8 Tips Penting Khusus Bagi Ibu Yang Sedang Hamil

Bagi sahabat pembaca yang saat ini sedang berada dalam kondisi hamil, saya ucapkan selamat atas kehamilannya ya! Semoga selama proses kehamilan, sahabat bisa menikmati dan menjalani kehamilan tersebut hingga nantinya melahirkan sesuai dengan yang diharapkan dan dicita-citakan, Aamiin. Tentunya agar proses tersebut bisa berjalan dengan lancar, ada beberapa hal yang harus sahabat perhatikan ketika sahabat tengah mengandung.
8 tips khusus bagi ibu yang sedang hamil
Berbeda dengan wanita yang sedang berada dalam kondisi tidak hamil, sahabat yang saat ini tengah hamil tentunya membutuhkan beberapa perlakuan khusus agar kesehatan ibu dan janin selalu terjaga. Pola hidup sehat dan memilih makanan yang bagus untuk ibu hamil adalah hal yang wajib sahabat lakukan. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa tips cara menjaga kesehatan ibu hamil dan janin dalam kandungan.

[1] Konsumsi Makanan & Minuman Yang Bergizi

Makanan dan minuman yang bergizi bukan ditentukan oleh banyak atau kuantitas makanan yang harus sahabat makan, akan tetapi berdasarkan kualitas dari makanan dan minuman yang sahabat konsumsi. Perlu sahabat ketahui bahwa makanan yang sahabat konsumsi secara tidak langsung juga akan dikonsumsi oleh bayi dalam kandungan. Oleh karena hal tersebut, sahabat harus pandai dalam memilih makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Selama kehamilan, sahabat membutuhkan tambahan kalori sekitar 180 kkal/hari pada trimester pertama dan 300 kkal/hari pada trimester kedua dan ketiga (berdasarkan angka kecukupan gizi tahun 2019). Beberapa makanan dan minuman yang dianjurkan bagi sahabat yang sedang hamil adalah susu, produk olahan susu, kacang-kacangan, ubi, ikan salmon, telur, sayuran berdaun hijau, daging merah, ayam, buah jenis beri, gandum, alpukat, dried fruit, dan air mineral yang cukup.

[2] Tidur Yang Cukup & Berkualitas

Sahabat yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk tidur di malam hari lebih lama dari biasanya (khususnya pada kehamilan trimester pertama). Hal tersebut perlu sahabat lakukan untuk menjaga kesehatan dan membantu proses persalinan menjadi lebih lancar. Selama kehamilan maka sahabat akan mudah mengantuk di siang hari dan sulit tidur di malam hari akibat perubahan hormon, sehingga sahabat harus pintar-pintar untuk menyiasati agar mudah tidur di malam hari.

[3] Hindari Aktifitas Berat

Apabila sebelumnya sahabat adalah wanita yang memiliki aktifitas yang berat dan padat, maka sahabat harus mengurangi aktifitas tersebut di masa-masa kehamilan. Khususnya bagi sahabat yang sedang hamil muda, melakukan aktifitas yang berat akan merugikan kondisi janin bayi. Bahkan apabila sahabat terlalu banyak berdiri maka bisa menyebabkan kondisi Rahim tegang dan memicu kram yang bisa menyebabkan keguguran.

[4] Hindari Stres

Sebagai informasi bahwa stres dapat mengganggu dan mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Oleh karena itu ketika hamil, sahabat tidak boleh terbebani dengan banyak masalah yang menyebabkan stres. Untuk mengatasi hal tersebut, maka sahabat harus mengetahui penyebab dari stres yang sahabat alami. Setelah mengetahuinya, silakan curahkan permasalahan tersebut kepada orang terdekat atau pasangan agar beban pikiran sahabat bisa berkurang.

[5] Hindari Produk Yang Mengandung Bahan Kimia

Selain makanan, sahabat yang saat ini sedang hamil juga harus memperhatikan kosmetik atau produk kecantikan yang akan sahabat gunakan. Hindari produk kecantikan yang mengandung bahan kimia seperti retinoid, merkuri, AHA, dan zat lainnya yang bisa membahayakan kesehatan sahabat dan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, sahabat harus mulai menggunakan produk yang direkomendasikan untuk Ibu hamil.

[6] Jaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

Ketika sahabat berada dalam kondisi hamil, maka sahabat disarankan untuk menaikkan berat badan. Apabila berat badan sahabat normal, maka sahabat disarankan untuk menaikkan berat badan 11,5Kg hingga 16Kg. Bagi sahabat yang sebelum hamil berat badannya masih kurang atau sangat kurus, maka dianjurkan untuk menaikkan berat badan 13Kg sampai dengan 18Kg. Menurut Kemenkes, pertambahan berat badan menunjukkan kebaikan status gizi ibu hamil dan perkembangan janin.

[7] Cek Kondisi Janin Secara Rutin

Dengan rutin memeriksakan kondisi kandungan ke dokter kandungan, maka sahabat sudah melakukan usaha untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Tentu saja dengan sahabat rutin memeriksakan kandungan, maka sahabat bisa mengetahui perkembangan janin secara berkala. Biasanya ketika sahabat pertama kali datang ke dokter kandungan, maka sahabat akan diberikan buku pemeriksaan kehamilan dan jadwal rutin untuk pemeriksaan kandungan.

[8] Rajin Cuci Tangan

Mencuci tangan menggunakan sabun adalah salah satu hal yang wajib dilakukan oleh sahabat yang tengah hamil. Dengan rajin mencuci tangan, otomatis sahabat sudah melakukan usaha untuk mencegah datangnya kuman dan bakteri yang rentan menyerang seperti toksoplasmosis, cytomegalovirus, dan streptokokus grub B. Infeksi serius yang dialami oleh ibu hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi serta risiko bayi lahir cacat.

Selain beberapa tips yang saya sampaikan di atas, tentunya masih banyak lagi hal-hal yang harus sahabat pelajari sebelum atau ketika sahabat berada dalam kondisi hamil. Oleh karena itu ketika sahabat mengetahui bahwa sahabat positif hamil, maka segeralah sahabat untuk datang ke dokter kandungan untuk konsultasi mengenai kondisi sahabat. Dokter akan memberikan saran dan menjawab pertanyaan dari sahabat. Semoga membantu dan bermanfaat.

8 Tips Penting Khusus Bagi Ibu Yang Sedang Hamil