Pengertian dan Fungsi PPOB

PPOB adalah singkatan dari Payment Point Online Bank. Artinya adalah pembayaran online melalui Bank. Lebih sederhananya adalah bahwa dengan PPOB maka sahabat bisa membuka jasa pembayaran tagihan seperti PLN, BPJS, Telkom dan tagihan lainnya dimana saja seperti di rumah atau di tempat usaha yang sahabat miliki.
Sesuai dengan fungsi dari PPOB yaitu sebagai loket pembayaran bermacam tagihan rutin bulanan yang dilakukan oleh masyarakat, maka bisnis ini sangat cocok untuk sahabat lakukan. Saya yakin banyak dari pemilik konter HP sudah memanfaatkan layanan PPOB yang biasanya sudah tersedia satu paket dengan penjualan pulsa.

Bagi sahabat yang memiliki kios kecil-kecilan yang menjual bahan pokok dan kebutuhan sehari-hari, maka sahabat bisa memanfaatkan jasa penjualan pulsa & PPOB yang cara kerjanya cukup simpel. Hanya dengan menggunakan aplikasi android, atau pesan singkat melalui Whatsapp, Telegram, dan SMS, maka sahabat sudah bisa menyediakan layanan isi pulsa dan PPOB.

Bila menggunakan aplikasi PPOB di HP android, maka sahabat tinggal memanfaatkan menu yang tersedia di aplikasi tersebut. Sedangkan apabila sahabat menggunakan aplikasi pesan singkat seperti whatsapp atau telegram, serta SMS, maka ada perintah-perintah khusus yang disediakan untuk melakukan pembayaran tagihan PPOB.

Beberapa contoh aplikasi yang terdapat PPOB nya adalah seperti LinkAja, OVO, FastPay, Kudo, dan lain sebagainya. Saya sendiri memakai distributor pembayaran pulsa dan PPOB Uversa sejak kurang lebih 8 tahun yang lalu. Saya memakai distributor tersebut karena tempatnya dekat dengan rumah saya, sehingga saya sudah memakainya sebelum nama-nama tenar penyedia jasa PPOB bermunculan.

Saya merekomendasikan kepada sahabat bila ingin membuka usaha jualan pulsa dan melayani pembayaran PPOB, silakan sahabat mencari distributor yang terpercaya, dekat dengan rumah sahabat, usahakan sahabat mengenal pemiliknya, dan juga customer service (CS) nya siap 24 Jam. Selain itu, CS nya juga bisa dihubungi via telpon, sms, dan pesan singkat lainnya seperti WA dan Telegram.
Dengan begitu maka semisal ada kendala teknis seperti pulsa yang dikirimkan atau pembayaran tagihan gagal, maka bisa langsung ditangani oleh CS sehingga permasalahan bisa langsung diatasi. Berdasarkan pengalaman yang saya alami selama ini, peran CS sangat penting sekali kaitannya dengan penjualan pulsa dan juga PPOB. Semoga membantu dan bermanfaat.

Pengertian dan Fungsi PPOB