Cara Mudah Privat Nomor Kartu AXIS

Bagi sahabat pengguna kartu AXIS yang ingin melakukan panggilan tanpa diketahui nomornya, maka sahabat bisa memanfaatkan layanan Privat Number. Cara privat nomor kartu AXIS sebenarnya cukup mudah dan bisa sahabat lakukan menggunakan salah satu dari dua cara yang tersedia. Kedua tutorial cara tersebut akan saya bahas lengkap pada kesempatan kali ini.

[1] Melalui Pengaturan HP

Hampir setiap HP dan Smartphone yang beredar luas di pasaran, biasanya memiliki fasilitas untuk menyembunyikan nomor panggilan yang dilakukan oleh pemiliki HP. Berhubung smartphone yang saya gunakan adalah Xiaomi Mi MAX, maka pada tutorial cara privat nomor AXIS di bawah ini yang saya gunakan adalah HP tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:
  • Silakan sahabat masuk ke halaman Pengaturan atau Setting dengan memilih menu [Setelan].
  • Pada halaman Setelan, silakan sahabat memilih menu [Aplikasi Sistem].
  • Langkah selanjutnya, silakan sahabat memilih menu [Telepon].
  • Pada halaman Telepon, kemudian pilih menu [Setelan Lanjutan].
  • Selanjutnya, silakan sahabat pilih menu [Nomor Pemanggil].
  • Apabila HP yang sahabat gunakan adalah double SIM Card atau terpasang dua kartu, maka silakan sahabat pilih salah satu nomor (dalam hal ini nomor AXIS) untuk disembunyikan nomor panggilannya.
  • Langkah terrakhir adalah silakan sahabat pilih Sembunyikan (nomor tersembunyi).

[2] Menggunakan Kode Dial

Apabila sahabat tidak ingin ribet dalam mengatur HP untuk melakukan panggilan Privat, maka sahabat bisa langsung menyembunyikan nomor panggilan (privat nomor) dengan menambahkan kode dial #31# ketika sahat akan melakukan panggilan menggunakan nomor AXIS. Sebagai contoh, sahabat akan melakukan panggilan ke nomor 0831 9878 6767.
Maka cara mudah untuk melakukan panggilan privat (tersembuyi) ke nomor tersebut adalah dengan menghubunginya dengan cara menambahkan kode #31# di depan nomor 0813 9878 6767. Jadi nomor yang sahabat hubungi adalah #31#083198786767. Setelah sahabat melakukan panggilan, maka nomor yang akan tampil di HP penerima adalah nomor Privat.

Catatan

Cara tentang privat nomor kartu AXIS yang saya sampaikan di atas juga bisa digunakan oleh sahabat pengguna nomor XL Axiata. Seperti yang sudah sahabat ketahui bersama bahwa AXIS sudah diakuisisi oleh XL beberapa tahun yang lalu. Oleh karena itu, saat ini hampir semua jaringan yang digunakan oleh AXIS dan XL adalah sama.

Sebagai informasi bahwa tidak semua operator seluler mengizinkan atau memberikan layanan menyembunyikan nomor pada saat melakukan panggilan. Dalam hal ini salah satu satu operator yang tidak mengizinkan penggunanya melakukan privat nomor pada waktu melakukan panggilan telepon adalah Telkomsel. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Mudah Privat Nomor Kartu AXIS