-->

Mengenal Paket Terus Belajar XL

Bagi sahabat yang sebelumnya sudah mendaftarkan nomor HP kartu XL ke sekolah atau kampus, pasti saat ini sudah mendapatkan SMS dari XL Axiata yang berisi “Pkt Terus Belajar 50GB Anda sudah aktif. Nikmati 45GB kuota belajar + 5GB kuota Utama utk 30 hari. Aktifkan tambahan kuota 55GB di myXL atau *123#. Info: bit.ly/xlkemendikbud.”

Pengertian

Paket Terus Belajar XL adalah paket bantuan dari pemerintah kepada pendidik, peserta didik, dan mahasiswa yang sudah terdaftar nomornya untuk mendapatkan subsidi kuota internet dari pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Paket terus belajar XL akan diberikan secara gratis selama 4 Bulan, yaitu dari September – Desember 2020.

Pembagian kuota

Seperti yang sudah terlihat dari SMS yang dikirimkan oleh operator XL Axiata, bahwa kuota dari Paket Terus Belajar XL dibagi menjadi dua yaitu kuota belajar dan kuota utama. Kuota utama bisa sahabat gunakan untuk mengakses konten internet apa saja, sedangkan kuota belajar hanya bisa sahabat gunakan untuk mengakses aplikasi edukasi (belajar) dan conference saja.

Fungsi

Paket Terus Belajar XL berfungsi untuk membantu proses pembelajaran secara online antara pengajar (Guru/ Dosen) dengan peserta didik dan mahasiswa. Tentu saja diharapkan dengan bantuan kuota internet tersebut, pembelajaran secara daring (dalam jaringan) yang diterapkan oleh sekolah atau perguruan tinggi bisa berjalan dengan lancar.

Kelebihan & Kekurangan

Apabila nomor sahabat mendapatkan Paket Terus Belajar, berarti sahabat mendapatkan kesempatan untuk mengklaim tambahan kuota 55GB dari XL Axiata dengan harga Rp 0. Tambahan kuota 55GB tersebut terdiri dari kuota utama sebesar 15GB dan kuota chatting untuk mengakses aplikasi WA dan Line sebesar 40GB.

Salah satu kelemahan dari Paket Terus Belajar XL adalah paket tersebut tidak bisa didapatkan oleh semua orang, bahkan tidak semua pengajar dan peserta didik bisa mendapatkannya. Kalaupun dilihat dari kuota utama yang diberikan (5GB) sepertinya kuotanya kurang apabila digunakan untuk mengakses video pembelajaran melalui aplikasi streaming seperti YouTube.

Catatan

Kuota yang didapatkan baik oleh pengajar, peserta didik, dan mahasiswa yang nomornya terdaftar untuk mendapatkan kuota subsidi dari pemerintah (termasuk Paket Terus Belajar XL), besarnya berbeda-beda. Untuk lebih jelasnya, sahabat bisa membaca tulisan saya [Pengertian, Fungsi, dan Pembagian Kuota Subsidi Pemerintah]

Tentu saja saya sangat mengapresiasi XL Axiata yang memberikan tambahan kuota 55GB kepada pelanggannya yang mendapatkan bantuan subsidi kuota internet dari pemerintah. Ingat, bahwa kuota tambahan 55GB tersebut tidak langsung diberikan oleh XL, melainkan sahabat harus mengklaimnya menggunakan aplikasi myXL.

Bagi sahabat yang belum menggunakan atau memasang aplikasi myXL di smartphone yang sahabat miliki, maka sahabat bisa mendownload secara gratis aplikasi myXL di Google Play Store (bagi sahabat pengguna Android), dan di App Store (bagi sahabat pengguna iOS). Setelah aplikasi tersebut terpasang, sahabat bisa mengklaim kuota tambahan 55GB. Semoga membantu dan bermanfaat.

Mengenal Paket Terus Belajar XL