Bagus Mana? Paket Combo Sakti Vs OMG Telkomsel

Bagi sahabat pengguna nomor Telkomsel prabayar (Karu As, Simpati, dan Loop) tentunya akan sering melihat penawaran paket internet melalui pesan SMS dari Telkomsel. Adapun paket yang sering ditawarkan oleh operator tersebut adalah Paket Combo Sakti dan Paket OMG. Kalau menurut sahabat, mana yang terbaik antara kedua paket tersebut?
Saya yakin bagi sahabat pengguna lama kartu Telkomsel, tentunya sudah bisa menentukan mana yang terbaik dari kedua paket tersebut. Akan tetapi khusus bagi sahabat yang baru saja menggunakan kartu Telkomsel atau masih awam dalam menghitung kuota data internet, berikut akan saya bahas perbandingan antara Paket Combo Sakti dan OMG Telkomsel.

Selisih Harga Zona

Seperti biasa bahwa harga paket internet yang ditawarkan oleh Telkomsel kepada pelanggannya selalu dipengaruhi oleh Zona Wilayah Telkomsel. Hal tersebut membuat ketimpangan dengan adanya perbedaan harga paket antara daerah satu dengan daerah lainnya meski paket dan jumlah kuota yang didapatkan adalah sama.

Begitu juga dengan harga Paket Combo Sakti dan OMG yang ditawarkan oleh Telkomsel. Harga yang ditawarkan kedua paket tersebut kepada pelanggan Telkomsel berbeda-beda antara Zona 1 hingga Zona 14. Biasanya harga termahal diberikan kepada Zona 13 & 14 yang mencakup daerah Maluku, Papua, dan Papua Barat.

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman saya sebagai pengguna kartu Telkomsel, selisih harga paket Combo Sakti antara Zona 1 – 14 lebih sedikit (sekitar 0 - Rp 10.000) dibandingkan dengan selisih Paket OMG antara Zona 1 – 14 yaitu sekitar Rp 20.000. Sebagai contoh harga Paket Combo Sakti Telkomsel 15GB di semua Zona Telkomsel berkisar antara Rp 75.000 – Rp 85.000.

Harga untuk paket internet OMG 14GB di daerah Bogor adalah Rp 90.000, sedangkan harga paket yang sama di daerah saya (Merauke) adalah Rp 112.000. Kalau dilihat dari selisih harga berdasarkan Zona Telkomsel, maka bisa diambil kesimpulan bahwa selisih harga Paket Combo Sakti akan lebih menguntungkan dibeli oleh pengguna Telkomsel di semua Zona.

Banyaknya Kuota Internet

Dalam hal ini yang akan saya bandingkan adalah jumlah kuota internet pada paket Combo Sakti Telkomsel 15GB dengan harga Rp 75.000 hingga Rp 85.000 dan paket internet OMG 14GB (12GB + 2GB OMG) dengan harga Rp 90.000 hingga Rp 114.000. Sepintas tanpa pikir panjang bahwa kuota internet pada paket Combo Sakti (15GB) lebih banyak dibandingkan dengan paket internet OMG (12GB).

Harga Per 1GB

Tentu saja yang bisa menjadi parameter dalam melihat perbandingan harga kuota internet adalah harga per 1GB dari kuota yang ditawarkan oleh kedua paket tersebut. Dalam hal ini yang saya hitung hanya kuota internet utama, alasannya adalah karena kuota tersebut bisa digunakan untuk mengakses semua konten internet.

Harga per 1GB dari paket Combo Sakti 15GB yang harganya 75ribu sampai 85ribu adalah Rp 6.250 – 7.083. Sedangkan harga per 1GB dari paket internet OMG 14GB (12GB + 2GB OMG) yang harganya 90ribu sampai dengan 114ribu adalah Rp 7.500 – Rp 9.500. Berdasarkan perbandingan harga per 1GB dari kedua paket tersebut bisa diketahui bahwa harga dari paket combo sakti lebih murah.

Benefit

Paket Combo Sakti dan Paket Internet OMG bukan hanya memberikan kuota internet, akan tetapi kedua paket tersebut juga memberikan benefit atau keuntungan lainnya. Sebagai informasi bahwa Paket Combo Sakti 15GB dengan harga 75rb – 85rb selain memberikan kuota internet 15GB, paket tersebut juga memberikan kuota nelpon 150 Menit dan 400 SMS kesesama nomor Telkomsel.

Sedangkan Paket Internet OMG 14GB dengan harga 90rb – 114rb hanya memberikan kuota internet 12GB dan kuota OMG 2GB. Oh iya, saat ini sedang ada promo dimana untuk pembelian kedua paket tersebut akan diberikan benefit layanan berlangganan Disney+ Hotstar selama 1 bulan. Tentu saja dilihat dari semua benefit, Paket Combo Sakti lagi-lagi lebih unggul dibandingkan paket OMG.

Kesimpulan

Berdasarkan beberapa perbandingan seperti yang sudah saya sampaikan di atas, maka bisa diambil kesimpulan bahwa apabila ada pertanyaan “Bagus mana antara Paket Combo Sakti Telkomsel dibandingkan dengan Paket Internet OMG Telkomsel?”, maka bisa saya Jawab bahwa Paket Combo Sakti lebih baik dari Paket Internet OMG. Semoga membantu dan bermanfaat.

Bagus Mana? Paket Combo Sakti Vs OMG Telkomsel