Penyebab & Solusi Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan

Ada beberapa cara yang bisa sahabat gunakan untuk isi paket data atau pulsa ke nomor Telkomsel Prabayar. Selain isi pulsa atau data secara elektronik, sahabat juga bisa melakukan pengisian kuota data internet dan juga pulsa menggunakan voucher. Khusus untuk pengisian data internet menggunakan voucher, ada beberapa hal yang perlu sahabat perhatikan agar pengisiannya berhasil.
Penggunaan voucher data internet Telkomsel sangat berbeda dengan penggunaan voucher pulsa Telkomsel. Kalau voucher pulsa Telkomsel bisa digunakan di seluruh area wilayah Indonesia, maka voucher data internet Telkomsel hanya bisa digunakan di daerah atau lokal area tertentu. Jadi perlu perlakuan khusus agar voucher Telkomsel bisa digunakan.

Penyebab

Kenapa Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan? Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan voucher Telkomsel tidak bisa dipakai. Secara umum, berikut adalah penyebab voucher Telkomsel tidak bisa digunakan:

Area lokal tidak sesuai

Wajib sahabat ketahui bahwa untuk voucher data internet Telkomsel dibagi berdasarkan area tertentu. Sebagai contoh voucher data khusus Jabotabek hanya bisa diaktifkan di area Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi. Apabila voucher Telkomsel Jabotabek sahabat aktifkan di area Bandung atau Semarang bisa dipastikan tidak bisa digunakan.

Human Error

Kesalahan yang disebabkan oleh kelalaian pengguna sangat mungkin terjadi dalam pengisian data menggunakan voucher Telkomsel. Biasanya kesalahan yang kerap terjadi adalah ketika pengguna tersebut salah memasukkan kode voucher. Angka yang kurang jelas pada voucher dan pengguna terburu-buru dalam memasukkan kode voucher merupakan penyebab yang sering terjadi.

Voucher kedaluwarsa

Ketika sahabat pengguna kartu Telkomsel tidak cermat dan teliti dalam membeli voucher data Telkomsel, maka bisa jadi sahabat membeli voucher yang kedaluwarsa. Apabila voucher yang sahabat beli sudah kedaluwarsa maka tentu saja voucher tersebut tidak akan bisa dgunakan. Hal yang harus sahabat ketahui adalah voucher Telkomsel memiliki masa berlaku.

Error system

Salah satu penyebab yang bisa membuat pengisian voucher telkomsel gagal adalah karena sistem di Telkomsel gangguan atau error. Meski sangat jarang terjadi, akan tetapi ketika sistem gangguan maka biasanya seluruh pengguna Telkomsel tidak bisa melakukan pengisian paket data internet menggunakan voucher.

Solusi

Setelah sahabat sudah mengetahui penyebab voucher Telkomsel tidak bisa digunakan, maka berikut adalah solusi untuk mengatasinya.
  • Apabila area lokal tidak sesuai, maka solusinya adalah sahabat harus menggunakan voucher tersebut di daerah yang sudah ditentukan. Semisal area Jabotabek, maka sahabat harus menggunakan voucher tersebut di daerah Jabotabek.
  • Ketika memasukkan voucher Telkomsel, lakukan dengan hati-hati agar sahabat tidak salah dalam memasukkan kode voucher. Selain itu sahabat juga harus hati-hati dalam menggosok voucher Telkomsel agar kodenya tidak rusak dan bisa terbaca dengan jelas.
  • Sebelum membeli voucher Telkomsel (fisik) pastikan bahwa voucher tersebut masih berlaku masa penggunaannya dan tidak kedaluwarsa. Biasanya dalam suatu voucher Telkomsel tertera masa berlakunya akan tetapi tulisannya kecil, sehingga sahabat harus teliti sebelum membelinya.
  • Saat sistem Telkomsel sedang mengalami gangguan seperti Voucher ADN Belum Aktif, maka yang bisa sahabat lakukan adalah menunggu sistem tersebut kembali normal dan bisa digunakan kembali.

Dengan paparan penjelasan yang sudah saya sampaikan diatas mengenai penyebab dan solusi Voucher Telkomsel tidak bisa digunakan, maka saya yakin bahwa sahabat sudah tidak akan bingung atau panik ketika menemui permasalahan tersebut. Apapun penyebabnya, pasti suatu permasalahan selalu ada solusinya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penyebab & Solusi Voucher Telkomsel Tidak Bisa Digunakan