Beda Paket Unlimited dan Freedom Indosat Im3 Ooredoo

Paket internet unlimited dan paket internet freedom adalah paket yang cukup banyak dicari oleh para pelanggannya. Yang sering jadi pertanyaan diantara para pengguna jasa telepon seluler yang identik dengan warna kuning tersebut adalah “Apa beda paket unlimited dan freedom Indosat Im3 Ooredoo?” Perbedaannya cukup jauh, sebelum membahasnya lebih detail, mari kita pelajari terlebih dahulu mengenai kedua paket tersebut.

Paket Internet Unlimited Indosat Im3 ooredoo

Meski dibungkus dengan nama paket internet unlimited Indosat Im3 Ooredoo, akan tetapi dibalik itu semua ada beberapa hal yang harus sahabat ketahui perihal syarat dan ketentuan yang berlaku. Karena paket unlimited yang ditawarkan oleh indosat sering berubah-ubah, maka yang akan saya jadikan contoh adalah paket Unlimited Indosat Rp 15.000 dengan masa aktif 7 Hari (yang saat tulisan ini dibuat masih tersedia dan bisa dibeli).
Kuota Utama 1GB bisa digunakan untuk mengakses apa saja dengan kecepatan normal. Setelah kuota utama habis, maka sahabat masih bisa mengakses internet dengan adanya layanan Pulsa safe Indosat Im3 Ooredoo. Dengan pulsa safe indosat im3 tersebut, maka sahabat masih bisa mengakses internet dengan kecepatan yang sangat lambat yaitu 64Kbps. Baca: [Pengertian Pulsa Safe]

Kuota 2GB Aplikasi bisa sahabat gunakan untuk mengakses beberapa aplikasi yang bekerja sama dengan indosat seperti Spotify, YouTube, Joox, WhatsApp, Facebook, Grab, Twitter, Messenger (FB), Line, dan Gojek. Semua aplikasi yang sudah saya sebutkan tersebut bisa diakses dengan kecepatan normal hingga pemakaian kuota 2GB saja.

Perlu sahabat ketahui bahwa yang ditawarkan unlimited oleh Indosat Im3 adalah mengakses aplikasi saja. Yang jadi pertanyaan adalah “Kenapa kalau unlimited, kok ada Batasan kuota 2GB untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang dijanjikan unlimited?” Jawabannya adalah karena ada FUP (Fair Usage Policy). Baca: [Pengertian FUP]

Jadi dengan adanya FUP, maka setelah mencapai penggunaan 2GB untuk mengakses beberapa aplikasi tersebut, maka akan diberlakukan penurunan kecepatan yaitu 64Kbps. Bisa sahabat bayangkan kecepatan 64Kbps dipakai untuk mengakses beberapa aplikasi tersebut. Jawabannya adalah tersendat-sendat karena sangat lambat sekali.

Paket Freedom Indosat Im3 Ooredoo

Peket ini hanya menawarkan kuota utama saja tanpa dibalut oleh embel-embel umlimited. Meski demikian, sama dengan pakaet unlimited Indosat Im3 Ooredoo yang melindungi pemakaian pulsa dengan Pulsa safe. Agar nantinya bisa dibandingkan dan dicari perbedaan dari paket unlimited dan paket freedom Indosat Im3, maka yang akan saya jadikan contoh untuk dipelajari adalah paket freedom Indosat Kuota 2GB dengan masa aktif 15 Hari.
Kuota utama 2GB bisa sahabat gunakan untuk mengakses apa saja. Setelah kuota 2GB tersebut habis, maka sahabat tetap bisa menggunakan internet dengan adanya layanan fitur pulsa safe indosat. Dengan pulsa safe, sahabat bisa mengakses internet dengan kecepatan 64Kbps dan ada Batasan kuotanya juga. Baca: [Kelebihan dan Kekurangan Pulsa Safe Indosat]

Kesimpulan

Dari penjelasan dan contoh paket unlimited dan freedom Indosat Im3 Ooredoo, maka bisa dilihat bahwa perbedaannya adalah bahwa pada paket unlimited terdapat FUP yang membuat kecepatan internet untuk mengakses beberapa aplikasi menjadi sangat lambat. Sedangkan pada paket unlimited, kuota yang didapatkan bisa digunakan sampai habis dengan kecepatan yang normal.

Kalau dilihat paket unlimited dengan harga 15 Ribu mendapatkan kuota internet utama 1GB & kuota aplikasi 2GB, dan paket freedom dengan harga 15 Ribu mendapakan kuota internet utama 2GB, maka bila ditanya “Bagus mana?”, maka jawabannya adalah tergantung dari kebutuhan yang sahabat perlukan.

Apabila sahabat membutuhkan kuota yang bisa dipakai untuk apa saja yang jumlahnya cukup besar, maka saya sarankan untuk menggunakan paket freedom 2GB. Sebaliknya, apabila sahabat membutuhkan kuota untuk mengakses banyak aplikasi, sedangkan untuk akses internet lainnya tidak terlalu banyak diperlukan, maka saya sarankan membeli paket unlimited (karena kuota aplikasinya 2GB dan kuota Internet utama hanya 1GB).

Kalau sahabat masih berpikir bahwa kecepatan internet setelah FUP dan menggunakan pulsa safe indosat im3 bisa diandalkan, maka lupakan saja mulai sekarang. Menurut saya kecepatan 64Kbps tidak bisa diandalkan untuk mengakses internet atau aplikasi yang terpasang di smartphone yang sahabat gunakan. Jadi sahabat lihat kuota yang didapatkannya saja, jangan tergiur dengan unlimited dan pulsa safe. Semoga membantu dan bermanfaat.

Beda Paket Unlimited dan Freedom Indosat Im3 Ooredoo
  1. Terima kasih informasinya sangat membantu.. Tapi saya ingin bertanya, jika penggunaan data internet telah mencapai puf tetapi kuota utama masih tersisa banyak apakah kecepatan internet ttp turun 64Kbps atau normal (krn kuota utama)??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semisal kuota utama belum habis, berarti FUP belum berlaku Kak 😊

      FUP pada paket internet unlimited itu berlaku ketika kuota utamanya sudah habis Kak 😊

      Hapus
    2. Oh begitu,
      Terimakasih banyak sangat membantu😊

      Hapus
  2. Misalkan tadinya pake paket unlimited trs ganti jadi freedom tapi paket unlimited nya masih ada , bisa hangus enggak paket yg sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dilihat dari urutannya, semisal kecepatan yang didapatkan dari paket unlimited sudah terkena FUP, yang mengakibatkan kecepatannya diturunkan, maka apabila punya kuota utama (reguler), maka yg terpakai adalah kuota utama yg memiliki kecepatan normal Kak 😊

      Saran saya, di UNREG saja dulu paket unlimitednya Kak. Setelah itu, baru beli yg freedom.

      Hapus