-->

Cara Sederhana Untuk Mengatasi Bau Badan

Apakah sahabat pernah mengalami atau memiliki masalah bau badan? Kalau iya, bukan hanya sahabat saja yang pernah mengalami hal tersebut, akan tetapi saya yakin hampir semua orang (termasuk saya) juga pernah mengalaminya. Oleh karena hal tersebut, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips / cara mengatasi bau badan secara sederhana.
cara mengatasi bau badan
Sebelum membahas tentang cara mengatasi permasalahan bau badan, maka ada baiknya apabila sahabat terlebih dahulu mengetahui proses yang menyebabkan hal tersebut. Saya sendiri awalnya mengira bahwa bau badan disebabkan karena keringat berlebih, akan tetapi setelah saya membaca beberapa sumber, ternyata keringat pada dasarnya tidak memiliki bau.

Penyebab

Jadi proses terjadinya bau badan disebabkan karena adanya bakteri yang merubah air keringat yang keluar dari tubuh (termasuk di ketiak) menjadi asam. Hal tersebut menyebabkan timbulnya bau yang tidak enak dari badan. Selain itu, ada beberapa hal lain yang mempengaruhi dan menyebabkan timbulnya bau badan pada tubuh.

[1] Makanan

Ada beberapa makanan yang menyebabkan bau badan yang tidak sedap. Berikut adalah beberapa makanan yang menyebabkan bau badan pada tubuh manusia:
  • Sayuran cruciferous seperti brokoli, kembang kol, dan kale bisa menyebabkan bau badan pada tubuh karena sayuran tersebut mengandung belerang yang bisa terurai menjadi hydrogen sulfida yang berbau tidak sedap.
  • Bumbu rempah seperti kari, jinten, bawang Bombay, dan bawang putih juga bisa menyebabkan bau badan pada tubuh. Hal tersebut bisa terjadi karena senyawa sulfur akan terbentuk dalam tubuh ketika tubuh memecah rempah yang saya sebutkan tadi.

Meski bahan makanan berupa sayuran cruciferous dan bahan rempah yang saya sebutkan di atas bisa menyebabkan masalah bau badan, akan tetapi bukan berarti sahabat harus menghindari makanan tersebut. Sahabat tetap bisa memakannya dengan batas yang wajar karena sayuran dan rempah tersebut juga bermanfaat bagi tubuh.

[2] Kondisi Kesehatan

Orang yang terkena penyakit kanker stadium akhir sangat berpotensi memiliki bau badan yang tidak sedap karena pengaruh luka (infeksi) dalam tubuh penderita penyakit tersebut. Bau badan juga bisa disebabkan karena gangguan metabolisme trimethylaminuria. Bau amis akan timbul ketika tubuh tidak bisa memecah zat trimethylaminuria.

[3] Obesitas

Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas biasanya memiliki lipatan-lipatan tubuh yang terdapat pori-pori yang tersembunyi. Bakteri penyebab bau badan biasanya akan berkumpul pada lipatan tubuh yang lembab dan hangat.

[4] Stres

Secara tidak langsung, kondisi stress bisa menyebabkan masalah bau badan pada tubuh. Ketika orang berada dalam kondisi stres, maka dalam keadaan tersebut tubuh akan mengeluarkan keringat yang banyak. Seperti yang saya jelaskan tadi bahwa ketika keringat dirubah oleh bakteri menjadi asam, maka akan menimbulkan bau badan pada tubuh.

Cara Mengatasi

Selain keempat penyebab bau badan yang sudah saya sebutkan di atas, masih ada beberapa penyebab bau badan lainnya seperti infeksi kulit, kekurangan vitamin dan mineral, gangguan tiroid, disfungsi ginjal, serta penyebab bau badan lainnya. Untuk mengurangi dan mengatasi permasalahan tersebut, maka sahabat bisa melakukan hal-hal berikut ini:

[1] Mandi Air Hangat

Dengan menggunakan air hangat maka bakteri yang berada dalam kulit sahabat bisa terbunuh. Mandi air hangat sangat cocok sahabat lakukan pada saat cuaca panas karena dalam kondisi tersebut tubuh akan lebih banyak mengeluarkan keringat. Mandi sehari dua kali juga perlu sahabat lakukan untuk mengurangi resiko bau badan.

[2] Hindari Makanan Pedas

Seperti yang sahabat ketahui bahwa makanan pedas bisa menyebabkan munculnya keringat. Meski demikian bukan berarti bahwa sahabat tidak boleh untuk makan makanan yang rasanya pedas. Ketika sahabat berkeringat karena makan makanan pedas, tentu saja sahabat setelahnya bisa mandi untuk menghilangkan bakteri penyebab bau badan.

[3] Gunakan Sabun Anti Bakteri

Selain mandi menggunakan air yang hangat, mandi menggunakan sabun antibakteri juga bisa membersihkan tubuh dari bakteri penyebab bau badan. Seperti yang saya sampaikan tadi bahwa dianjurkan mandi sehari dua kali yaitu ketika akan memulai aktifitas (pagi hari) dan setelah sahabat selesai melakukan aktifitas (sore hari).

[4] Gunakan Deodorant

Khusus pada area ketiak yang sering terdapat keringat berlebih dengan intensitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya, maka sahabat bisa membeli deodorant untuk mencegah keringat berlebih. Banyak pilihan deodorant seperti Rexona yang bisa sahabat dapatkan di toko sekitar tempat tinggal sahabat.

Selain mencegah dan mengatasi bau badan, dengan menjaga kebersihan tubuh tentu saja sahabat juga akan mendapatkan manfaat lainnya. Bagi sahabat yang saat ini malas-malasan untuk mandi, mulai sekarang biasakan untuk mandi sehari minimal dua kali. Ingat, kebersihan adalah sebagian dari iman. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Sederhana Untuk Mengatasi Bau Badan