-->

Cara Mudah Download YouTube di Android Tanpa Aplikasi

Kalau sebelumnya saya pernah menulis tentang cara download Mp3 dan Video di YouTube dengan menggunakan Aplikasi Snaptube, maka pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial cara download YouTube di Android tanpa menggunakan aplikasi. Bukan hanya bisa digunakan di Android, akan tetapi cara ini juga bisa sahabat terapkan di Komputer.

Yang sahabat butuhkan hanya web browser yang sudah terpasang di smartphone Android. Tenang saja, semua HP android biasanya sudah ada web browser bawaan yaitu Google Chrome Browser. Bila tidak ada Chrome Browser di HP yang sahabat miliki, biasanya ada browser bawaan lainnya yang sudah terpasang di HP seperti Mi Browser (di HP Xiaomi).

Langsung saja, berikut adalah tutorial (langkah-langkah) cara mudah download youtube tanpa aplikasi di Android:

  • Buka alamat situs m.youtube.com melalui browser internet menggunakan smartphone yang sahabat miliki.
  • Silakan sahabat masukkan kata kunci video yang akan sahabat cari di situs YouTube. Sebagai contoh saya akan mencari tentang “Wisata Alam Indonesia” sehingga akan ditampilkan beberapa video yang berkaitan dengan kata kunci yang sudah saya sebutkan, yaitu wisata alam Indonesia.
  • Buka salah satu video yang ingin sahabat download, sebagai contoh saya akan membuka video YouTube yang berjudul “10 Destinasi Wisata Alam Di Sukabumi”, maka alamat url (yang berada di atas) akan berubah. Untuk download video tersebut, silakan ganti m.youtube.com menjadi ssyoutube.com (ingat, yang lainnya jangan dirubah atau dihapus ya?).
  • Setelah sahabat buka alamat yang sudah dirubah tersebut, maka sahabat akan dibawa ke halaman yang sudah berisi Link Download dengan beberapa pilihan resolusi. Silakan sahabat pilih resolusi yang sahabat inginkan.
  • Sebagai contoh saya memilih MP4 dengan resolusi 360, maka akan muncul video yang bisa sahabat download. Pilih tanda '3 titik' (seperti gambar di bawah ini). Selanjutnya akan muncul tombol download.
  • Silakan pilih tombol download tersebut, kemudian Video otomatis akan terdownload dan sahabat tinggal menunggunya sampai prosesnya selesai.


Cara untuk download youtube di android tanpa aplikasi cukup mudah kan? Meski begitu, jujur saja bahwa saya lebih suka download video di yotube di HP Android dengan menggunakan Aplikasi SnapTube. Selain mudah, praktis, dan cepat, dengan menggunakan aplikasi tersebut, sahabat juga bisa download video Facebook, Twitter, dan sebagainya. Semoga membantu dan bermanfaat.

Cara Mudah Download YouTube di Android Tanpa Aplikasi