-->

Cara Dispute / Banding Pengembalian Biaya di AliExpress

Setelah sebelumnya saya pernah menulis tentang [Pengalaman Refund Biaya Dana Pembelian di AliExpress], pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pengalaman saya beberapa hari yang lalu mengenai cara melakukan dispute atau sengketa terhadap produk yang dibeli di AliExpress. Kebetulan kemarin ada 2 item barang yang saya beli di AliExpress, akan tetapi kedua barang tersebut tidak sampai di rumah saya hingga batas waktu pengiriman yang sudah ditetapkan oleh AliExpress.

Karena kejadian tersebut, akhirnya saya berani untuk melakukan banding atau dispute terhadap produk yang saya beli. Setelah melakukan banding, akhirnya biaya yang sudah saya bayarkan dikembalikan oleh AliExpress setelah beberapa hari. Jadi dalam hal ini, saya melakukan banding karena barang yang harusnya sudah sampai di tempat saya, akan tetapi pada kenyataannya saya belum menerimanya.

Berikut adalah langkah-langkah cara banding atau dispute barang yang dibeli di AliExpress, agar uang yang sudah dibayarkan, dikembalikan oleh pihak AliExpress:
  • Buka AliExpress, kemudian masuk ke halaman [My Orders]. Pada barang yang akan sahabat sengketakan (dispute), Silakan pilih tulisan [Open Dispute].
  • Sahabat akan dibawa ke halaman yang lebih detail mengenai informasi barang yang akan disengketakan, silakan sahabat pilih [Open Dispute].
  • Pada halaman [Request a refund by opening a dispute], silakan sahabat memilih tombol [Refund Only]
  • Langkah terakhir adalah, silakan sahabat mengisi formulir untuk mengajukan refund dana yang sudah sahabat bayarkan.
  • Ikuti instruksinya hingga selesai, selanjutnya sahabat tinggal menunggu keputusan dari dispute yang sudah sahabat ajukan.

Sebagai informasi bahwa biaya refund (pengembalian) dari AliExpress akan dikirimkan ke rekening yang sahabat gunakan ketika melakukan pembayaran. Jadi apabila sahabat membayarnya dengan menggunakan ATM BRI, maka uang yang sahabat refund akan dikembalikan ke nomor rekening dari ATM BRI yang sahabat gunakan. Kebetulan pada saat itu saya melakukan pembayaran menggunakan Jenius Visa e-Card, sehingga pengembalian biayanya juga dikembalikan ke e-card saya.

Dengan demikian, total saya sudah 3 kali mengajukan sengketa / dispute barang yang saya beli melalui AliExpress, dan ketiganya berhasil. Tentu saja biaya yang dikembalikan oleh AliExpress adalah 100% tanpa ada potongan atau biaya administrasi lainnya. Jadi bagi sahabat yang ingin belanja di AliExpress tidak perlu takut apabila barang yang sahabat beli tidak sampai, karena sahabat bisa melakukan dispute untuk refund pembayaran.

Yang saya sukai dari AliExpress adalah selain harga-harga barang yang ditawarkan sangat murah, ongkos kirimnya banyak yang free (gratis) meski dikirim dari luar negeri. Meski sekarang dengan peraturan baru yang menyebutkan bahwa barang dengan harga Rp 45.000 atau $3 yang dibeli dari luar negeri akan dikenakan tarif bea cukai sekitar 17%, akan tetapi tetap saja perhitungan saya barang tersebut sangat murah karena ongkirnya gratis.

Bagi saya sebagai orang yang tinggal di Merauke (Papua), biaya yang cukup memberatkan ketika belanja dari Pulau Jawa adalah Ongkos kirim. Mungkin bagi masyarakat di Pulau Jawa ketika beli barang, ongkos kirimnya hanya berkisar Rp 7.000 – Rp 20.000 per kilo, akan tetapi bagi kami yang tinggal di Papua, ongkos kirimnya minimal adalah ratusan ribu rupiah perkilonya.

Bagi sahabat yang tertarik atau ingin mencoba untuk belanja di AliExpress, maka sahabat bisa daftar atau register di Link [AliExpress Bonus $19]. Jadi setelah mendaftar atau register di ali ExPress, maka sahabat akan mendapatkan voucher $19 yang bisa sahabat gunakan untuk belanja.  Tenang saja, meski hanya belanja $1 pun, akan tetap dilayani dan barangnya juga akan tetap dikirim. Semoga membantu dan bermanfaat.  

Cara Dispute / Banding Pengembalian Biaya di AliExpress