-->

Mengenal Kuota Belajar Kemenag Telkomsel

Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) ikut membantu proses pembelajaran secara online di tengah pandemik Covid-19. Bantuan yang diberikan oleh Kemenag tersebut berwujud kuota belajar yang diberikan kepada pelajar, tenaga pengajar, dan karyawan di lingkungan Kemenag. Bagi sahabat yang menggunakan kartu Telkomsel, maka sahabat akan menemukan dua jenis kuota bantuan dari kemenag yang dikirimkan ke nomor sahabat.

Pengertian

Kuota belajar Kemenag adalah kuota internet yang diberikan oleh pemerintah melalui kementerian agama yang terdiri dari kuota umum dan kuota belajar. Bagi sahabat pengguna nomor Telkomsel, maka kuota tersebut bisa sahabat lihat di aplikasi MyTelkomsel. Kuota umum sebesar 5GB bisa sahabat lihat di menu kuota “Internet”, sedangkan kuota belajar yang besarnya 25GB – 45GB bisa sahabat lihat di menu kuota “Multimedia”.

Fungsi

Secara umum kuota belajar kemenag berfungsi untuk membantu pelaku pendidikan agar tetap bisa melakukan pembelajaran jarak jauh dengan lancar. Karena dalam kuota belajar kemenag terdapat 2 jenis kuota (kuota umum & kuota belajar), maka tentu saja kedua jenis kuota tersebut memiliki fungsi masing-masing. Kuota umum berfungsi untuk mengakses konten internet apa saja, sedangkan kuota belajar hanya khusus berfungsi untuk mengakses beberapa konten belajar.

Cara Mendapatkan

Untuk mendapatkan kuota bantuan pemerintah melalui kemenag caranya tidak terlalu rumit. Silakan sahabat mendaftarkan nomor yang sahabat miliki ke sekolah atau kampus tempat sahabat bekerja atau belajar. Selanjutnya dari kampus atau sekolah, nomor yang terkumpul akan diajukan kepada kemenag agar mendapatkan bantuan kuota belajar. Perlu sahabat ketahui bahwa kemenag bekerja sama dengan hampir semua provider telekomunikasi seluler di Indonesia.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan dari kuota belajar kemenag adalah kuota tersebut diberikan secara gratis (tanpa biaya), jadi sahabat akan mendapatkan kuota bantuan belajar tanpa harus membelinya. Kekurangan dari kuota belajar kemenag adalah salah satu jenis kuotanya (kuota belajar) yang porsi kuotanya lebih besar dibandingkan dengan kuota umum, hanya bisa digunakan untuk mengakses beberapa portal atau aplikasi belajar saja.

Catatan

Kuota belajar kemenag hanya diberikan dalam kurun waktu tertentu. Kalau dilihat dari informasi yang disampaikan oleh kemenag disebutkan bahwa kuota bantuan belajar kemenag hanya diberikan sampai bulan Desember. Meski demikian tidak menutup kemungkinan bahwa bantuan tersebut bisa diperpanjang. Tentu saja hal tersebut tergantung dari situasi dan kebijakan dari kemenag selaku pemberi bantuan.

Khusus bagi sahabat pengguna Telkomsel, maka sahabat bisa cek kuota belajar kemenag melalui aplikasi MyTelkomsel. Apabila sahabat belum memilikinya, maka sahabat bisa download aplikasi MyTelkomsel secara gratis di Google Play Store (bagi pengguna Android), App Store (bagi pengguna iOS), dan di AppGallery (bagi pengguna Huawei). Untuk pengguna kartu lainnya, bisa menyesuaikan. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Kuota Belajar Kemenag Telkomsel