-->

Cara Memaksimalkan Kinerja Baterai di Laptop Lenovo

Setelah lebih dari satu tahun saya membeli dan menggunakan Laptop Lenovo IdeaPad C340, kemarin malam saya baru tahu bahwa ternyata ada pengaturan khusus untuk memaksimalkan baterai khusus pada laptop Lenovo. Dengan fitur yang diberikan oleh Lenovo, maka sahabat bisa memilih mode baterai berdasarkan kebutuhan sahabat.


Ada dua fitur pengaturan baterai yang ditawarkan oleh Lenovo di perangkat laptop buatannya. Meski tidak semua produk laptop Lenovo mendapatkan fitur tersebut, setidaknya ada salah satu fitur pengoptimalan baterai yang bisa diaktifkan pada produk buatannya. Berikut adalah 2 fitur pengoptimalan baterai yang bisa digunakan di produk buatan laptop Lenovo.

[1] Conservation Mode

Fitur conversation mode pada laptop Lenovo memungkinkan baterai pada laptop Lenovo akan memiliki umur yang lebih panjang atau awet ketika sedang di charge atau dihubungkan dengan tegangan listrik. Jadi sesuai dengan nama modenya yaitu “Conservation” atau Dilindungi, maka laptop Lenovo sahabat akan dilindungi pada waktu proses pengisian baterai berlangsung.

Cara kerjanya adalah ketika kapasitas baterai laptop Lenovo yang sahabat charge sudah mencapai 55-60% maka otomatis proses pengisian dayanya akan berhenti meskipun charge masih terhubung dengan tegangan listrik. Jadi setelah itu tidak ada lagi penambahan arus listrik di baterai, sehingga meski terhubung dengan listrik, baterai tetap tidak akan terisi dan aman.

Kalau kelebihan dari conversation mode pada laptop Lenovo adalah baterai akan dijaga kualitasnya ketika perangkat terhubung dengan tegangan listrik, sebaliknya kekurangan dari mode tersebut adalah karena pengisian baterai hanya 55-60%, maka daya tahan baterai setelah charge nya dicabut juga tidak akan selama ketika diisi hingga 100%.

[2] Rapid Charge

Dengan mode ini, maka sahabat bisa mengisi baterai laptop Lenovo lebih cepat dibandingkan menggunakan mode normal. Kebetulan di rumah saya ada 2 laptop Lenovo IdeaPad C340, akan tetapi yang ada fitur Rapid charge hanya pada seri IdeaPad C340 yang menggunakan processor Core i3, sedangkan yang menggunakan processor Pentium Gold tidak ada fasilitas pengisian cepat tersebut.

Untuk mengaktifkan fitur Rapid Charge dan Conversation Mode pada laptop Lenovo, sahabat bisa melakukannya dengan membuka aplikasi Lenovo Vintage, selanjutnya silakan sahabat masuk ke menu Device, langkah selanjutnya pilih My Device Settings. Pada halaman tersebut, sahabat bisa mengaktifkan kedua fitur tersebut. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Memaksimalkan Kinerja Baterai di Laptop Lenovo