Pengalaman Refund Biaya Dana Pembelian Di AliExpress

Sebelumnya saya pernah belanja di AliExpress, dan barangnya juga saya terima dengan baik. Karena kesan pertama saya belanja di AliExpress cukup mengesankan karena selain murah, barang yang saya terima sesuai dengan gambar dan deskripsi yang diberikan oleh penjual.

Selain itu, ongkos kirimnya sangat murah dan bahkan gratis meskipun pengirimannya dilakukan dari luar negeri. Karena dasar itulah kemudian saya kembali melakukan pembelian yang kedua kalinya di anak perusahaan Alibaba tersebut.

Pada pembelian kedua ini saya langsung beli 2 produk dari dua toko yang berbeda. Barang yang pertama adalah Lampu penerangan dengan tenaga surya seharga $11.45 dan juga grip raket dengan harga $2.72
Lampu tenaga surya Aliexpress
Seperti biasa bahwa ketika saya akan membeli barang, saya selalu memperhatikan review dan reputasi berdasarkan  jumlah bintang dari penjualnya tersebut. Setelah saya yakin bahwa penjual tersebut bisa dipercaya, akhirnya saya membelinya dengan metode pembayaran menggunakan Debit Visa Jenius.
Grip raket Aliexpress
Seperti transaksi pembelian online lainnya, saya mendapatkan Resi pengiriman yang bisa dilacak proses pengiriman dari barang yang saya pesan tersebut. Informasi mengenai pengiriman barang akan ditampilkan di halaman Pesanan di akun AliExpress.

Ada estimasi atau perkiraan waktu pengiriman barang yang saya pesan tersebut. Biasanya estimasinya adalah sekitar 1 bulan, kalau sudah melewati masa tersebut biasanya penjual akan melakukan klaim bahwa barang sudah dikirim dan juga meminta perpanjangan waktu untuk memastikan bahwa barang yang dikirimkan sudah sampai.
Penjual AliExpress meminta perpanjangan waktu pengiriman barang
Untuk barang Grip Raket, mereka meminta perpanjangan waktu pengiriman karena barang belum terkirim sesuai dengan estimasi yang sudah diperkirakan. Sedangkan penjual lampu penerangan dengan tenaga surya memberikan respon bahwa barang sudah terkirim, sehingga saya mendapatkan pesan notifikasi di akun AliExpress bahwa barang sudah terkirim dan apabila dalam 5 hari saya tidak merespon, saya dianggap sudah menerimanya.

Saya merasa belum menerima dan ketika saya lacak proses pengiriman barang sesuai dengan nomor resi, ternyata barang belum sampai dan barangnya malah berada di Negara Chile. Oleh karena itu, saya langsung mengajukan Refund dengan alasan bahwa saya belum menerima barang tersebut, dan saya juga upload bukti tracking pengiriman barang yang menyatakan bahwa belum sampai.
Refund dana biaya pembelian di AliExpress berhasil
Selang beberapa Jam, penjual dari Lampu tersebut mengirim pesan kepada saya untuk segera membatalkan refund yang sudah saya ajukan dengan alasan bahwa barang sudah dikirim dan akan segera sampai di tempat saya. Saya tidak menanggapi dan seharusnya menurut saya penjual tersebut harusnya melakukan permohonan penambahan waktu untuk proses pengiriman barang.
Pengembalian dana (refund) dari AliExpress ke Debit Visa
Beberapa hari setelah melakukan Refund biaya di AliExpress akhirnya saya menemukan dana pengembalian dari AliExpress sebesar Rp 164.053 di kartu Debit Visa saya. Saat ini saya masih menunggu pengiriman barang pegangan raket. Apabila penjual merasa barang sudah terkirim, dan saya merasa belum menerima berdasarkan bukti pelacakan resi, maka saya akan refund lagi. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengalaman Refund Biaya Dana Pembelian Di AliExpress