Beranda
Android
Sekitar Kita
Teknologi
Aplikasi Android Remote TV Tanpa Infrared (IR)
Apakah HP Android yang tidak memiliki infrared (IR) bisa dijadikan sebagai Remote TV? Jawabannya bisa iya dan juga bisa tidak. Hal tersebut tergantung dari jenis atau model TV yang akan di remote dan juga sistem operasi di HP android yang sahabat gunakan. Kedua hal tersebut harus sahabat pahami agar bisa mengetahui HP mana yang bisa digunakan sebagai remote televisi.

Dalam tulisan saya kali ini, saya akan membahas tentang aplikasi android remot tv tanpa infrared, akan tetapi sebelumnya saya akan memberikan gambaran kepada sahabat pembaca agar bisa memahami penyebab sebuah smartphone Android bisa dan juga tidak bisa digunakan menjadi sebuah remote televisi.

Pada dasarnya prinsip kerja dari sebuah televisi yang ada remote nya adalah adanya pemancar sinyal (Transmiter) dan juga penerima sinyal (Receiver). Remote sebagai pemancar, sedangkan televisi sebagai receivernya. Pada umumnya, sekarang ada 2 model televisi yang beredar di pasaran, yaitu model TV biasa yang support (kompatibel) dengan remote infrared (IR) dan juga model smart TV yang support dengan remote infrared, Wifi dan Internet.

Televisi model biasa yang hanya support dengan remote infrared, hanya bisa dikendalikan dengan remote yang menggunakan infrared sebagai pemancarnya. Sedangkan Televisi model Smart TV juga hanya support dengan remote infrared, Wifi, dan internet sebagai medianya. Dengan penjelasan ini, saya yakin sahabat sudah bisa memiliki gambaran tentang televisi biasa dan smart TV ya?

Kalau sudah paham, berarti sahabat pastinya sudah tahu bahwa HP android yang tidak memiliki sensor infrared tidak akan bisa digunakan sebagai remote televisi model biasa meskipun terpasang aplikasi remote TV. Meski demikian, HP android tanpa infrared berpeluang masih bisa dijadikan remote televisi model Smart TV dengan memanfaatkan Wifi dan juga jaringan internet.

Berikut adalah aplikasi remote TV tanpa sensor infrared:
  • Smart TV Remote – Aplikasi ini bisa digunakan dengan dukungan infrared dan juga Wifi. Dengan jaringan Wifi, remote ini bisa sahabat gunakan untuk mengendalikan Smart TV samsung keluaran tahun 2011, 2012, 2013, 2016, 2017, dan 2018. Untuk seri tahun di atasnya, saat ini belum ada informasi dari pengembang aplikasi tersebut. Meski demikian, tidak ada salahnya bila sahabat mencobanya. Aplikasi ini hanya bisa berjalan pada smartphone android dengan sistem operasi 4.1 (Ice cream sandwich) dan di atasnya.
  • LG TV Plus – Aplikasi ini dikeluarkan oleh LG Electronics khusus untuk smart TV LG. Aplikasi ini hanya support untuk televisi LG dengan WebOS TV yang dikeluarkan LG pada tahun 2014 ke atas. Untuk bisa menjalankan aplikasi ini dengan baik, maka minimal HP yang sahabat gunakan memiliki sistem operasi minimal Android 6.0 (Marshmallow) atau di atasnya.
  • Samsung Smart View – Aplikasi yang dikeluarkan oleh Samsung Electronics ini bisa digunakan sebagai remote smart TV khusus samsung. Bila sahabat ingin memasang aplikasi ini di smartphone yang sahabat miliki, maka HP sahabat harus memiliki OS minimal Android 6.0 (Marshmallow).
Dari penjelasan di atas, pastinya sahabat sudah bisa mengerti bahwa aplikasi android remote TV tanpa infrared hanya bisa digunakan pada televisi yang support dengan Wifi dan jaringan internet yaitu smart TV. Jadi bila sahabat mencari aplikasi android remote TV tanpa infrared untuk televisi biasa yang hanya support infrared, maka saya pastikan tidak ada. Semoga membantu dan bermanfaat.

Penulis blog

8 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    11 Februari, 2022
    Kalo untuk tv LG apa aplikasinya kk
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      11 Februari, 2022
      TV LG Kakak, TV Smart bukan ya?
  2. Unknown
    Unknown
    19 Desember, 2021
    Kalo tv polydron 32 inchi apa aplikasinya Kk ?
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      20 Desember, 2021
      Maksudnya bukan smart TV ya Kak? Ada Kak, coba cek di Play Store dengan kata kunci "Remote TV Polytron". Tapi HP harus ada infrared ya Kak 😊
  3. Unknown
    Unknown
    20 November, 2019
    Untuk tv samsung slim tabung aplikasi apa ea. Makasih
    1. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      20 November, 2019
      Kalau untuk TV tabung ya harus & wajib ada Infrared nya Kak.
    2. Unknown
      Unknown
      01 September, 2020
      Remote TV infraret harga berapa ?
    3. Evy Nurvitasari
      Evy Nurvitasari
      01 September, 2020
      Kalau hanya remote TV biasanya dijual harga rata-rata Rp 25rb - 40rb Kak. Akan tetapi kalau Kakak ingin HP yg ada infrared nya, maka ada beberapa HP harga 1 jutaan sudah ada sensor infrared nya 😊