Pengalaman Perpanjang STNK Dari Rumah

Satu hari lagi masa berlaku STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) sepeda motor Honda Beat saya akan berakhir, sehingga sebagai warga negara yang taat hukum, saya harus segera memperpanjangnya. Karena tahun kemarin saya melakukan perpanjangan STNK secara online menggunakan aplikasi SAMSAT Online Nasional (SAMOLNAS), maka hari ini saya juga berencana untuk memperpanjang STNK tersebut secara online.

Ketika saya membuka aplikasi SAMOLNAS kemudian saya melakukan pendaftaran dengan memasukkan Nomor Polisi, NIK, 5 Digit Terakhir No. Rangka, Kontak, dan E-mail, ternyata ketika saya lanjutkan prosesnya ada keterangan bahwa aplikasi tersebut sedang dalam perbaikan (maintenance), sehingga tentu saja saya tidak bisa melakukan perpanjangan STNK menggunakan aplikasi tersebut.

Berhubung di daerah saya (Merauke) terdapat layanan SAMSAT DELIVERY, selanjutnya saya mencoba untuk menggunakan layanan tersebut. Caranya tidak terlalu ribet, malah bisa saya katakan bahwa layanan tersebut sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Yang terpenting adalah sahabat bisa kirim pesan menggunakan SMS ataupun aplikasi WhatsApp. Jadi saya hanya kirim pesan ke nomor SAMSAT DELIVERY dengan mengetikan Nomor Polisi Kendaraan, Nama, dan Alamat.
Saya sengaja kirim pesan ke SAMSAT DELIVERY sekitar pukul 7 pagi, dengan harapan supaya bisa diproses lebih cepat. Ternyata pesan yang saya kirim via aplikasi WhatsApp tersebut tidak langsung terkirim, sehingga tentu saja untuk mendapatkan respon dari petugas maka saya harus menunggu. Selanjutnya sekitar jam 08.00 saya mendapatkan pesan dari SAMSAT DELIVERY bahwa data yang saya kirimkan sedang dicek dan saya disuruh menunggu.

Kurang dari 10 Menit, petugas tersebut menginformasikan kepada saya bahwa biaya yang harus dibayarkan adalah sebesar Rp 287.000. Selain itu, petugas tersebut juga meminta konfirmasi dari saya (apakah hari ini saya siap apabila STNK nya akan dijemput petugas Samsat). Saya jawab “Siap”, kemudian petugas tersebut bertanya tentang lokasi penjemputan, dan saya Share location rumah saya via aplikasi WhatsApp.

Petugas tersebut kemudian menginformasikan bahwa 15 menit lagi akan ada petugas dari Samsat yang akan menjemput STNK saya. Benar, sekitar 15 menit kemudian ada petugas yang datang ke rumah dan membawa dokumen untuk perpanjang STNK. Saya hanya dimintai STNK, biaya yang sudah disebutkan di awal, dan disuruh tanda tangan pada dokumen tersebut, selanjutnya petugas tersebut langsung pergi lagi.

Oh iya, sebelum petugas tersebut pergi, saya juga sempat bertanya “Apakah nanti STNK yang sudah diperbarui harus saya ambil atau bagaimana?”. Kemudian petugas tersebut menjawab bahwa nantinya STNK yang sudah diperbarui akan diantar lagi ke rumah saya. Dalam hati saya berkata “Luar biasa pelayanan dari kantor SAMSAT DELIVERY Merauke”. Karena saya tidak disibukkan dengan foto kopi dokumen KTP, BPKB, dan STNK lama, jadi prosesnya sangat sederhana dan cepat.

Setelah sekitar 1 Jam, petugas yang tadi datang ke rumah saya untuk mengambil STNK, datang lagi dengan membawa STNK yang sudah diperbarui. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada petugas SAMSAT DELIVERY Merauke yang sudah melayani masyarakat (termasuk saya) dengan baik. Bagi sahabat yang ingin menggunakan jasa layanan tersebut, sahabat bisa membaca tulisan saya [Cara Mudah Membayar Pajak Kendaraan di Merauke]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Perpanjang STNK Dari Rumah