Cara Cek Voucher Telkomsel Bisa Digunakan atau Tidak

Sebelum sahabat melakukan pengisian kuota internet menggunakan voucher data internet Telkomsel, setidaknya ada tiga hal yang perlu sahabat perhatikan agar nantinya voucher tersebut tidak mengecewakan dan sesuai dengan harapan sahabat. Oleh karena hal tersebut, sebelum membelinya maka sahabat harus mengecek voucher tersebut apakah bisa digunakan atau tidak.

Sejauh ini ada dua cara yang bisa sahabat lakukan untuk mengetahui informasi lengkap mengenai voucher Telkomsel seperti jumlah kuota, berada di area / lokal mana, masa kedaluwarsa voucher (apabila belum terpakai), dan apakah voucher tersebut sudah dipakai atau belum. Sahabat bisa cek informasi mengenai voucher Telkomsel menggunakan kode dial UMB dan aplikasi MyTelkomsel.

[1] Cara Cek Voucher Telkomsel Melalui Kode Dial UMB

Silakan sahabat mengakses kode dial *132*20 Digit Pertama No Seri Voucher#. Sebagai contoh saya akan cek kode voucher yang sudah digunakan yaitu dengan No Seri 9010 9420 2722 375, maka untuk mengecek apakah voucher tersebut sudah digunakan atau belum adalah dengan mengakses kode dial *132*901094202772# menggunakan nomor Telkomsel.
Hasil setelah sahabat mengakses kode tersebut adalah sahabat akan mendapatkan pesan di layar HP yang berisi “Maaf, voucher Paket Internet 1 GB & 1.5 GB Lokal Jateng – Jatim telah dipakai pada nomor 62813xxxx8940 pada tanggal 18-04-2022”. Jadi apabila pesannya adalah seperti itu, maka kode vouchernya sudah tidak bisa digunakan lagi karena sudah dipakai.

[2] Cara Cek Voucher Telkomsel Menggunakan Aplikasi MyTelkomsel

Untuk menggunakan cara ini, maka sahabat wajib install aplikasi MyTelkomsel di smartphone yang sahabat gunakan. Sahabat bisa download aplikasi MyTelkomsel secara gratis melalui Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna iOS). Apabila sudah, ikuti langkah-langkah cara cek voucher Telkomsel menggunakan aplikasi MyTelkomsel berikut ini:
  • Buka aplikasi MyTelkomsel kemudian silakan sahabat pilih [Menu][Voucher Fisik].
  • Pada halaman Voucher Fisik, silakan sahabat pilih [Cek Voucher].
  • Selanjutnya masukkan 12 Digit kode awal dari nomor seri voucher, kemudian pilih tombol [Cek Voucher].
  • Pada halaman yang sama, sahabat akan mendapatkan informasi voucher.

Karena voucher data internet Telkomsel yang saya cek tadi belum pernah digunakan, maka akan ada informasi yang berisi “Voucher paket internet 1 GB & 1.5 GB Lokal Jateng – Jatim berlaku selama 5 Hari dan dapat diaktifkan sampai dengan 25 Juli 2022”. Jadi apabila keterangannya seperti itu, maka voucher Telkomsel tersebut bisa sahabat gunakan.

Catatan

Berbeda dengan voucher yang dikeluarkan oleh provider lain seperti AXIS, Indosat IM3, Smartfren, dan lain sebagainya, Voucher Data Internet Telkomsel hanya bisa sahabat gunakan di area atau daerah wilayah tertentu. Sehingga informasi mengenai dimana voucher bisa digunakan sangat penting bagi sahabat. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Cek Voucher Telkomsel Bisa Digunakan atau Tidak