-->

Beda Paket Unlimited dan Freedom Indosat Im3 Ooredoo

Paket internet unlimited dan paket internet freedom adalah paket yang cukup banyak dicari oleh para pelanggannya. Yang sering jadi pertanyaan diantara para pengguna jasa telepon seluler yang identik dengan warna kuning tersebut adalah “Apa beda paket unlimited dan freedom Indosat Im3 Ooredoo?” Perbedaannya cukup jauh, sebelum membahasnya lebih detail, mari kita pelajari terlebih dahulu mengenai kedua paket tersebut.

Paket Internet Unlimited Indosat Im3 ooredoo

Meski dibungkus dengan nama paket internet unlimited Indosat Im3 Ooredoo, akan tetapi dibalik itu semua ada beberapa hal yang harus sahabat ketahui perihal syarat dan ketentuan yang berlaku. Karena paket unlimited yang ditawarkan oleh indosat sering berubah-ubah, maka yang akan saya jadikan contoh adalah paket Unlimited Indosat Rp 15.000 dengan masa aktif 7 Hari (yang saat tulisan ini dibuat masih tersedia dan bisa dibeli).
Kuota Utama 1GB bisa digunakan untuk mengakses apa saja dengan kecepatan normal. Setelah kuota utama habis, maka sahabat masih bisa mengakses internet dengan adanya layanan Pulsa safe Indosat Im3 Ooredoo. Dengan pulsa safe indosat im3 tersebut, maka sahabat masih bisa mengakses internet dengan kecepatan yang sangat lambat yaitu 64Kbps. Baca: [Pengertian Pulsa Safe]

Kuota 2GB Aplikasi bisa sahabat gunakan untuk mengakses beberapa aplikasi yang bekerja sama dengan indosat seperti Spotify, YouTube, Joox, WhatsApp, Facebook, Grab, Twitter, Messenger (FB), Line, dan Gojek. Semua aplikasi yang sudah saya sebutkan tersebut bisa diakses dengan kecepatan normal hingga pemakaian kuota 2GB saja.

Perlu sahabat ketahui bahwa yang ditawarkan unlimited oleh Indosat Im3 adalah mengakses aplikasi saja. Yang jadi pertanyaan adalah “Kenapa kalau unlimited, kok ada Batasan kuota 2GB untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang dijanjikan unlimited?” Jawabannya adalah karena ada FUP (Fair Usage Policy). Baca: [Pengertian FUP]

Jadi dengan adanya FUP, maka setelah mencapai penggunaan 2GB untuk mengakses beberapa aplikasi tersebut, maka akan diberlakukan penurunan kecepatan yaitu 64Kbps. Bisa sahabat bayangkan kecepatan 64Kbps dipakai untuk mengakses beberapa aplikasi tersebut. Jawabannya adalah tersendat-sendat karena sangat lambat sekali.

Paket Freedom Indosat Im3 Ooredoo

Peket ini hanya menawarkan kuota utama saja tanpa dibalut oleh embel-embel umlimited. Meski demikian, sama dengan pakaet unlimited Indosat Im3 Ooredoo yang melindungi pemakaian pulsa dengan Pulsa safe. Agar nantinya bisa dibandingkan dan dicari perbedaan dari paket unlimited dan paket freedom Indosat Im3, maka yang akan saya jadikan contoh untuk dipelajari adalah paket freedom Indosat Kuota 2GB dengan masa aktif 15 Hari.
Kuota utama 2GB bisa sahabat gunakan untuk mengakses apa saja. Setelah kuota 2GB tersebut habis, maka sahabat tetap bisa menggunakan internet dengan adanya layanan fitur pulsa safe indosat. Dengan pulsa safe, sahabat bisa mengakses internet dengan kecepatan 64Kbps dan ada Batasan kuotanya juga. Baca: [Kelebihan dan Kekurangan Pulsa Safe Indosat]

Kesimpulan

Dari penjelasan dan contoh paket unlimited dan freedom Indosat Im3 Ooredoo, maka bisa dilihat bahwa perbedaannya adalah bahwa pada paket unlimited terdapat FUP yang membuat kecepatan internet untuk mengakses beberapa aplikasi menjadi sangat lambat. Sedangkan pada paket unlimited, kuota yang didapatkan bisa digunakan sampai habis dengan kecepatan yang normal.

Kalau dilihat paket unlimited dengan harga 15 Ribu mendapatkan kuota internet utama 1GB & kuota aplikasi 2GB, dan paket freedom dengan harga 15 Ribu mendapakan kuota internet utama 2GB, maka bila ditanya “Bagus mana?”, maka jawabannya adalah tergantung dari kebutuhan yang sahabat perlukan.

Apabila sahabat membutuhkan kuota yang bisa dipakai untuk apa saja yang jumlahnya cukup besar, maka saya sarankan untuk menggunakan paket freedom 2GB. Sebaliknya, apabila sahabat membutuhkan kuota untuk mengakses banyak aplikasi, sedangkan untuk akses internet lainnya tidak terlalu banyak diperlukan, maka saya sarankan membeli paket unlimited (karena kuota aplikasinya 2GB dan kuota Internet utama hanya 1GB).

Kalau sahabat masih berpikir bahwa kecepatan internet setelah FUP dan menggunakan pulsa safe indosat im3 bisa diandalkan, maka lupakan saja mulai sekarang. Menurut saya kecepatan 64Kbps tidak bisa diandalkan untuk mengakses internet atau aplikasi yang terpasang di smartphone yang sahabat gunakan. Jadi sahabat lihat kuota yang didapatkannya saja, jangan tergiur dengan unlimited dan pulsa safe. Semoga membantu dan bermanfaat.

Beda Paket Unlimited dan Freedom Indosat Im3 Ooredoo
  1. Terima kasih informasinya sangat membantu.. Tapi saya ingin bertanya, jika penggunaan data internet telah mencapai puf tetapi kuota utama masih tersisa banyak apakah kecepatan internet ttp turun 64Kbps atau normal (krn kuota utama)??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semisal kuota utama belum habis, berarti FUP belum berlaku Kak 😊

      FUP pada paket internet unlimited itu berlaku ketika kuota utamanya sudah habis Kak 😊

      Hapus
    2. Oh begitu,
      Terimakasih banyak sangat membantu😊

      Hapus
    3. Tapi ko punya saya udh Fup, pdhl kuota utama sisa 5gb tpi krna kuota unlimited sudah terpakai 25gb jdi sangat lambatt, dan akhirnya 5gb kuota utama tak bsa d pakai sama sekaliii, sangatt anehhh

      Hapus
    4. Yang 25GB itu kuota apa Kak? Kuota utama atau aplikasi?

      Hapus
  2. Misalkan tadinya pake paket unlimited trs ganti jadi freedom tapi paket unlimited nya masih ada , bisa hangus enggak paket yg sebelumnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau dilihat dari urutannya, semisal kecepatan yang didapatkan dari paket unlimited sudah terkena FUP, yang mengakibatkan kecepatannya diturunkan, maka apabila punya kuota utama (reguler), maka yg terpakai adalah kuota utama yg memiliki kecepatan normal Kak 😊

      Saran saya, di UNREG saja dulu paket unlimitednya Kak. Setelah itu, baru beli yg freedom.

      Hapus
    2. mbak sya pkai kartu fredom atau unilimited ya soalnya sya lbih bnyak nonton you tube di banding chating

      Hapus
  3. mbak sya lbih bnyak nonton you tube d banding chatting sya pkai fredom atau unilimited ya tlng d jwab mbak

    BalasHapus
  4. mbak sya lbih bnyak nonton you tube d banding chatting sya pkai fredom atau unilimited ya tlng d jwab mbak

    BalasHapus
  5. mbak sya lbih bnyak nonton you tube d banding chatting sya pkai fredom atau unilimited ya tlng d jwab mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kebutuhannya hanya untuk YouTube, bisa pakai yang unlimited Youtube Kak. Tapi kalau keperluannya untuk banyak hal, ya pakai Freedom saja 😁

      Hapus
  6. tpi sya pingin yg gratis chating tanpa kota internet

    BalasHapus
  7. tpi sya pingin yg gratis chating tanpa kota internet

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kebutuhannya paling banyak chat dan YouTube, ya pakai saja yang Unlimited YouTube dan Chat Kak 😁

      Hapus
  8. mbak kota sya ada kota lokal .kota .utama dan kota mlm itu namanya mtri ap yg sya pkai mbak jwab ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf saya kurang menangkap pertanyaannya Kak. Tapi akan saya jelaskan bahwa kuota lokal itu hanya bisa digunakan di daerah tempat ketika mengaktifkannya Kak. Kalau kuota malam, biasanya kurang lebih hanya bisa digunakan dari Jam 00.00 - 06.00 (Pagi), dan kuota utama itu bisa digunakan sesukanya Kak.

      Hapus
  9. Mbk.. Klo kuota unlimited habis, trus kuota utama masih ada. Kenapa kok tidak bisa dipakai untuk apk seperti youtube, ig dll yaa
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang namanya kuota unlimited itu tak terbatas dan tidak akan habis Kak. Kalau kuota utama habis, kemudian tinggal kuota unlimited (pulsa safe) dengan kecepatan maksimal 64kbps, ya kalau dipakai buat nonton Youtube, buka IG, dan lain-lain pasti ga kuat kecepatannya Kak ;) Selama indosat memberikan kuota unlimited dengan kecepatan 64kbps, maka saya tidak akan pernah merekomendasikan paket unlimited tersebut Kak.

      Hapus
    2. Tolong baca lagi mbaa, diaa nanya hal yg sama dengan sayaa, kuota utamaa masih ADA, bahkan 5GB, yg HABIS kuota unlimited nyaa, ko tdk bisa akses internet pdhl kuota utama msh adaa???

      Hapus
    3. Yang habis itu apakah kuota Aplikasi Kak? Coba jelaskan kronologinya biar saya bisa ikut analisis Kak 😊

      Awalnya Kak Ady beli paket yang apa, kemudian dapat kuota berapa saja?

      Hapus
  10. Kalau untuk main game, akses internet, buka IG, Twitter, enaknya pakai freedom apa unlimited kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Unlimitednya Indosat itu ada FUP dengan kecepatan yg sangat lambat Kak. Pasti serasa internetnya tidak berjalan (saking lambatnya). Saran saya adalah beli paket yg kuota utamanya banyak, jadi penggunaannya tidak ribet 😊

      Selama kecepatan paket indosat unlimitedsunlimited FUP hanya 64kbps, saya tidak merekomendasikan pembelian paket unlimited Kak.

      Hapus
  11. Pernah pakai paket unlimited nya, kurang bagus guys, ga recomended setelah kuota aplikasi(youtube, fb, dll) habis, lambatnya minta ampun, meskipun kuota utama masih banyak tp percuma karena itu kuota utama buat pemakaian internet diluar aplikasi yg td disebutkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas share nya Kak. Mungkin akan lebih baik apabila Indosat IM3 tidak menambahkan "Kuota unlimited dengan Pulsa Safe". Lebih enak apabila hanya ada 2 kuota saja, yaitu kuota utama & kuota aplikasi saja.

      Hapus
  12. Kak,saya selama ini pake paket unlimited,tp kok akhir2 ini paketan saya Lebih Cepat Habis pada pertengahan bulan,pdhl saya Gk pernh Main Game online ,trs Anehnya selalu ada Notifikasi Masuk yg Bunyinya Bahwa Saya Mesti Beli Pulsa Agar Paketan Saya Bisa Tetap Aktif,padahal dulu Awalnya Gk Gini ,Itu Knapa Ya Kak ???
    Trs Pertanyaan Kedua,Lebih Bagus Mana Antara Paket Unlimited atau Paket Freedom Combo ??
    Pertanyaan yg ketiga ,Jika Saya Beralih ke Freedom Combo,Apakah Nnt Paketan Atau Kuota Saya Akan Cepat Habis Sblm Tengah Bulan Atau Habisnya Pas Pada Akhir Bulan ??
    Mohon Balasannya,Tksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya usahakan untuk menjawab semua pertanyaan Kakak ya...

      1. Berkaitan kuota Kakak yang sekarang lebih cepat habis, kemungkinan besar memang pemakaian internet menjadi lebih banyak dibandingkan bulan-bulan sebelumnya Kak. Jadi, bukan hanya game online saja yang mempercepat kuota cepat habis, akan tetapi streaming video di Youtube, Instagram, FB, dan lainnya juga mempercepat kuota internet cepat habis Kak. Kalau ada SMS isi ulang, kemungkinan muncul otomatis ketika kuota utama yang Kakak miliki akan habis atau bahkan sudah habis. Saran saya, Kakak pantau penggunaan kuota internet di HP Kakak menggunakan aplikasi pencatat penggunaan kuota.

      2. Kalau menurut saya, antara paket combo dan unlimited sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Dalam paket combo terdapat bermacam-macam kuota termasuk kuota nelpon dan SMS, jadi kalau Kakak tidak memakai layanan SMS dan Nelpon, saya kira tidak perlu beli paket Combo Kak. Kalau paket unlimited indosat IM3 Ooredoo yang tidak saya sukai adalah adanya pulsa safe yang menurut saya tidak berguna karena kecepatannya sangat lambat. Kalau paket rekomendasi saya, pakai paket freedom internet saja Kak. Penggunaannya tidak ribet 😊

      3. Kalau masalah cepat habis atau tidaknya kuota internet, tentu saja tergantung dari pemakaian Kak. Jadi kalau Kakak sudah mengetahui rata-rata pemakaian internet perbulan, maka Kakak sudah bisa memutuskan untuk membeli paket yang kuotanya berapa GB.

      Semoga membantu Kak 😊

      Hapus