Pengertian dan Fungsi Kuota CloudMAX

Apakah sahabat pernah membeli paket internet telkomsel bundling cloudmax? Tentu saja setelah sahabat membeli paket tersebut, selain mendapatkan kuota internet reguler, sahabat juga akan mendapatkan kuota Cloudmax. Yang sering ditanyakan oleh sahabat pengguna nomor telkomsel adalah “Kuota CloudMAX digunakan untuk apa?” Jadi fungsi dari kuota CloudMAX adalah untuk mengakses aplikasi CloudMAX.
Pengertian kuota CloudMAX adalah salah satu kuota internet telkomsel yang hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi CloudMAX. Aplikasi tersebut digunakan untuk menyimpan data secara online, sehingga untuk mengakses data yang sahabat simpan, sahabat membutuhkan jaringan internet. Bila sahabat memiliki kuota CloudMAX, maka ketika sahabat mengakses aplikasi CloudMAX, otomatis yang berkurang adalah kuota CloudMAX.

Untuk menggunakan aplikasi CloudMAX, maka sahabat harus berlangganan paket CloudMAX yang harganya bervariasi sesuai dengan paket dengan kapasitas penyimpanan yang sahabat pilih. Semakin besar kapasitas penyimpanannya, maka semakin mahal juga biayanya. Berikut adalah pilihan paket CloudMAX Telkomsel:
  • Kapasitas penyimpanan 10GB (30 Hari) dengan harga Rp 5.500
  • Kapasitas penyimpanan 50GB (30 Hari) dengan harga Rp 16.500
  • Kapasitas penyimpanan 100GB (30 Hari) dengan harga Rp 22.500

Mahal tidak CloudMAX? Saya kira bila dibandingkan dengan Microsoft yang menawarkan gratis kapasitas penyimpanan 1GB di OneDrive dan Google yang menawarkan gratis kapasitas penyimpanan 15GB di Google Drive, maka saya rasa penyimpanan online CloudMAX yang dikeluarkan oleh telkomsel bisa dikatakan masih mahal dan tentu saja masih sulit bersaing dengan OneDrive buatan Microsoft dan Google Drive buatan Google.

Bila sudah mengetahui pengertian dan fungsi dari kuota CloudMAX, apakah sahabat memerlukan kuota tersebut? Kalau memerlukan kuota CloudMAX, ya syukurlah… akan tetapi apabila kuota tersebut tidak digunakan ya tidak masalah. Saya sendiri agak prihatin dengan banyaknya kuota yang disediakan oleh jasa operator seluler di Indonesia (termasuk telkomsel), pasalnya banyak kuota yang tidak termanfaatkan dan tidak terpakai sehingga menjadi mubadzir (sia-sia).

Biasanya ketika membeli paket internet yang bundling dengan CloudMAX, selain sahabat mendapatkan kuota CloudMAX, maka sahabat juga akan mendapatkan paket berlangganan CloudMAX dengan kapasitas tertentu selama 30 Hari. Sebagai contoh apabila sahabat membeli paket Bundling CloudMAX 15GB dengan harga Rp 115.000, maka sahabat akan mendapatkan kuota internet 12GB, OMG 2GB, CloudMAX 1GB, dan berlangganan CloudMAX selama 30 Hari. Semoga membantu san bermanfaat.

Pengertian dan Fungsi Kuota CloudMAX