat, Games, Music, TikTok) yang bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp, LINE, MusicMAX, GamesMAX, Facebook, Instagram, TikTok, dan Zoom.
  • 75 Menit Kuota Nelpon (Voice TSEL) yang bisa sahabat gunakan untuk melakukan panggilan telepon kesesama nomor Telkomsel (Prabayar & Pascabayar).
  • 400 kuota SMS TSEL yang bisa sahabat gunakan untuk mengirim pesan SMS kesesama nomor Telkomsel.
  • Langganan layanan Prime Video Mobile selama 30 hari yang bisa sahabat gunakan untuk mengakses hiburan streaming unggulan dari Amazon Prime Video di smartphone atau tablet.

Prioritas Penggunakan Kuota

Ada beberapa sahabat yang bertanya kepada saya “Kenapa kuota Soschat, games, Music, TikTok saya tidak berkurang ketika mengakses Facebook, Instagram, dan TikTok? Yang berkurang malahan kuota internet utama”. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, tentunya sahabat harus mengetahui terlebih dahulu prioritas penggunaan kuota.

Perlu digaris bawahi bahwa prioritas penggunaan kuota antara paket satu dengan paket lainnya tidaklah sama. Biasanya kuota internet utama penggunaannya adalah yang terakhir, akan tetapi pada kasus paket combo sakti 25GB Telkomsel prioritas penggunaan kuotanya bisa dikatakan ‘cukup merugikan pelanggannya’.

Berikut adalah prioritas penggunaan kuota internet pada paket combo sakti 25GB Telkomsel saat saya menulis artikel ini (28 November 2022):
  1. Kuota internet utama (reguler).
  2. Kuota Kuota SosChat, Games, Music, TikTok (multimedia).

Itu artinya bahwa kuota multimedia dalam hal ini adalah kuota SosChat, Games, Music, dan TikTok sebesar 10GB pada paket combo sakti Telkomsel 25GB akan bisa sahabat gunakan setelah kuota internet utama sebesar 15GB habis. Dengan begitu maka sahabat harus bersabar untuk bisa menggunakan kuota Soschat, Games, Music, TikTok.

Contoh Kasus Prioritas Penggunaan Kuota

Semisal hari ini sahabat mengaktifkan Paket Combo Sakti Telkomsel 25GB, tentunya sahabat akan mendapatkan benefit berupa kuota internet, nelpon, SMS, dan lainnya seperti halnya yang sudah saya sampaikan di atas. Ketika kuota internet utama sahabat masih tersedia, maka ketika sahabat mengakses aplikasi Facebook, TikTok, dan Instagram maka yang terpakai adalah kuota tersebut.

Akan tetapi ketika kuota internet utama sahabat sudah habis, maka sahabat tetap bisa streaming YouTube dengan kecepatan yang bisa dikatakan sangat rendah yaitu 64Kbps. Hal tersebut terjadi karena kuota multimedia yang masih tersedia yaitu kuota SosChat, Games, Music, dan TikTok tidak mengcover aplikasi YouTube.

Meski demikian, sahabat masih tetap bisa mengakses aplikasi WhatsApp, LINE, TikTok, dan aplikasi lainnya yang tercover kuota multimedia dalam paket combo sakti 25GB dengan kecepatan penuh. Apabila kuota multimedia sahabat habis, maka sahabat tetap bisa mengakses internet dengan kecepatan 64Kbps.

Gambaran Kecepatan 64Kbps

Apabila dihitung, 64Kbps (Kilobits per second) sama dengan 8KBps (Kilobytes per second). Itu artinya bahwa dalam satu menit dengan kecepatan penuh (64Kbps) sahabat bisa melakukan transfer data download dan upload sebanyak 8KBps x 60 detik = 480KB (Kilobyte) atau 0.48MB (Megabyte). Bayangkan apabila sahabat ingin streaming lagu MP3 8MB, dibutuhkan waktu berapa?

Apabila dihitung, maka sahabat membutuhkan waktu lebih dari 4 menit hanya untuk mendengarkan lagu yang ukuran file nya 8MB, itupun dengan kecepatan maksimal dan kecepatannya tidak menurun. Bagaimana untuk streaming video YouTube? Bisa sahabat bayangkan sepertinya tidak memungkinkan untuk melakukannya.

Kesimpulan

Paket Combo Sakti 25GB Telkomsel menawarkan kuota internet reguler, kuota aplikasi (SosChat, Games, Music, TikTok), kuota nelpon, kuota SMS, dan layaan berlangganan Disney+ HotStar. Hal yang perlu sahabat perhatikan adalah prioritas penggunaan kuota yaitu kuota aplikasi akan terpakai setelah kuota internet utama habis.

Selanjutnya satu hal lagi yang harus sahabat pahami dalam paket combo sakti 25GB adalah bahwa setelah kuota internet utama habis, maka sahabat tetp bisa mengakses aplikasi lain yang tidak tercover kuota aplikasi dengan kecepatan 64Kbps. Kalau menurut pengalaman saya, dengan kecepatan tersebut maka rasanya ‘seperti tidak ada koneksi internet’.

Catatan

Skema harga, pembagian kuota, jumlah kuota, dan benefit lainnya dari paket combo sakti Telkomsel 25GB yang sudah saya sampaikan di atas bisa berubah-ubah mengikuti kebijakan Telkomsel selaku penyedia jasa layanan. Apabila sahabat memiliki pertanyaan yang ingin disampaikan, silakan sahabat tulis di kolom komentar yang disediakan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Baca Dulu Sebelum Membeli Paket Combo Sakti Telkomsel 25GB"