Beranda
Catatan Saya
Pendidikan
Telkomsel
Yes! Akhirnya Dapat Kuota Gratis 50GB Kemendikbud
Kalau sebelumnya saya hanya memberikan informasi mengenai kuota internet bantuan pemerintah melalui Kemendikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan), akhirnya pada hari ini saya juga mendapatkan kuota subsidi dari pemerintah tersebut. Sebagai seorang pengajar, tentu saja saya juga termasuk orang yang memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan kuota internet tersebut.
Jadi tadi pagi ketika saya bangun tidur, setelah Smartphone Infinix Hot 8 saya aktifkan, ada pesan masuk dari Telkomsel yang berisi “Selamat Kuota Internet Pendidikan bantuan Kemendikbud berlaku 30 hari anda telah aktif. tnc tsel.me/kuotabelajar. SKB”. Setelah saya cek di Aplikasi MyTelkomsel, ternyata saya mendapatkan kuota sebesar 50GB (Gigabyte).

Fungsi & Pembagian Kuota

Kuota 50GB yang saya dapatkan dari Kemendikbud tersebut terbagi menjadi 2 yaitu Kuota Internet Kemdikbud dan Kuota Belajar Kemdikbud. Berikut adalah besaran pembagian kuota dan fungsi dari kedua jenis kuota bantuan kemendikbud tersebut.
  • Kuota Internet Kemdikbud 5GB berfungsi untuk mengakses konten internet apa saja. Bisa dikatakan bahwa kuota ini adalah kuota utama yang bisa sahabat gunakan untuk browsing, streaming, download, dan lain sebagainya.
  • Kuota Belajar Kemdikbud 45GB berfungsi untuk membantu pembelajaran online agar bisa berjalan dengan lancar. Jadi kuota tersebut hanya bisa sahabat gunakan untuk melakukan pembelajaran online dan mengakses beberapa alamat portal pendidikan.

Aplikasi & Web Kuota Belajar

Kuota belajar kemdikbud bisa untuk mengakses aplikasi apa saja? Kuota belajar kemendikbud Telkomsel terdiri dari 3 jenis kuota, yaitu kuota pendidikan, kuota conference, dan kuota chat yang memiliki fungsi berbeda-beda. Berikut adalah uraian mengenai aplikasi yang bisa diakses menggunakan kuota belajar kemendikbud.
  • Kuota pendidikan bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Google Classroom, Zenius, Rumah Belajar, Quipper, Cakap, Bahaso, AyoBlajar, Kippin School 4.0, Sekolahmu, Udemy, Duolingo, video meeting edukasi Birru dan aplikasi online belajar lainnya serta ratusan portal e-learning kampus dan sekolah.
  • Kuota conference bisa digunakan untuk mengakses aplikasi Zoom, Google Meet, Cisco Webex, UMeetMe, dan Microsoft Teams.
  • Kuota chat yang merupakan bagian dalam kuota belajar kemdikbud bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi WhatsApp.

Sebagai informasi bahwa besarnya kuota internet pendidikan bantuan kemendikbud yang sahabat dapatkan jumlahnya bisa berbeda-beda. Untuk lebih lengkapnya mengenai jumlah dan pembagian kuota subsidi bantuan pemerintah, sahabat bisa membaca tulisan saya lainnya di [Pengertian, Fungsi, dan Pembagian Kuota Subsidi Pemerintah]. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

14 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    29 November, 2020
    Kalo buat sercing di google bisa kak?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      29 November, 2020
      Kalau kuota umumnya bisa Kak, kalau kuota belajarnya tidak bisa 😊
  2. Unknown
    Unknown
    18 November, 2020
    Mau tanya Bu,kalau kuota bantuan itu dapatnya hanya satu kali atau setiap bulan ya? Soalnya tdk ada info dari pihak sekolah
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      18 November, 2020
      Selama 3 bulan berturut-turut dapat Kak 😊
  3. Unknown
    Unknown
    13 Oktober, 2020
    Cars dapatkan kuota bantuan kemendikbud bgm yah?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      13 Oktober, 2020
      Sepertinya sudah tidak bisa lagi Kak. Karena untuk mendapatkannya, sebelum tanggal 11 September 2020 nomornya harus sudah didaftarkan ke sekolah (bagi Guru & Siswa) dan ke kampus (bagi dosen & mahasiswa) Kak. Kuota bantuan kemendikbud diberikan selama 3 bulan berturut-turut (september, oktober, dan november).
  4. Unknown
    Unknown
    10 Oktober, 2020
    Kak, kuota chat apa hanya WhatsApp saja? Bagaimana dengan line, kakao, WeChat, dll?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      10 Oktober, 2020
      Hanya WhatsApp saja Kak 😊
  5. wakanda south
    wakanda south
    03 Oktober, 2020
    Maaf kak mau bertanya, kan kuota belajar kemendikbud masuk ke multimedia, apakah bisa untuk mengakses layanan MAXStream dkk?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      03 Oktober, 2020
      Hai Kak Wakanda,
      Untuk kuota belajar tidak bisa digunakan untuk akses MAXstream. Jadi kuotanya hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi conference dan edukasi (belajar) yang saya sebutkan di atas Kak 😊
  6. D
    D
    30 September, 2020
    Mau tanya kak kalau kuota multimedia dari Kemendikbud dipake tethering ke laptop untuk zoom bisa gaa kak?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      30 September, 2020
      Bisa Kak 😊
    2. Unknown
      Unknown
      06 November, 2020
      Kok saya ga bisa di tethering di laptop ya bang.. malah nyedot pulsa :(
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      06 November, 2020
      Bisa Kak, kalaupun pulsanya tersedot, mungkin karena ada transfer data lain. Saa pakai biasa² saja 😊