Jangan Jualan Pulsa Menggunakan Dompet Digital

Banyaknya kemudahan yang dihadirkan dalam layanan dompet digital atau e-Wallet tentunya sangat menguntungkan bagi penggunanya. Meski demikian, bukan berarti bahwa sahabat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk melakukan apa saja. Salah satu hal yang cukup beresiko dalam pemanfaatan dompet digital adalah untuk berjualan pulsa.
Nominal dan harga pulsa reguler di DANA

Mengapa saya mengatakan cukup beresiko? Hal tersebut tentunya tidak lepas dari tuntutan ketika orang berjualan pulsa harus bisa memuaskan pelanggan. Perlu sahabat ketahui bahwa tidak selamanya transaksi pembelian pulsa menggunakan dompet digital bisa lancar terus. Ada kalanya bahwa transaksi tersebut bisa gagal.

Bukankah kalau gagal maka saldonya akan dikembalikan? Iya benar, akan tetapi cara melayaninya berbeda dengan agen atau distributor penjualan pulsa yang memang fokus dalam hal bisnis tersebut. Sebagai contoh CS agen penjualan pulsa responnya lebih cepat (hitungan menit) dibandingkan dengan CS dompet digital yang melayani banyak pelanggan (kadang tidak direspon).

Berdasarkan pengalaman saya ketika gagal melakukan pengisian pulsa menggunakan aplikasi Dompet Digital DANA, diperlukan waktu sekitar 24 Jam untuk pengembalian saldo atau refund. Selama uang dalam bentuk saldo DANA belum dikembalikan, status proses transaksi pengisian pulsa tersebut masih proses. Jadi belum ditentukan gagal atau sudah berhasil transaksi tersebut.

Hal tersebut tentunya sangat mengkhawatirkan apabila yang diisi pulsanya adalah pembeli pulsa yang orangnya tidak terlalu sahabat kenal. Pastinya ada perasaan kurang nyaman yang akan sahabat rasakan ketika melakukan pengisian pulsa, kemudian pulsanya tidak segera masuk. Kalau terjadi hal seperti itu, apa yang harus dilakukan? Bingung kan…

Dari uraian cerita yang sudah saya sampaikan di atas, maka saya harapkan sahabat sudah bisa mempertimbangkan sebelum melakukan jual beli pulsa menggunakan dompet digital. Tentunya salah satu faktor yang sangat berpengaruh dalam hal tersebut adalah apabila transaksi pengisian pulsa gagal, dan statusnya digantung “Masih dalam proses”.

Dalam tulisan saya yang berjudul [Pengalaman Gagal Isi Ulang Pulsa Dengan Dompet Digital DANA] terdapat beberapa komentar dari sahabat pembaca yang mengeluh dan bingung ketika mereka gagal melakukan isi ulang pulsa. Salah satunya malah ada yang menceritakan bahwa sudah tiga hari, akan tetapi statusnya masih proses.

Meski sering ada promo berupa diskon, voucher, dan lainnya dari transaksi pembelian pulsa melalui dompet digital, akan tetapi menurut saya promo tersebut baiknya sahabat nikmati sendiri tanpa harus dikomersilkan. Andaikan ingin menjualnya, sebaiknya disampaikan bahwa prosesnya bisa mencapai 1 x 24 Jam (untuk antisipasi kalau sistem gangguan). Semoga membantu dan bermanfaat.

Jangan Jualan Pulsa Menggunakan Dompet Digital