Catatan Saya Fintech

Cara Mengembalikan Uang Yang Hilang Misterius di Rekening BRI

Evy Nurvitasari
16 Komentar
Beranda
Catatan Saya
Fintech
Cara Mengembalikan Uang Yang Hilang Misterius di Rekening BRI
Dalam kurun 2 bulan secara berturut-turut ada transaksi di rekening BRI saya yang mencurigakan. Yang membuat saya heran adalah, kenapa uang di rekening saya tersebut bisa berkurang dua kali secara otomatis dengan nominal Rp 195.000 setiap bulannya. Transaksi yang pertama terjadi pada tanggal 20 April 2020, sedangkan transaksi yang kedua terjadi pada tanggal 19 Mei 2020. Kemarin pada tanggal 5 Juni 2020 uang saya yang hilang sudah dikembalikan ke rekening saya.
Cara saya untuk mengembalikan uang saya yang hilang di rekening BRI tersebut sebenarnya cukup sederhana. Saya hanya bermodalkan niat (kemauan), usaha, dan Doa yang sungguh-sungguh agar uang saya kembali. Niat dan Doa tentu saja berasal dari diri kita, sedangkan usaha yang saya lakukan adalah menghubungi beberapa nomor kantor yang terlibat dalam berkurangnya saldo di rekening BRI saya.

Total modal yang saya gunakan untuk melakukan panggilan ke nomor-nomor kantor adalah Rp 24.000. Saya membeli Paket Nelpon by.U All operator 25 menit (1 hari) sebanyak 2 kali dengan harga masing-masing adalah Rp 6.000, sedangkan yang terakhir saya membeli paket nelpon by.U All Operator 50 menit (masa aktif 3 hari) dengan harga Rp 12.000. Sebelumnya saya juga memiliki sisa Paket Nelpon All Operator di nomor Simpati saya (sebelum kejadian rekening saya berkurang).

Kronologi

Usaha yang saya lakukan hanya mencari informasi, kemudian saya lacak informasi lainnya berdasarkan informasi yang saya peroleh. Dari situ akhirnya saya menemukan titik terang mengenai misteri berkurangnya uang di rekening BRI yang saya miliki. Berikut adalah kronologi yang berisi usaha saya untuk mengembalikan uang saya yang sempat hilang.

22 April 2020
  • Saya baru tahu kalau rekening BRI saya berkurang sejumlah Rp 195.000, selanjutnya saya langsung menghubungi nomor call center BRI di (021) 57987400. Sebenarnya ada juga nomor 14017, akan tetapi saya lebih memilih nomor kantor agar bisa murah dalam menghubunginya.
  • Malam hari saya menghubungi nomor call center BRI tersebut dan diangkat oleh CS BRI. Setelah saya ditanya nama, nomor rekening, alamat, dan nama ibu kandung saya, selanjutnya saya menceritakan kejadian bahwa uang saya berkurang.
  • CS tersebut menyarankan saya untuk menghubungi BRI tempat pembuatan rekening BRI saya. Saya juga diberi nomor telpon dari kantor BRI KCP Unit Mandala Merauke yaitu (0971) 322660. Selanjutnya saya langsung hubungi nomor tersebut, ternyata nomornya tidak bisa dihubungi.

23 April 2020
  • Saya coba telpon lagi nomor BRI KCP Unit Mandala Merauke di pagi hari, akan tetapi hasilnya sama (nomor tidak bisa dihubungi). Selanjutnya saya datang ke BRI yang kebetulan jaraknya dengan rumah saya hanya sekitar 5KM.
  • Ketika saya bertemu dengan CS BRI, saya ceritakan kronologi hingga saya datang ke kantor BRI. Saya agak kesal karena CS tersebut tidak bisa memberikan jawaban, akan tetapi malah bertanya kepada saya “Apakah Ibu mengikuti Asuransi?”.
  • Saya jelaskan bahwa saya tidak mengikuti Asuransi, bahkan ketika saya ditelpon dari nomor yang tidak saya kenal, maka saya tidak akan mengangkatnya. Selanjutnya saya juga ditanya “Apakah Ibu pernah mengangkat telpon dan setuju mengikuti Asuransi?”.
  • Saya jawab lagi bahwa saya tidak pernah melakukannya. Kemudian saya bertanya, “Kalau semisal uang saya berkurang karena asuransi, Asuransi mana yang saya ikuti?”. Selanjutnya CS tersebut bilang akan membuatkan laporan ke BRI pusat, dan katanya saya akan dihubungi kembali.

19 Mei 2020
  • Uang saya berkurang kembali Rp 195.000, kemudian saya telpon lagi CS BRI pusat.  Kali ini saya diinformasikan bahwa nomor rekening saya berkurang untuk disumbangkan ke Yayasan SOS Children's Villages. Saya juga diberi alamat e-mail dan nomor telpon yang bisa dihubungi.
  • Langsung saya hubungi nomor yang diberikan kepada saya, akan tetapi tidak ada respon. Kemudian saya cari alamat website Yayasan SOS dan saya temukan nomor WhatsApp yang bisa dihubungi, selanjutnya saya utarakan maksud saya menghubungi nomor tersebut.
  • Nomor tersebut selanjutnya memeriksa nomor rekening saya, ternyata tidak terdaftar di Yayasan mereka sebagai penyumbang. Singkat cerita saya diberi nomor WA karyawan BRI (sebut jasa namanya Kak Vita). Saya hubungi Kak Vita, dan beliau merespon keluhan saya dengan baik.
  • Saya diberikan informasi bahwa rekening saya berkurang karena saya mengikuti layanan proteksi dari alodokter.com, selanjutnya saya diberikan nomor yang bisa dihubungi. Kak Vita juga berpesan agar saya mengajukan Refund kalau merasa tidak mengikuti programnya.
  • Setelah saya berbicara dengan CS nya Alodokter.com, saya utarakan maksud dan tujuan saya menghubunginya. Selanjutnya saya ditanya nomor HP yang saya miliki, ternyata semua nomor HP yang saya miliki tidak terdaftar di program Alodokter.
  • Selanjutnya saya minta tolong untuk cek apakah rekening saya terdaftar di Alodokter, ternyata benar terdaftar akan tetapi yang menggunakan bukan atas nama saya, melainkan nama orang lain. Selanjutnya saya tanya, kok bisa digunakan oleh orang yang tidak saya kenal dan tanpa sepengetahuan saya?
  • Singkat cerita CS tersebut minta data KTP & Bukti Mutasi rekening BRI saya melalui e-mail. Tentu saja saya bertanya apakah data informasi yang saya berikan aman dan bisa dijaga kerahasiannya? Setelah CS tersebut menjamin keamanan data saya, kemudian saya kirim lewat e-mail data yang diminta.

20 Mei 2020
  • Saya mendapatkan e-mail dari Alodokter yang meminta kelengkapan data saya mengenai keikutsertaan program Alodokter. Kemudian Saya nelpon Alodokter dan bertanya kenapa saya diminta data keikutsertaan? Padahal saya tidak pernah mendaftar.
  • Saya juga menginformasikan bahwa maksud saya kirim KTP dan Mutasi rekening BRI saya adalah karena diminta untuk diverifikasi oleh Alodokter. Selanjutnya saya disuruh untuk menunggu 2 hari kerja untuk diproses permohonan saya. (kebetulan waktu itu sudah dekat dengan Hari Raya Idul Fitri 1441 H).

2 Juni 2020
  • Saya menelpon kembali Alodokter, kemudian saya jelaskan lagi bahwa saya ingin bertanya mengenai laporan saya. Selanjutnya CS memeriksa data terkait laporan saya dan mengatakan bahwa Refund akan dikembalikan maksimal 14 Hari.

5 Juni 2020
  • Ketika saya cek rekening saya, ternyata sudah ada 2 transaksi yang hampir bersamaan, yaitu sebesar Rp 195.000 sebanyak 2 kali. Tidak salah lagi, dan saya yakin bahwa pasti uang tersebut adalah refund dari Alodokter.

Jujur saja sebenarnya ketika terjadi kejadian tersebut, saya sudah berniat untuk menutup rekening BRI yang saya miliki tersebut. Saya sudah banyak membaca curahan hati nasabah BRI lain yang uangnya hilang secara misterius, akan tetapi uangnya tidak kunjung kembali. Karena usaha yang sudah saya ceritakan di atas, Alhamdulillah uang saya bisa kembali. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

16 komentar

  1. Anonim
    Anonim
    26 September, 2023
    Ka ini saya sama kodenya mdb begitu dan nomornya sama, boleh tau car chat cs halodocnya gimana caranya
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      26 September, 2023
      Meski kodenya sama, bukan berarti uang Kakak masuk ke Halodoc ya... Kalau saran saya, lakukan hal yang seperti saya lakukan di atas Kak. Hubungi Call Center BRI dulu. Pastikan Kakak membeli Paket Nelpon All Operator agar pengeluaran untuk nelpon tidak banyak 🙂
  2. Dzikri Usman
    Dzikri Usman
    04 Mei, 2023
    Kasus yg sama juga saya rasakan, persis juga menyalahkan nasabah, dan menyarankan utk mmbuat rek baru,
    Spertinya ada penyelewngan dana yg tersistematik
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      05 Mei, 2023
      Kalau dilihat dari banyaknya nasabah yang mengalami hal yang sama, sepertinya memang bukan suatu kebetulan Kak. Solusi membuat rekening baru dan membiarkan uang nasabah hilang menurut saya sangat merugikan nasabah. Semoga hal tersebut tidak terjadi lagi 🙂
  3. Mia
    Mia
    05 April, 2023
    Kak saya punya kasus yang sama seperti yang kak Evy alami jika itu sudah jelas karena orang lain yg menggunakan rekening kita, apa kita bisa langsung menghubungi cs Alodoc , tanpa ke bank dlu?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      05 April, 2023
      Harus ke Bank dulu agar mendapat informasi yang valid Kak. Bisa saja berkurangnya bukan karena Alodoc.

      Nanti kalau sudah dapat info dari Bank, tinggal ditelusuri saja berdasarkan informasi yg didapatkan. Semoga cepat selesai dan uangnya bisa kembali Kak 🙂
    2. Mia
      Mia
      06 April, 2023
      Iya kak Aamiin, soalnya sy masih simpan nmor itu dan sy cek di get contact itu nomor aladoc😌
      Btw, itu refund dananya sesuai uang yang terpakai kan kak?
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      06 April, 2023
      Iya Kak, yg dikembalikan full sesuai dengan uang yang diambil sebelumnya 🙂
    4. Dzikri Usman
      Dzikri Usman
      04 Mei, 2023
      yang pasti BRI Gak amanah
    5. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      05 Mei, 2023
      Sepertinya ada oknum yang memang sengaja 'meremehkan' bahwa nasabah tidak akan mau mengurusnya Kak 😊
  4. Sury
    Sury
    29 Juni, 2022
    Mbak kami barusan dpt masalah seperti itu...uang di req berkurang 1.022.500...req bendahara pembangunan masjid.persis yg mbak ceritakan..pihak bri menanyakan masalah asuransi ..dan menyaranka untuk buka req baru..tp uang kami gak kembali
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      29 Juni, 2022
      Ikut sedih mendengarnya Kak Sury, apalagi uang yang berkurang adalah uang untuk pembangunan Masjid. Kebetulan waktu itu saya memang mengejar dan mencari informasi mengenai uang saya yang berkurang (sesuai kronologi yang saya ceritakan di atas). Prosesnya memang cukup panjang dan dibutuhkan kesabaran agar uangnya bisa kembali Kak.
  5. Unknown
    Unknown
    30 Maret, 2021
    Suami saya hari ini tgl 30 maret 2021 pukul 15:20:36 jg kepotong Rp.291.000 bu...MDB_1223_2021033076411,bagaimana kejadian tsb bs terjadi pada rekening BRI???mohon dibantu agar bs dikembalikan🙏seperti pengalaman ibu evy,terimakasih🙏
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      30 Maret, 2021
      Ikut prihatin mendengarnya bu...
      Kalau saran saya, Ibu hubungi BRI saja untuk mengklarifikasinya. Cukup dari rumah, hubungi saja call center BRI (seperti yang sudah saya lakukan bu).

      Saya doakan semoga segera cepat selesai urusannya bu... Aamiin
    2. Unknown
      Unknown
      09 Juli, 2021
      Mb saya sering sekali berkurang
      MDB_0359_2021062163540_40
      111999081388009
      Bahkan ada sekitar 300 lebih
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      10 Juli, 2021
      Harus segera diurus Kak. Pasti bisa kalau mau mengurusnya 😊