Tanya Jawab Seputar Kartu Halo Telkomsel

Karena banyaknya pertanyaan di kolom komentar yang diberikan oleh sahabat pembaca blog info dan tips pada halaman Cara Berhenti Berlangganan Kartu Halo, yang mengakibatkan komentar penuh dan tidak bisa menampilkan komentar baru, maka saya sengaja membuat tulisan ini untuk menampung pertanyaan seputar kartu Halo.

Sebagai informasi bahwa pada halaman yang saya sebutkan di atas sudah terdapat 201 komentar, dimana komentar yang ke 202 dan selanjutnya tidak bisa ditampilkan lagi. Oleh karena itu bagi sahabat yang ingin bertanya mengenai cara menutup kartu halo, dan hal-hal lainnya mengenai kartu pasca bayar yang dikeluarkan oleh telkomsel tersebut, maka bisa komentar di halaman ini.

Sebenarnya ada beberapa tulisan tentang kartu halo yang saya tulis di blog ini, akan tetapi tulisan yang paling banyak komentarnya hingga tidak nampung untuk menampilkan komentar adalah tulisan saya tentang cara berhenti berlangganan kartu Halo. Kalau sahabat berkomentar di halaman lain akan saya usahakan secepatnya untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Sebagai informasi, yang sering ditanyakan seputar kartu halo telkomsel oleh sahabat pembaca adalah sebagai berikut:

Bagaimana cara berhenti berlangganan kartu Halo?

Untuk berhenti berlangganan kartu Halo sebenarnya sangat mudah. Sahabat tinggal datang ke GraPARI dengan membawa KTP dan uang untuk membayar tagihan terakhir sebelum kartu ditutup. Setelah sampai di GraPARI, silakan sahabat mengutarakan maksud dan tujuan kepada customer service (CS) telkomsel bahwa sahabat ingin menutup kartu Halo.

Selanjutnya sahabat akan disuruh untuk menunjukkan kartu identitas (KTP) yang sesuai dengan data registrasi pada saat membuat kartu Halo. Kemudian CS tersebut akan cek tagihan terakhir yang harus sahabat bayarkan, selanjutnya sahabat disuruh untuk membayar tagihan terakhir dalam jumlah tertentu.

Setelah itu, sahabat disuruh mengisi formulir yang salah satu isinya adalah alasan kenapa sahabat menutup kartu halo yang sahabat gunakan. Kemudian setelah sahabat mengumpulkan formulir dan membayar tagihan, CS juga meminta SIM Card kartu halo yang akan sahabat nonaktifkan. Silakan sahabat berikan SIM Card tersebut, dan selesai. Nomor kartu Halo tersebut sudah tidak aktif lagi.

Bagaimana cara membatalkan proses migrasi kartu Halo?

Untuk membatalkan proses migrasi kartu halo juga sangat mudah. Berbeda dengan cara menutup atau berhenti berlangganan kartu halo yang harus datang ke GraPARI, maka untuk membatalkan proses migrasi kartu Halo, sahabat tinggal menghubungi CS telkomsel, yaitu bisa via telpon, e-mail, dan lewat sosmed.

Syarat untuk bisa membatalkan proses migrasi dari kartu pra bayar (As, Simpati, atau Loop) ke kartu pasca bayar (Halo) adalah nomor sahabat belum berubah menjadi kartu Halo. Selain itu, waktu untuk bisa mengajukan pembatalan migrasi adalah setelah 3 x 24jam dari persetujuan awal ketika ditelpon oleh sales telkomsel.

Untuk hari sabtu, minggu, dan hari libur tidak dihitung. Jadi semisal sahabat menyetujui untuk migrasi kartu Halo adalah hari Kamis, maka paling cepat sahabat untuk bisa mengajukan pembatalan migrasi kartu halo adalah hari selasa (karena hari sabtu dan minggu tidak dihitung). Sekali lagi, perlu sahabat ketahui bahwa kartu harus dalam keadaan belum berubah menjadi kartu Halo.

Setidaknya pertanyaan yang saya sampaikan di atas adalah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh sahabat pembaca blog info dan tips di kolom komentar. Bila ada pertanyaan lainnya seputar kartu Halo Telkomsel, silakan sahabat menulisnya di kolom komentar. Semoga membantu dan bermanfaat.

Tanya Jawab Seputar Kartu Halo Telkomsel
  1. Aku mau nanya kartu halo ku kebuka tanggal 29 sep 2019, katanya dipake dulu sampe 3 bln nunggu paketannya habis baru bisa diberhentiin, aku pengen diberhentikan aja mba kartu halonya. Klo pas tiga bulan dibrentikan ke GraPARI bisa mba ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa Kak. Nanti nutupnya 2 - 5 hari sebelum dapat kuota baru ya Kak (biar nanti kuotanya tidak sia-sia) ketika menutup kartu Halo. Kalau disuruh memakai 3 bulan sampai paketannya habis, berarti dulu kontrak perjanjiannya kemungkinan 3 bulan Kak. Sebenarnya bisa menutupnya sebelum 3 bulan, hanya saja kena penalty (sayang kuotanya tidak terpakai) 😊

      Hapus
    2. Ndak mba aku deposit 300rb untuk pemakaian 3 bln. Brarti bisa yah mba sebelum 3 bln dinonaktifkan ?? Alasannya aku Ndak cocok mba terus lagi banyak kebutuhan lain

      Hapus
    3. Bisa dinonaktifkan Kak. Datang saja ke GraPARI untuk menutup kartu Halo dengan membawa KTP & Nomor kartu Halo yang akan dinonaktifkan. Oh iya, jangan lupa bawa uang cadangan seandainya nanti besarnya biaya penalty lebih besar Kak 😊

      Hapus
    4. Brarti walopun udah deposit 300rb ada tetap ada penalty mba ??

      Hapus
    5. Teegantung dari paket yang Kakak gunakan. Semisal paket yang digunakan adalah 100rb/bulan, maka tagihan minimal perbulan adalah 100rb+10rb (PPN 10%) = 110rb. Berarti kalau 3 bulan tagihannya adalah minimal 3 x 110rb = 330rb Kak. Kalau deposit 300rb, berarti tetap kurang kan Kak? Kecuali kalau paketannya yang 50rb/bulan, maka bisa sisa depositnya Kak 😊

      Hapus
    6. Oh iya mba brarti klo ngaktifinnya tanggal 29 september berakhirnya bulan Desember kan mba ??

      Hapus
    7. Iya Kak... kalau kontraknya 3 bulan, maka sekitar bulan Desember kontraknya sudah habis. Saran saya, dipakai saja sampai kontraknya habis Kak 😊

      Hapus
    8. Iya mba disini tertera periode penggunaan tanggal 11-10 terus pembayaran dari tnggal 18-30, brarti ke grapari sebelum tanggal 11 ya mba ??

      Hapus
    9. Nyesel aku mba, dia nawarin kartu halo tapi Ndak dikasih tau sama sekali klo itu kartu pascabayar. Namanya ini pemaksaan

      Hapus
    10. Iya Kak...
      3 - 5 Hari sebelum tanggal 11 saja nutup kartu Halonya. Buat pengalaman saja Kak, besuk lagi kalau ada penawaran lewat telepon jangan langsung diiyakan ya 😊

      Hapus
    11. Iya mba , terus klo udah ke GraPARI ditanyain apa aja mba klo mau nonaktifkan kartu halo??

      Hapus
    12. Kalau saya dulu ketika ke GraPARI hanya ditanya keperluannya apa? Setelah saya sampaikan bahwa saya ingin menutup kartu Halo, selanjutnya CS Telkomsel bertanya pada saya nomor Halo yang akan ditutup, CS tersebut kemudian cek semua tagihan kartu Halo yg akan dinonaktifkan. Selanjutnya CS akan menginformasikan biaya (tagihan) yang harus dibayarkan. Setelah saya menyanggupi untuk membayar, selanjutnya saya disuruh untuk mengisi formulir (sebagai administrasi), menyerahkan nomor kartu Halo yang akan dinonaktifkan, dan membayar tagihan yang sudah disebutkan. Selesai Kak 😊

      Hapus
    13. Iya mba, ditanyain alasannya Ndak mba ??

      Hapus
    14. Dulu ada pertanyaan di formulir yang kita isi Kak. Isi aja apa adanya tidak apa-apa Kak 😂

      Kalau saya dulu alasannya kontraknya sudah habis & paketnya berubah menjadi mahal 😁

      Tidak perlu takut kalau ingin menutup kartu Halo Kak. Yang penting kita bayar sesuai ketentuan kan ga masalah 😊

      Hapus
    15. Oke mba mkasih atas infonya??

      Hapus
    16. Mba mau nanya lagi klo mau lihat kontrak kartu halo lewat my Telkomsel letakknya dimana??

      Hapus
    17. Terus ini ko tautau ada SMS dari kartu halo ku katanya gini "terima kasih anda telah membeli halo kick anda akan mendapatkan 130 poin" itu Ndak pp kah mba ??

      Hapus
    18. [1] Untuk melihat kontrak kartu Halo di aplikasi MyTelkomsel, biasanya ada angka 3 atau 6 atau 12 di belakang salah satu kuota yang Kakak miliki. Biasanya angka tersebut menunjukkan lama kontrak dalam hitungan bulan Kak.

      [2] Tidak masalah ada SMS tersebut. Itu artinya bahwa Kakak mendapatkan Poin Telkomsel. Kan setiap bulan akan ada pembayaran tagihan & penambahan kuota baru, jadi ya wajar kalau dapat Poin Kak. Kalau di kartu Prabayar, poin didapatkan ketika melakukan isi ulang.

      Hapus
    19. Ouh gitu kak, tapi kok Ndak ada ya mba kontrakku nunjukin bahwa aku kontrak 3 bln??

      Hapus
    20. Kalau tidak tertera di MyTelkomsel,aka untuk mengetahui lama kontraknya bisa menghubungi CS Telkomsel via 188 atau e-mail Kak 😊

      Hapus
    21. Mba mau nanya lagi klo limit rooming itu buat dipake ke luar negri kan mba ??

      Hapus
    22. Iya Kak 😊
      Kadang di wilayah Indonesia juga bisa kena roaming Kak. Biasanya di daerah peebatasan negara 😀

      Hapus
  2. apa nomer bakal berubah setelah kartu halo di nonaktifkan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nomor akan hangus dan tidak bisa dipakai lagi Kak 😊

      Hapus
  3. Permisi kak, smlm (05/11/19) sy ditawarin kartu halo via telfon, mmng sy setujuin penawarannya, tapi saya bilang jgn langsung diaktifin paketnya, karena paket sy sebelumnya masi ada sisanya yg bisa digunakan dan sy minta spaya diaktifkan waktu paket sy tsb habis total kak, dan sy bilang skitar 3 harian lagi baru habis. Kira" kalo sy telfonnya besok bisa ngga itu dibatalin ya kak ??
    Apa harus nunggu 3 hari spt yg kkak tulis dikomen sblumnya ya ?! Trimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus 3 × 24 Jam dari persetujuan migrasi kartu Halo Kak (Sabtu, Minggu, dan hari libur tidak dihitung). Prosedurnya meman begitu Kak, jadi kalau menghubungi CS telkomsel via 188, email, dan lain sebagainya kurang dari 3x24 Jam, pasti jawabannya sama, yaitu disuruh nunggu 3 x 24 Jam. Jadi hubungi CS Telkomsel tgl 8 Malam untuk membatalkan migrasi Kak (itupun syaratnya nomor belum berubah menjadi kartu Halo Kak).

      Hapus
  4. Mba evi, batas pemakaian saya kan 120 rb... jika sdh mencapai limit pemakaian maka saya gk bisa membeli paket2 lain, nah satu2nya cara harus naikin limit gitu?? Terus klw di naikin berarti tagihan perbulan bakalan naik juga?
    Jika limit kita sudah terbatas, mmg gk bisa kembali nol rupiah lagi ya? Awalnya saya pikir limit pemakain ini berlaku setiap bulan, dan ketika memasuki bulan ke-2 bakalan kembali nol.. tapi ternyata setelah 3 bulan pemakaian kartu halo, batas limit tdk juga kembali ke nol, dan akibatnya saya gk bisa beli paket apapun,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. [1] Kalau kebutuhan telekomunikasi Kak Silva cukup tinggi, dan semisal Kakak memiliki perencanaan alokasi dana bulanan untuk pulsa maksimal adalah Rp 200rb, maka bisa menaikkan Limit pemakaian Hingga 200Rb.

      [2] Bila Limit kartu Halo dinaikkan, maka tidak akan mempengaruhi paket yang Kak Silva miliki. Limit itu berfungsi agar pemakaian pulsa lebih terkontrol, sehingga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan yaitu tagihan membengkak Kak.

      [3] Semisal Limit dinaikkan menjadi 300 Ribu, maka tagihan bulanan maksimal ya 300 Ribu + PPN saja Kak. Jadi tagihan kartu Halo itu tergantung dari pemakaian (bukan karena limit kartu Halo).

      [4] Setiap bulan setelah penambahan kuota dan pembayaran tagihan, maka Limit kartu Halo akan direset seperti semula Kak.

      [5] Kalau Limit tidak kembali seperti awal setelah rutin melakukan pembayaran kartu Halo, maka silakan menghubungi CS kartu Halo Kak.

      [6] Untuk menaikkan Limit bulanan kartu Halo, silakan Kak Silva menghubungi CS telkomsel di 188 (gratis) bagi pengguna Kartu Halo.

      Hapus
  5. ka...kalau dinonaktifkannya dengan cara di unrag bisa ga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya kartu Halo yang digunakan ingin dinonaktifkan dengan perintah SMS UNREG kak? Sepengetahuan saya hingga saat ini belum bisa Kak 😊

      Hapus
  6. Selamat malam kak, hari ini kartu saya migrasi ke kartu hallo. Berhubung saya liat pilihan paketan dan extra kuota nya agak mahal dr sebelum migrasi dan saya baca baca mengenai ini membuat saya gak nyaman, saya memutuskan untuk menonaktifkan saja. Dari yang sudah saya baca. Saya mau tanya:
    1.di aplikasi atau kiriman e-mail yang menandakan kontrak 3, 6 atau 12 bulan itu kaya gimana pemberitahuan nya? Saya cek di e-mail hanya ada "paket kartu hallo yang anda pilih : halo Kick 100 ribu" aja gak ada masanya? Apakah itu masa kontrak promosi?
    2.Semisal saya ke GraPARI untuk menonaktifkan kartu pasca bayar saya ternyata ada kontrak promosi 3, 6 atau 12 bulan dan harus membayar pinalty. Apakah boleh membatalkan penonaktifan dan menunggu sampai masa kontrak promosi selesai.

    Mohon pencerahannya kakak
    Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1] Ketika cek kuota di aplikasi MyTelkomsel kan dapat paket Promo yang kuotanya cukup besar, biasanya kuota besar tersebut punya masa berlaku. Biasanya pada kuota tersebut dibelakangnya ada angka yang menandakan Kontrak. Kalau tidak ada, bisa ditanyakan ke CS telkomsel bahwa kartunya masih dalam masa kontrak atau tidak Kak.

      [2] Boleh saja Kak. Biasanya CS telkomsel akan menyarankan agar Kakak menghabiskan masa promonya dulu sebelum menutup (menonaktifkannya).

      Hapus
  7. Kak saya mau tanya kalau batas anda yang ada diaplikasi mytelkomsel itu biaya penbayarannya? Disitu saya lihat 100ribu,lalu bagaimana cara melihat melihat kontraknya diaplikadi mytelkomsel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Batas anda di aplikasi MyTelkomsel adalah Limit pemakaian Kak. Sedangkan apabila Kakak mencari kontraknya, seperti yang saya jelaskan di komemtar-komentar di atas, biasanya dia berada di belakang kuota promo yang diberikan (dalam bentuk angka). Seandainya tidak menemukan, Kakak bisa bertanya ke CS telkomsel melalui 188 atau cs@telkomsel.co.id ☺

      Hapus
    2. Terima kasih kak atas infonya

      Hapus
  8. Kak saya mau tanya kenapa pada saat registrasi dari cs disetujui tgl 16 (aktif) paket kartu halo di gunakan tapi masa batas kartunya tertera tgl 10 bulan berikutnya dan pada tgl 11 saya coba bayarkan tagihan lewat kantor pos tapi tidak keluar tagihannya setelah pada tgl 15 saya coba lihat di aplikasi ada tagihan lebih sekitar 14 rb dan di tambah Rp 1050 utk buka aplikasi tagihan yg saya lihat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa pergantian paket & pembayaran memang tidak selalu bersamaan Kak. Yang penting pantau jumlah tagihan di aplikasi MyTelkomsel saja Kak. Kalau ingin memastikan sudah jatuh tempo pembayarannya atau belum, bisa cek lewat banyak aplikasi yg tersedia Kak. Pakai aplikasi seperti DANA, OVO, LinkAja juga bisa dipakai buat cek tagihan bayar tagihan kartu Halo Kak.

      Hapus
  9. Mbak. Tadinya saya pemake Kartu Halo Prabayar (migrasi) saya datang ke grafari untuk menonaktifkan kartu tersebut. kemudian sama CSnya langsung di nonaktifkan. Esok harinya saya baru nyadar, kalo saya butuh sekali nomor itu. saya mau aktifkan kembali masih bisa nggak Mbak? maksih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau permasalahannya seperti itu, saya belum tahu Kak. Saran saya, Kakak langsung hubungi CS telkomsel lagi saja melalui 188 atau e-mail di cs@telkomsel.co.id

      Kalau dugaan saya, mungkin bisa Kak 😊

      Hapus
  10. Maaf ka mu tanya ni,, misalkan kartu sya kn sebelumnya simpati mu migrasi lgi dari krtu hallo ke simpati bsa gk y ka,, trs semisal bsa apkah nomerny tetap sama,,,trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak bisa kalau migrasi dari kartu Halo (Pasca bayar) ke Simpati (Prabayar) Kak 😊

      Hapus
  11. Kak mau nanya lagi di aplikasi my Telkomsel kan ada tulisan tertera tulisan "pemakaian belum termasuk PPN dan rooming" itu maksudnya yang rooming itu apa kak ?? Klo dipake diluar negri ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kak. Semisal dipakai di luar negeri atau ketika sedang berada dinperbatasan negara biasanya sering kena Roaming Kak 😊

      Jadi tenang saja kalau hanya dipakai di dalam negeri saja Kak 😊

      Hapus
    2. Oh gitu ya mba takutnya nanti kena bayar

      Hapus
  12. Saya mau beli paket internet mingguan. Saya pilih nomer 4. 2 gb untuk 7 hari harganya 29rb setelah saya beli kenpa harganya jadi 40 rb.
    Lalu saya coba pilih lagi yg nomer 5. 1gb untuk 7 hari.harganya 23rb. Setelah saya pilih kenapa harganya bisa berubah lagi jadi 29 rb.
    Saya pikir pikir label harga kartu simpati mirip label di indomaret..harga yg di rak berbeda dgn yg di kasir..kenapa bisa begitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau menurut saya, harga 29rb mungkin ada embel-embelnya Kak. Sebagai contoh: Harga Mulai Rp 29rb. Mungkin juga bisa ada syarat dan ketentuan yang berlaku bahwa harga / tarif paket bisa berubah tanpa pemberitahuan Kak.

      Ingin yang murah dan hargany jelas? Coba pakai by U kartu barunya Telkomsel Kak 😊

      Hapus