-->

Pengalaman Refund Biaya Dana Pembelian Di AliExpress

Sebelumnya saya pernah belanja di AliExpress, dan barangnya juga saya terima dengan baik. Karena kesan pertama saya belanja di AliExpress cukup mengesankan karena selain murah, barang yang saya terima sesuai dengan gambar dan deskripsi yang diberikan oleh penjual.

Selain itu, ongkos kirimnya sangat murah dan bahkan gratis meskipun pengirimannya dilakukan dari luar negeri. Karena dasar itulah kemudian saya kembali melakukan pembelian yang kedua kalinya di anak perusahaan Alibaba tersebut.

Pada pembelian kedua ini saya langsung beli 2 produk dari dua toko yang berbeda. Barang yang pertama adalah Lampu penerangan dengan tenaga surya seharga $11.45 dan juga grip raket dengan harga $2.72
Lampu tenaga surya Aliexpress
Seperti biasa bahwa ketika saya akan membeli barang, saya selalu memperhatikan review dan reputasi berdasarkan  jumlah bintang dari penjualnya tersebut. Setelah saya yakin bahwa penjual tersebut bisa dipercaya, akhirnya saya membelinya dengan metode pembayaran menggunakan Debit Visa Jenius.
Grip raket Aliexpress
Seperti transaksi pembelian online lainnya, saya mendapatkan Resi pengiriman yang bisa dilacak proses pengiriman dari barang yang saya pesan tersebut. Informasi mengenai pengiriman barang akan ditampilkan di halaman Pesanan di akun AliExpress.

Ada estimasi atau perkiraan waktu pengiriman barang yang saya pesan tersebut. Biasanya estimasinya adalah sekitar 1 bulan, kalau sudah melewati masa tersebut biasanya penjual akan melakukan klaim bahwa barang sudah dikirim dan juga meminta perpanjangan waktu untuk memastikan bahwa barang yang dikirimkan sudah sampai.
Penjual AliExpress meminta perpanjangan waktu pengiriman barang
Untuk barang Grip Raket, mereka meminta perpanjangan waktu pengiriman karena barang belum terkirim sesuai dengan estimasi yang sudah diperkirakan. Sedangkan penjual lampu penerangan dengan tenaga surya memberikan respon bahwa barang sudah terkirim, sehingga saya mendapatkan pesan notifikasi di akun AliExpress bahwa barang sudah terkirim dan apabila dalam 5 hari saya tidak merespon, saya dianggap sudah menerimanya.

Saya merasa belum menerima dan ketika saya lacak proses pengiriman barang sesuai dengan nomor resi, ternyata barang belum sampai dan barangnya malah berada di Negara Chile. Oleh karena itu, saya langsung mengajukan Refund dengan alasan bahwa saya belum menerima barang tersebut, dan saya juga upload bukti tracking pengiriman barang yang menyatakan bahwa belum sampai.
Refund dana biaya pembelian di AliExpress berhasil
Selang beberapa Jam, penjual dari Lampu tersebut mengirim pesan kepada saya untuk segera membatalkan refund yang sudah saya ajukan dengan alasan bahwa barang sudah dikirim dan akan segera sampai di tempat saya. Saya tidak menanggapi dan seharusnya menurut saya penjual tersebut harusnya melakukan permohonan penambahan waktu untuk proses pengiriman barang.
Pengembalian dana (refund) dari AliExpress ke Debit Visa
Beberapa hari setelah melakukan Refund biaya di AliExpress akhirnya saya menemukan dana pengembalian dari AliExpress sebesar Rp 164.053 di kartu Debit Visa saya. Saat ini saya masih menunggu pengiriman barang pegangan raket [Update: Barang sudah saya terima]. Apabila penjual merasa barang sudah terkirim, dan saya merasa belum menerima berdasarkan bukti pelacakan resi, maka saya akan refund lagi. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Refund Biaya Dana Pembelian Di AliExpress
  1. Dana refund saya belum masuk ke doku😢

    BalasHapus
  2. Beberapa harinya itu berapa hari ka?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya agak lupa, tapi sepertinya tidak sampai 1 minggu Kak.

      Hapus
  3. Sy jg ad cancel belanja.
    Saya bayar g pakai doku / debit visa kk. Sy pakai virtual mandiri.
    Belum cair.. Mhn bantuannya kak. Nanti cairnya dmn ?
    08123409600

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya belum pernah menggunakan Virtual Mandiri Kak. Kalau akun atau nomor dari Virtual Mandiri masih tersedia, maka nanti akan dikembalikan ke nomor Virtual tersebut Kak. Kebetulan yang saya pakai tersebut adalah Virtual Card Visa yang masa berlakunya cukup lama, jadi ya masih bisa digunakan untuk menampung pengembalian biaya Kak.

      Hapus
  4. Jika membayar awal memakai virtual account BNI uang kembali bagaimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tidak salah Virtual Account BNI hanya berlaku sementara ya Kak? Kalau nomor yang digunakan untuk melakukan pembayaran tidak ada, ya nanti pengembalian uangnya dari AliExpress juga terkendala Kak. Mungkin akan lebih baik kalau Kakak tanyakan ke BNI saja. Jadi kalau ada yang mengembalikan ke Virtual Account BNI yang dulu digunakan, nanti uangnya kemana? Yang bisa Jawab BNI Kak.

      Hapus
    2. lebih lama daripada pakai doku. karena dianggap pakai kartu kredit dan tidak semua pegawainya BNI mengerti dengan prosedur ini. lebih baik langsung ke BNI saja email dengan menyertakan bukti transaksi surat kronologi buku tabungan ktp. saya juga mengalami, baru masuk refund kira2 10 harian.

      Hapus
    3. Hai Kak...
      Terima kasih atas informasinya 😊

      Hapus
  5. saya belanja di aliexpress, karena berdasarkan hasil tracking barang masih transit, setelah melebihi batas waktu yang ditentukan belum berubah statusnya, maka saya mengajukan redund,.. alhamdulillah dana sudah masuk ke doku,..

    tapi.. hari ini (kira2 setelah hampir 2 bulan) barang pesanan saya tersebut dianter oleh kurir POS.

    pertanyaan saya:
    gimana saya bayar ke penjualnya ??
    apakah melalui aliexpress lagi ?
    atau direct langsung ke seller ?

    tp.untuk transaksi luar negeri cuman bisa pake doku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga mengalami 2 Kali barang sampai, akan tetapi uang terlanjur refund. Saya juga berniat ingin mengembalikannya Kak. Rencana saya adalah langsung chat aja dengan seller nya, kemudian nanti bisa kesepakatan bersama pengembaliannya lewat mana Kak.

      Hapus