Perbedaan Kuota Internet dan Kuota Multimedia Telkomsel

Ada dua jenis kuota yang ditampilkan di Aplikasi MyTelkomsel yaitu kuota Internet dan kuota multimedia. Sama-sama bisa digunakan untuk mengakses internet, akan tetapi dari segi fungsi, kuota multimedia Telkomsel memiliki keterbatasan dibandingkan dengan kuota internet. dari segi harga, kuota multimedia Telkomsel bisa dibilang lebih murah dibandingkan kuota internet.

Untuk membahas lebih lanjut mengenai perbedaan dari kedua jenis kuota tersebut, berikut akan saya sampaikan perbandingan antara kuota internet dan kuota multimedia dilihat dari fungsi dan macamnya.

Fungsi

Kuota Internet

Dilihat dari fungsi, kuota internet bisa digunakan untuk mengakses semua konten internet. Jadi bisa dikatakan bahwa dengan memiliki kuota internet, maka semua aplikasi tersedia atau terpasang di smartphone yang sahabat gunakan dan yang membutuhkan akses internet bisa dijalankan semua dengan menggunakan kuota ini.

Kuota Multimedia

Berbeda dengan kuota internet, kuota multimedia Telkomsel memiliki fungsi yang lebih terbatas. Sahabat hanya bisa mengakses aplikasi khusus sesuai dengan jenis kuota multimedia yang sahabat miliki. Jadi jangan diasumsikan bahwa semua kuota multimedia Telkomsel memiliki fungsi yang sama ya…

Macam

Kuota Internet

Telkomsel memiliki beberapa kuota internet, yaitu sebagai berikut:
  • Kuota internet utama (reguler) – merupakan tingkat paling atas dari semua kuota internet yang dimiliki Telkomsel. Kuota ini bisa digunakan untuk mengakses semua konten internet tanpa batasan waktu penggunaan dan bisa digunakan di semua jaringan Telkomsel (2G, 3G, 4G, dan 5G) di seluruh wilayah Indonesia yang tercover sinyal Telkomsel.
  • Kuota internet lokal – memiliki karakteristik yang sama dengan kuota internet utama. Yang membedakan antara keduanya adalah kuota internet lokal hanya bisa digunakan di daerah atau lokasi tempat mengaktifkan paket.
  • Kuota internet 4G – juga memiliki karakteristik yang sama dengan kuota internet utama, akan tetapi sesuai dengan namanya (4G), maka kuota ini hanya bisa sahabat gunakan di jaringan internet 4G saja. Jadi kuota tersebut tidak bisa sahabat gunakan pada jaringan 2G, 3G, dan 5G.
  • Kuota internet malam (Midnight) – sesuai dengan namanya bahwa kuota Midnigh Telkomsel hanya bisa sahabat gunakan pada jam-jam tertentu yaitu dari pukul 00.00 – 07.00.

Kuota Multimedia

Telkomsel memiliki beberapa macam kuota multimedia. Pastinya setiap kuota tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Jadi, perhatikan terlebih dahulu jenis kuota multimedia yang sahabat miliki sebelum menggunakannya. Berikut adalah beberapa jenis kuota multimedia:
  • Kuota Nonton – bisa sahabat gunakan untuk mengakses beberapa aplikasi seperti WhatsApp, LINE, TikTok, MAXstream, MusicMAX, GamesMAX, Facebook, Instagram, YouTube, Disney+, Viu, Lionsgate Play, Amazon Prime Video, dan Vidio.
  • Kuota OMG – bisa digunakan untuk mengakses beberapa aplikasi seperti YouTube, Facebook, Instagram, MAXstream, Viu, Iflix, Klik Film, beIN Sports, dan Nickelodeon.
  • Kuota Sosmed – bisa digunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp, LINE, MusicMAX, GamesAMX, Facebook, dan Instagram.
  • Kuota Chat – bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp, LINE, MusicMAX, dan GamesMAX.
  • Kuota MAXstream – bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi MAXstream, TikTok, Amazon Prime Video, Disney+ Hotstar, Genflix, HBO GO, Iflix, RCTI+, MOLA, Vision+, Sushiroll, Vidio, dan Viu.
  • MusicMAX – kuotanya bisa sahabat gunakan untuk mengakses beberapa aplikasi seperti LangitMusik, Spotify, Joox, WeSing, Resso, dan Smule.

Masih ada beberapa kuota multimedia Telkomsel yang belum saya sebutkan. Meski demikian, setidaknya dengan gambaran mengenai kuota internet dan kuota multimedia yang sudah saya sampaikan di atas, saya harapkan sahabat sudah bisa membedakan fungsi dan jenis kuota internet dan kuota multimedia. Semoga membantu dan bermanfaat.

Perbedaan Kuota Internet dan Kuota Multimedia Telkomsel