-->

Mengenal Kartu MPWR by Indosat Ooredoo

Setelah beberapa operator seluler di Indonesia mengeluarkan produk kartu seluler serba digital, selanjutnya Indosat Ooredoo juga tidak mau ketinggalan ikut membuat produk kartu serba digital yang diberi nama MPWR. Indosat Ooredoo mengikuti jejak Telkomsel yang sebelumnya sudah mengeluarkan Kartu by.U, Smartfren yang sudah mengeluarkan Kartu Switch, dan XL Axiata yang juga sudah mengeluarkan produk Kartu Live.On.

Pengertian

MPWR Digital Telco adalah salah satu kartu seluler prabayar serba digital yang dikeluarkan oleh Indosat Ooredoo. Karena induknya adalah Indosat Ooredoo, maka jaringan yang digunakan oleh MPWR juga sama dengan kartu Indosat prabayar lainnya seperti Indosat IM3. Jadi selama di daerah sahabat terdapat sinyal Indosat IM3 Ooredoo, berarti sahabat juga bisa menggunakan MPWR di tempat sahabat.

Fungsi

Sama seperti kartu telekomunikasi seluler lainnya, kartu MPWR berfungsi untuk melakukan komunikasi seperti panggilan telepon, kirim SMS, dan juga melakukan aktivitas lainnya menggunakan jaringan Internet. Jadi kalau dilihat dari segi fungsi, kartu MPWR memiliki kegunaan yang sama dengan kartu prabayar lainnya. Meski demikian, menurut saya kartu serba digital ini sepertinya lebih memprioritaskan penjualan data Internet.

Produk

Saat ini (ketika saya menulis) ada 4 Produk yang ditawarkan oleh MPWR, yaitu terdiri dari paket utama, tambahan, panggilan internasional, dan roaming. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah 4 produk yang ditawarkan oleh kartu MPWR by Indosat:

[1] Paket Utama

Sesuai dengan namanya bahwa paket utama berisi 100% kuota internet reguler (utama). Itu artinya bahwa kuota internet dari paket tersebut bisa sahabat gunakan untuk mengakses konten internet apa saja di seluruh jaringan (2G, 3G, dan 4G) Indosat Ooredoo. Selain itu, kuota utama pada kartu MPWR juga tidak ada pembagian waktu penggunaannya, sehingga sahabat bisa menggunakannya full 24 Jam.

[2] Paket Tambahan

Kartu MPWR juga menyediakan paket tambahan (Add On) yang bisa sahabat beli untuk melengkapi kuota utama yang sahabat miliki. Sahabat bisa memilih paket tambahan sesuai dengan kebutuhan sahabat, sebagai contoh adalah paket tambahan Paket Nelpon kesemua operator, tambahan paket internet apabila dirasa kuota internet utama yang sahabat beli kurang jumlahnya, atau paket tambahan lainnya yang disediakan oleh MPWR.

[3] Paket Panggilan Internasional

Bagi sahabat yang memiliki keluarga atau kerabat di luar negeri, maka sahabat bisa melakukan panggilan via telpon menggunakan paket panggilan internasional yang disediakan oleh kartu MPWR. Meski di zaman sekarang ini orang sudah banyak beralih menggunakan internet untuk melakukan panggilan suara (voice call) dan panggilan video (video call), akan tetapi masih ada sebagian masyarakat yang masih menggunakan panggilan suara via satelit.

[4] Paket Roaming

Bagi sahabat yang akan menunaikan ibadah Haji atau Umroh, berlibur wisata ke luar negeri, atau kegiatan lainnya ke luar negeri, maka sahabat bisa memanfaatkan paket roaming kartu MPWR agar bisa tetap mengakses internet di luar negeri menggunakan kartu MPWR. Jadi dengan adanya paket roaming tersebut, maka sahabat tidak perlu membeli kartu baru di negara tujuan untuk bisa tetap menikmai layanan internet.

Perbedaan

Dibandingkan dengan saudaranya (Indosat IM3 Ooredoo), MPWR tentu saja memiliki perbedaan dengan saudaranya tersebut. Seperti yang sudah saya singgung sebelumnya bahwa kartu MPWR adalah serba digital, jadi apabila sahabat ingin melakukan transaksi pengisian pulsa, pembelian paket utama dan Add on (tambahan) hanya bisa sahabat lakukan melalui aplikasi. Hal tersebut berbeda dengan kartu Indosat IM3 yang bisa isi pulsa dan beli paket data melalui konter pulsa.

Kelebihan & Kekurangan

Kelebihan dari kartu MPWR by Indosat adalah paket yang disediakan cukup sederhana dan tidak ribet. Maksudnya adalah pilihannya tidak terlalu banyak dan kuotanya tidak dibagi-bagi. Hal tersebut tentu saja sangat kontras dengan saudaranya yaitu Indosat IM3 Ooredoo yang memiliki paket yang begitu banyak, pembagian kuota yang cukup ribet, dan skema prioritas penggunaan kuota yang kadang membingungkan.

Kekurangan dari kartu MPWR by Indosat adalah kartu tersebut serba digital, sehingga tidak semua masyarakat di Indonesia familiar dengan “Digital Telco”. Bagi sebagian orang yang masih Gaptek dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi, tentunya akan kesulitan untuk menggunakan kartu MPWR. Apalagi hampir semua transaksi dilakukan menggunakan aplikasi MPWR dan pembayarannya juga harus serba digital, membuat beberapa orang kesulitan menggunakannya.

Catatan

Kartu MPWR by Indosat merupakan alternatif pilihan bagi sahabat yang di daerahnya tercover jaringan Indosat Ooredoo dengan kecepatan jaringan yang mumpuni. Meski serba digital, akan tetapi kalau dilihat dari tarif atau harga paket yang ditawarkan, jelas-jelas MPWR lebih unggul apabila dibandingkan dengan Indosat IM3. Selain itu, paket-paket yang ditawarkan oleh MPWR juga sederhana dan tidak ribet.

Bagi sahabat yang tertarik ingin menggunakan kartu MPWR by Indosat, maka langkah awalnya adalah sahabat harus install aplikasi MPWR di smartphone yang sahabat miliki. Sahabat bisa download aplikasi MPWR di Google Play Store (bagi pengguna Android) dan di App Store (bagi pengguna iOS). Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Kartu MPWR by Indosat Ooredoo