Pengalaman Perjalanan Via Udara Diwaktu Pandemi Covid-19

Karena kebetulan saya ada acara di Jayapura, maka setelah cukup lama saya tidak melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang, akhirnya saya melakukan perjalanan via udara di tengah-tengah pandemi Covid-19 yang belum selesai. Hal tersebut saya lakukan karena untuk perjalanan dari Merauke ke Jayapura hanya bisa ditempuh menggunakan tansportasi udara dan laut.

Mengingat apabila melakukan perjalanan via kapal laut membutuhkan waktu yang cukup lama (bisa berhari-hari), maka untuk menghemat waktu saya lebih memilih untuk melakukan perjalanan menggunakan pesawat terbang. Berbeda dengan ketika melakukan perjalanan pada situasi normal, maka untuk melakukan perjalanan di era “New Normal” ada syarat khusus yang harus dipenuhi.

Salah satu syarat wajib yang harus dipenuhi ketika melakukan perjalanan adalah Rapid test antigen atau swab antigen. Sebagai informasi bahwa hasil tes tersebut hanya berlaku selama 1 x 24 Jam, sehingga apabila jadwal penerbangan saya adalah hari ini (tanggal 17 Oktober 2021) jam 11.30 WIT, maka saya harus melakukan tes antigen kemarin sore atau pagi ini sebelum berangkat.
Ketika saya berangkat ke Jayapura dari Merauke pada tanggal 1 Otober 2021 Jam 14.00 WIT, saya melakukan tes antigen satu hari sebelumnya pada jam 17.00 WIT. Sedangkan ketika hari ini saya melakukan perjalanan ke Merauke dari Jayapura Jam 12.15 WIT, saya sengaja melakukan tes antigen pada pagi ini sekitar jam 09.00 WIT.

Kebetulan untuk biaya tes antigen di Merauke dan Jayapura harganya adalah sama yaitu Rp 100.000. Dengar-dengar kabar untuk biaya tes antigen di Merauke dan Jayapura harganya bisa mencapai Rp 225.000, oleh karena hal tersebut tentu saja mencari tempat yang resmi dan dengan biaya murah perlu sahabat lakukan.

Kalau saat ini, tempat rekomendasi saya untuk melakukan tes swab antigen di Merauke adalah di Klinik Mitra Keluarga yang beralamatkan di Jalan Raya Mandala yang posisinya di depan Kodim 1707 Merauke. Sedangkan rekomendasi tempat untuk melakukan tes swab antigen di Jayapura adalah di Klinik ASA yang salah satu titik tempatnya berada di Bandara Sentani Jayapura (Depan Roti Boy).

Oh iya, untuk masuk ke Bandara Sentani saya juga disuruh untuk scan QR Aplikasi PeduliLindungi yang menginformasikan bahwa saya sudah tes antigen dan tercatat di aplikasi tersebut. Bagi sahabat yang belum menginstal aplikasi PeduliLindungi, maka sahabat bisa mendownloadnya secara gratis di Google Play Store dan App Store. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Perjalanan Via Udara Diwaktu Pandemi Covid-19